Contoh Proposal Usaha Makanan Untuk Bisnis Rumahan

Contoh Proposal Usaha merupakan salah satu cara alternatif bagi anda yang ingin menjalankan bisnis rumahan namun tidak memiliki cukup modal. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang usaha rumahan tanpa modal yang bisa anda jalankan sebagai usaha sampingan maupun usaha utama. Untuk membantu anda yang kesulitan mencari modal padahal anda telah mantap dan yakin dalam memulai usaha anda, maka anda bisa menggunakan proposal usaha untuk mendapatkan investor guna memberikan modal kepada anda dengan sistem bagi hasil maupun sistem lain.
Contoh Proposal Usaha Makanan

Contoh proposal usaha ini lebih dominan ketika anda telah memiliki satu usaha lama yang ingin anda kembangkan, karena biasanya para investor dalam mempertimbangkan proposal usaha anda, akan menitik beratkan kepada seberapa besar peluang usaha yang anda ajukan dalam mencapai profit atau keuntungan. Para investor tentu tidak mau rugi, sehingga tidak salah jika mereka begitu teliti. Namun, jika anda bisa menjalankan bisnis dengan bantuan para investor, maka satu keuntungan bagi anda adalah anda telah di percaya dan anda berpeluang mendapat kucuran modal yang sangat besar.

Bagaimana membuat proposal usaha?

Biasanya dalam proposal usaha memiliki struktur yang tidak jauh berbeda tergantung skala usaha yang ingin di tawarkan. Disini, karena saya lebih bahas mambahas usaha rumahan maka saya akan menyajikan ulasan contoh cara membuat proposal usaha kecil untuk anda. Berikut struktur proposal usaha dimana harus anda tulis di dalam proposal bisnis yang anda buat.

1. Pendahuluan
Pendahuluan berisi tentang latar belakang mengapa anda menjalankan bisnis. Mengapa anda memilih bisnis di bidang yang anda ajukan atau tawarkan. Misalkan anda menocb menjalankan usaha rumahan bisnis kuliner maka sebutkan mengapa anda memilih bisnis tersebut. Anda bisa mengulasnya dari sisi perkembangan bisnis kuliner atau anda juga bisa mengulas tentang keahlian anda bi bidang tersebut.

2. Profil Perusahaan
  • Jenis usaha
Berilah ulasan tentang jenis usaha anda. Semisal anda menjalankan usaha bisnis kuliner, maka anda ulas jenis usaha anda. 
  • Nama perusahaan
Untuk nama perusahaan, usahakan menggunakan nama unik namun simple agar mudah di ingat. Nama perusahaan merupakan branding utama yang harus anda kuatkan guna menguatkan posisi bisnis anda di bidang tersebut.
  • Lokasi
Salah satu pertimbangan para investor adalah lokasi usaha. Apakah lokasi usaha tersebut strategis atau tidak. Maka, pilih lokasi yang strategis yang terletak di jalur keramaian atau yang memiliki prospek pasar yang bagur. uraikan lokasi usaha sejelas - jelasnya. Bila perlu berilah peta dalam bentuk gambar yang kini telah tersedia menggunakan google map.
3. Struktur Organisasi Perusahaan

Untuk menilai bagaimana manajemen bisnis dijalankan salah satunya adalah dengan melihat pada struktur organisasi. Semakin tertata dan lengkap struktur organisasinya maka akan semakin baik.

4. Produk Perusahaan
  • Jenis produk
Setelah anda menjelaskan jenis usaha anda. Maka, agar lebih gamblang, anda jelaskan tentang produk anda. Misalkan anda bergerak di bidang bisnis kuliner, dan anda memilih usaha kecil bakso. Nama bakso anda bisa sebagai contoh bakso super, maka terangkan dalam proposal anda mengenai bakso super anda.
  • Pembuatan produk
Setelah anda menjelaskan secara singkat mengenai jenis produk anda. Selanjutna anda jelaskan proses pembuatan produk anda atau bisa juga bagaimana produk anda di sediakan.
  • Keunggulan produk
keunggulan produk anda merupakan hal terpenting yang bisa jadi pertimbangan para investor. Memberi nilai plus kepada produk  anda akan membuat produk anda laris di pasaran sehingga para investor memiliki kepercayaan bahwa usaha anda dapat berkembang karena psoduk yang anda miliki memiliki keunggulan tersendiri.

5. Target Pasar

Selain itu, dengan mnyertakan target pasar andamaka anda berarti telah memberi pandangan awal kepada para investor tentang siapa saja yang nantinya akan anda jadikan pembeli anda.

6. Promosi dan Pemasaran

Untuk memperkuat branding usaha anda, tentu anda harus melakukan promosi. Jelaskan kepada investor bagaimana anda akan melakukan promosi produk anda.

7. Laporan Keuangan
  • Estimasi dana
Bab ini  menjelaskan tentang keperluan modal yang anda butuhkan
  • Perhitungan laba
Buatlah perhitungan sementara terhadap usaha anda. jangan muluk - muluk, buatlah se realistis mungkin. Anda berikan contoh hitungan yang terpahit dan contoh hitungan termanis kemudian hitungan umum dari laba perkiraan anda.
  • Perhitungan bagi hasil
yang terakhir adalah sistem perhitungan hasil. Maksudnya, bagaimana investor nantinya mendapatkan keuntungan dari usaha anda. Apakah dengan bagi hasil tetap dengan jumlah persentase tetap tiap bulan atau bisa juga dengan model bagi hasil syariah yang dibagi sesuai pendapatan usaha. Intinya untung rugi di tanggung bersama


8. Penutup

Sebagai pelengkap, tutup prposal anda denga penutup yang berisi tentang ucapan terima kasih dan harapan anda terhadap proposal anda.

9. Lampiran
  • Biodata pemiliki usaha
Untuk membuat investor lebih percaya, sertakan profil anda, daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae ( CV ) anda secara lengkap.
  • Surat perjanjian
Untuk menanggulangi masalah - masalah yang terjadi di masa yang akan datang serta sebagai penguat agar usaha anda terlihat meyakinkan. Buatlah surat perjanjian usaha yang bisa anda dapatkan contohnya dari internet.
Unsur - unsur diatas adalah struktur minimal yang harus ada pada proposal usaha rumahan. Jika usaha anda merupakan usaha resmi berskala besar maka ada banyak  hal yang harus anda lampirkan seperti AMDAL, SIUP, dll. namun, untuk usaha kecil saya kira cukup dengan struktur diatas,

Untuk contoh proposal usaha dapat anda dapatkan melalui link di bawah ini :

Semoga artikel Cara membuat Proposal Usaha Dpat bermanfaat untuk anda. Insya Allah akan saya posting banyak artikel mengenai cara mendapatkan modal yang mudah untuk anda. Jangan lupa, baca juga artikel lain di bawah ini :