Bagaimana Memilih Ide Bisnis Rumahan Yang Menjadikan Anda Cepat Kaya?

Bisnis Rumahan | Salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis adalah faktor ketepatan dalam memilih bisnis yang dalam hal ini bisnis rumahan. Salah dalam menentukan pilihan jenis bisnis rumahan akan berdampak kepada kegagalan bisnis atau lebih parah lagi kebangkrutan. Lalu bagaimanakah cara menentukan bisnis rumahan yang tepat dan potensial untuk kita?

Memilih Bisnis Rumahan

Membahas lebih dalam tentang jenis - jenis usaha rumahan, Ada berbagai point yang harus kita perhatikan dalam menentukan pilihan bisnis. Jika anda dapat menerapkan poin - poin penting di bawah ini. Kemungkinan besar anda akan mendapatkan kesuksesan. Namun ketika anda tidak dapat menerapkan poin - poin nya maka sebenarnya anda masih bisa berhasil namun membutuhkan perjuangan lebih keras dan menguras modal yang lebih banyak bahkan mungkin anda akan dihadapkan berbagai kendala sehingga anda harus siap lebih kuat dalam menghadapi segala kendala.

Secara singkat anda bisa memilih bisnis dengan memperhatikan kriteria di bawah ini :
1. Pilih bisnis rumahan yang sesuai hobby anda.
Bisnis rumahan diharapkan menjadi jalan rejeki dalam waktu yang lama. Tidak hanya bertahan satu dua minggu namun hingga bertahun - tahun. Agar anda tidak mengalami kejenuhan, maka usahakan pilihlah ide bisnis rumahan yang sesuai dengan hoby atau kesukaan anda.

Jika anda menyukai dunia fashion, bisa jadi anda menjalankan bisnis fashion dengan menjadi desainer, penjahit atau bisnis - bisnis yang terkait dengan fashion. Jika anda menyukai otomotif, kenapa anda tidak mencoba menjalankan bisnis perbengkelan? atau anda suka mengajar? anda bisa membuka jasa bimbingan belajar.

Bisnis rumahan yang sesuai dengan hobi akan membuat kita lebih kuat karena sejatinya anda memang memiliki kecintaan pada bisnis anda. Bisnis rumahan yang didasarkan pada kesukaan anda sendiri membuat anda tidak mempermasalahkan keuntungan yang mungkin pada awalnya sangat sedikit. Bahkan anda akan sabar menerima dan mencoba bangkit ketika usaha anda gagal atau bangkrut.

Untuk itu, cobalah anda kenali diri anda sendiri, apa yang anda sukai. Hobi apa yang anda senangi kemudian tekuni maka akan besar kemungkinannya anda akan meraih kesuksesan.

2. Pilihlah bisnis rumahan yang sesuai dengan kemampuan anda
Jika pada poin pertama kita membahas pada hal yang kita suka, pada poin kedua lebih menitikberatkan pada kemampuan kita. Jika anda memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris, maka anda bisa menjalankan profesi usaha sampingan sebagai penerjemah, guru bahasa inggris atau mungkin menulis artikel bahasa inggris di blog atau website.

Dalam berbisnis, jika anda memiliki satu kemampuan dan kemudian anda tekuni dan terus anda asah maka akan menjadi peluang bagus untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Anda boleh saja memaksakan diri anda menjalankan bisnis anda meskipun anda tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut, namun, ancamannya, anda akan menghadapi kendala yang sangat banyak dan anda harus menjadlani proses belajar dari awal. Jika anda siap dengan resiko tersebut maka bisa anda laksanakan bisnis tersebut. yang terpenting keyakinan dan ketabahan anda untuk menjadi sosok pribadi yang kuat dan tahan banting menghadapi segala macam rintangan.

Sangat di utamakan jika anda menggabungkan dua point di atas, memilih bisnis rumahan yang sekiranya anda sukai dan yang sesuai dengan keahlian anda. Anda akan lebih mudah mencapai kesuksesan dibanding anda menjalankan bisnis rumahan yang tidak anda suka dan anda tidak tahu apa - apa dalam bidang tersebut. 

Dalam beberapa literatur bisnis serta dalam seminar bisnis baik nasional maupun internasional. Dalam menentukan pilihan bisnis rumahan atau bisnis apapun terdapat satu acuan atau satu patokan yang acapkali di sebut dengan analisa SWOT. SWOT sendiri merupakan analisa bisnis yang digunakan untuk menentukan keputusan - keputusan penting dalam memutuskan langkah - langkah ataupun pilihan bisnis. SWOT merupakan analisa yang merupakan akronim dari S= Strengths ( Kekuatan ) W=Weakness ( Kelemahan ) O=Opportunity ( Peluang ) T=Threatness ( Ancaman ). Empat poin tersbut merupakan pilar penting dalam menentukan keputusan bisnis termasuk memilih bisnis rumahan.

Mari kita bahas satu - persatu :

  • Strength ( Kekuatan )
Setelah saya sebelumnya membahas tentang pilihan bisnis yang sesuai dengan hobi dan keahlian. Maka, pada analisa SWOT hal pertama yang harus anda kenali adalah kemampuan anda sendiri yang dalam hal ini juga termasuk kesukaan anda. Kenali kemampuan dan kekuatan anda. Jika saya contohkan, cobalah anda menulis atau coba anda pikirkan kekuatan anda :
Apa kekuatan saya ?
  • kemampuan bernegosiasi
  • Kemampuan hitung menghitung
  • kemampuan mengorganisir
  • kemampuan menjual
  • kemampuan untuk menyatakan suatu materi kepada oranglain dengan jelas 
  • Saya punya banyak relasi 
  • Saya punya modal yang cukup
  • dsb
Dari daftar kekuatan atau keahlian atau hal - hal yang mendukung pada bisnis anda. Coba anda pikirkan jenis bisnis apa yang sesuai. Ingat, jangan hanya karena iming - iming trend bisnis semata yang menjanjikan kenuntungan bisnis yang besar kita menjadi latah lantas meniru bisnis tersbut tanpa dipikir matang - matang. 

  • Weakness ( Kelemahan )
Coba anda cek, kelemahan anda terletak di bidang apa. Apakah anda kurang tegas? apakah anda kurang menguasai satu bidang yang bidang tersbut merupakan salah satu kekuatan bisnis semisal anda seorang yang pemalu sehingga tidak berni menjajakan dagangan? Apapun kelemahan anda coba anda kenali dan jadikan acuan sehingga anda tidak mengalami kendala di kemudian hari karena anda sudah mempersiapkan diri anda menghadapi kelemahan diri anda.

  • Opportunity ( Peluang )
Setelah anda menemukan satu jenis bisnis yang sesuai dengan kekuatan anda dan anda telah menghindari jenis bisnis yang disitu terdapat kelemahan anda. Maka saring atau pilih kembali dengan pertimbangan peluang anda. Maksudnya, apakah jenis bisnis anda berpeluang untuk di terima di masyarakat? Apakah bisnis anda sangat di butuhkan oleh masyarakat sehingga barang anda akan di cari oleh masyarakat? 

Selain pertimbangan di atas, meskipun meungkin bisnis anda akan diterima namun ketika anda menghadapi pesaing yang sangat banyak dan begitu berat maka ini bisa jadi sebagai bahan pertimbangan. Saran saya, carilah yang minim persaingan jika anda ingin lebh cepat dalam meraih kesuksesan. Sekali lagi, anda boleh saja melawan persaingan ketat tersebut, namun dengan catatan anda akan memerlukan suntikan pendanaan lebih besar dan perjuangan yang lebih keras. Namun, jika anda ingin yang lebih mudah dan cepat, alangkah baiknya mencari peluang usaha dengan kriteria penting :

1. Peluang bisnis anda di butuhkan oleh masyarakat
2. Peluang bisnis rumahan anda masih sangat langka sehingga masih kecil tingkat persaingannya.

Jika anda bisa mencari ide bisnis rumahan yang dibutuhkan oleh masyarakat namun persaingannya sangat kecil. Maka akan sangat cepat dan mudah dalam meraih kesukesan.Tentu, harus diimbangi dengan manajemen bisnis yang jelas dan ketekunan yang luar biasa. peluang sebesar apapun kalau anda tidak mengelolanya maka anda akan gagal.
  • Threatness (Ancaman)
Tiga point diatas ternyata sudah anda penuhi, maka tinggallah point terakhir yang harus anda perhatikan yaitu ancaman. Ancaman dalam hal ini termasuk ketatnya persaingan. Selain itu juga, bagaimana adat kebiasaan masyarakat tertentu juga memiliki andil penting dalam penentuan bisnis. jangan sampai karena anda memilih jenis bisnis yang tidak sesuai dengan adat kebiasaan masyarakat sehingga bisnis anda di gusur oleh masyarakat setempat.

Anda juga harus memikirkan berbagai resiko yang mungkin saja akan dihadapi sebagai antisipasi awal sehingga pada saatnya nanti anda jauh lebih siap dalam menghadapi resiko tersebut. 

Selain melihat pada keempat point di atas, anda harus ingat bahwa ada banyak hal yang mungkin saja terjadi di luar kehendak kita. Bencana alam, kondisi cuaca, atau hal - hal lain yang tidak bisa kita duga merupakan hal yang harus kita antisipasi. Maka, buatlah cadangan kas agar apabila anda mengalamai hal - hal yang tidak diinginkan anda masih bisa berjalan melangkah sesuai dengan jalur bisnis yang telah anda rencanakan.

Keberanuntungan juga menjadi salah satu hal yang perlu kita raih. Dalam hal ini keberuntungan dapat anda raih dengan cara mendekat kepada Tuhan anda. Lalu banyak - banyak lah berbagai, dalam agama apapun, sedekah atau berbagai akan menjadikan anda lebih kaya dan lebih awet kaya nya.

Dan kunci dalam semua pemilihan bisnis kemudian mengerucut kepada satu kata LAKUKAN. Jangan terlalu lama berfikir meskipun memikirkan jenis bisnis yang tepat itu sangat baik. Anda memang jangan melakukan bisnis dengan nekad namun juga anda harus berani mengambil langakah.

Silahkan pertimbangkan, persiapkan, lakukan perencanaan dan segera lakukan jangan tunda lagi. 

Demikian Artikel Bagaimana Memilih Bisnis Rumahan Yang Cepat Kaya? yang bisa saya suguhkan untuk anda. Semoga menjadi awal dasar kita dalam menentukan bisnis rumahan yang berpotensi menjadikan kita sebagai seorang yang kaya bermanfaat. Salam Sukses Bermanfaat