Bisnis Rumahan Ayam Kampung Super Yang Cepat Hasil

Bisnis Rumahan bidang peternakan memang menjadi salah satu sektor wirausaha yang telah lama dilakoni masyarakat Indonesia. Telah banyak pengusaha sukses yang terlahir dari bisnis peternakan. Untuk itulah, melengkapi artikel saya yang berjudul Usaha Rumahan Bidang Peternakan kini saya ingin membahas lebih dalam salah satu jenis usaha ayam kampung super yang cepat panen dan hasil menjanjikan. Siap menjadi wirausaha sukes? terus baca artikel ini.
Ide Bisnis Rumahan

Beberapa tahun silam, dengan munculnya kasus flu burung membuat banyak peternak ayam atau unggas lainnya yang kemudian gulung tikar karena jumlah kematian ternak mereka membuat modal mereka habis. Namun, permintaan akan ternak unggas tetap saja ada sehingga terjadi kekurangan stok ternak unggas. Meskipun, ini merupakan berita yang kurang mengenakkan namun, menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan sebagai bisnis rumahan anda.

# MENGENAL AYAM KAMPUNG SUPER
Ayam kampung masih menjadi salah satu ternak unggas yang favorit, dagingnya yang enak, telurnya yang konon berkhasiat untuk menambah kekuatan dan menyembuhkan penyakit hingga untuk bahan sesajen, juga harganya yang lumayan tinggi sehingga sangat potensial untuk dijadikan sumber penghasilan. Namun, kendala yang membuat masyarakat enggan memelihara ayam kampung adalah lamanya masa panen. Ayam kampung bisa memakan waktu berbulan - bulan untuk dapat dipanen. Sehingga membuat bisnis rumahan ayam kampung ini cenderung lesu 

Terobosan baru kemudian muncul, apa yang diresahkan oleh peternak terkait dengan lamanya masa panen kini dapat ditanggulangi dengan adanya ayam kampung super. Ayam kampung super merupakan hasil pershilangan antara ayam kampung asli dengan ayam lainnya yang memiliki keunggulan. Dari persilangan ini kemudian di dapatlah ayam kampung super yang mememiliki kelebihan diantaranya adalah :
  • Lebih Cepat Panen
Tidak seperti usaha rumahan ayam kampung asli yang butuh waktu 4-6 bulan, ayam kampung super memiliki masa panen 50-60 hari. Waktu yang cepat tersebut sehingga menjadikan ayam kampung super dapat dijadikan peluang bisnis rumahan yang potensial.
  • Lebih Kuat
Ayam kampung super cenderung lebih tahan terhadap cuaca, sehingga tingkat kematian lebih rendah. Dengan rendahnya tingkat kematian tentu saja menjadikan panen semakin banyak dan keuntungan pun semakin berlipat.
  • Lebih Menguntungkan
Melihat pada kedua aspek diatas, meskipun harga ayam kampung super lebih rendah Rp. 500 -Rp. 1000, Namun, karena singkatnya masa panen sehingga menekan biaya modal. Dengan modal yang kecil maka keuntungan semakin besar terlebih dengan ketahanan tubuh yang dimiliki oleh ayam kampung super sehingga menjadikan peluang panen yang menguntungkan dari bisnis rumahan ini jauh lebih menjanjikan.

Dengan kondisi di atas, ayam kampung super tentu menjadi peluang usaha baru yang akan sangat potensial apalagi harga ayam kampung super cenderung stabil dengan harga terendah Rp. 20.000/ Kg - Rp. 30.000,- /Kg. Untuk menambah keyakinan anda atau untuk menjadi bahan pertimbangan anda, ada baiknya saya akan mejelaskan analisa keuangan antara modal dan pengeluaran kemudian dihasilkan jumlah keuntungan. Silahkan lihat daftar dibawah ini :

A. Pengeluaran
Pengeluaran akan sangat berbeda - beda tergantung dari kekuatan modal anda. Akan saya berikan contoh pengeluaran silahkan anda hitung sendiri dengan melipatkannya.
Bisnis Rumahan Ayam kampung











B. Pemasukan
Untuk harga rata - rata Rp. 27.000,- 28.000 / Kg. Angka kematian kita misalkan adalah 10 %. 10 % angka kematian merupakan angka terburuk atau bisa kita sebut, sepahit - pahitnya dalam batas normal kematian. Sehingga akan kita dapatkan perkiraan pemasukan sperti pada gambar di bawah ini 
Bisnis Rumahan Ayam kampung








Dari gambar diatas nantinya kita akan mendapatkan keuntungan sekitar 
Analisa Usaha Rumahan






Sumber analisa usaha : http://jack-jogja.blogspot.com/

Lumayan bukan? dan angka diatas masih bisa anda perbesar jika anda bisa melakukan beberapa TRIK di bawah ini :
1. Lakukan ternak minimal semi intensif
2. Variasi makanan bergizi untuk menekan pakan
3. Lakukan breeding dan coba anda ternakkan DOC sendiri

Jika anda memang tekun, saya yakin anda akan sukses dalam bisnis rumahan ini. Anda bisa memulainya dengan bisnis rumahan dalam skala kecil dengan hitungan ratusan ekor. Jika anda sudah bisa berkembang anda silahkan perbanyak jumalah ayam anda.

Saya kira tidak ada kata mustahil untuk sukses di bidang peternakan. yang terpenting adalah kesabaran, ulet dan pantang menyerah. Terima kasih telah membaca artikel Bisnis Rumahan Ayam Kampung Super Yang Cepat Hasil. Semog bermanfaat dan semog kita semua di pantaskan untuk mengkayakan diri dengan keringat kita. Salam Sukses Bermanfaat.