Ide Usaha Rumahan Bimbingan Belajar Dengan Modal Kecil

Usaha Rumahan bimbingan belajar mulai marak di lakukan setelah diberlakukannya keputusan pemerintah terkait dengan standar kelulusan.  Dengan batas nilai kelulusan yang menjadi harga mati untuk lulus tidaknya siswa di almameter entah SD, SMP maupun SMA menjadikan para orangtua berlomba - lomba menambah jam pelajaran anaknya di lembaga bimbingan belajar baik yang bertaraf nasional seperti Primagama, Neutron, maupun tingkat kecil di pedesaan.

usaha rumahan bimbingan belajar

Para guru honorer dan mahasiswa ataupun kalangan umum yang berkompeten di bidang pendidikan berlomba - lomba pendidikan usaha kecil - kecilan mendirikan bimbingan belajar. Dengan modal kecil serta sistem bisnis yang tidak terlalu rumit sehingga menjadikan bisnis ini dipilih sebagai bisnis sampingan oleh masyarakat. Nah, untuk anda yang berencana mencari usaha rumahan serta ingin mengetahui bagaimana cara  maupun analisa usahanya, akan saya suguhkan kepada anda

Ide Usaha Rumahan Bimbingan Belajar Dengan Modal Kecil

1. Persiapan
Sebelum anda memulai usaha rumahan anda ada baiknya harus anda putuskan jenis bimbingan belajar seperti apa yang akan anda pilih. Secara garis besar bimbingan belajar di bagi menjadi dua yakni
  • Bimbel Klasikal
Bimbingan ini berlokasi pada satu tempat dengan jumlah murid yang bisa mencapai puluhan siswa. Model ini sama seperti yang biasanya di laksanakan di sekolah - sekolah formal. Jika anda memiliki ruangan kosong yang bisa anda gunakan untuk menampung beberapa siswa, anda bisa menggunakan model ini.

Kelebihan model ini terletak pada hasilnya yang terbilang lumayan karena banyaknya murid yang bisa anda tampung. Namun, dengan banyaknya murid maka diperlukan keahlian dan kesabaran ekstra untuk membimbing banyak karakter siswa dan harus mengerti kemampuan siswa yang berbeda - beda. 

Usahakan, buatlah manajemen keuangan yang jelas. Kurikulum, RPP dan evaluasi yang baik agar dalam mengajar dapat terarah dan tertarget, Evaluasi berguna sebagai indikator keberhasilan pembelajaran sehingga anda bisa menentukan langkah anda selanjutnya.

Tarif bimbel ini bulanan. Tidak perduli seberapa sering si murid berangkat atau tidak berangkat. Hitungannya perbulan selama si murid masih terdaftar sebagai peserta didik. Jika anda memasang tarif rata -rata Rp. 50.000/ bulan untuk masing - masing murid. JIka anda memiliki 40 murid maka anda mendapatkan Rp. 2 juta. Lumayan bukan?
  • Bimbel Les Privat
Model usaha rumahan bimbel ini memiliki kelebihan karena kemudahannya dimana anda hanya memantau satu siswa sehigga tidak sulit untuk meningkatkan hasil belajar. Anda bisa fokus pada satu anak tidak seperti bimbel klasikal yang harus lebih bersabar dan lebih rumit. Namun, hasilnya tentu kurang besar dibandingkan les klasikal kecuali tarif les privat anda besar dengan perbandingan 1 anak les privat sama besar hasilnya dengan 10 anak les klasikal.

Jika anda ingin bimbel anda bukan hanya usaha kecil yang hasilnya pas - pasan, maka ada baiknya anda memilih usaha rumahan les klasikal. 

Untuk tarif bimbel privat, biasanya di kenai per pertemuan namun di bayarkan perbulan. Contohnya, per pertemuan anda memasang tarif Rp. 30.000/ pertemuan. Anda mengajar 3 x seminggu. Maka dalam satu bulan untuk satu anak didik anda mengapatkan 12 x 30 rb sehingga satu bulan jika anda full mengajar anda akan mendapatkan Rp. 360.000 / bulan untuk satu anak.
  • Bimbel Semi Klasikal - Privat
Jenis ini sebenarnya lebih mirip dengan les klasikal dimana anda tidak hanya mengurus satu anak namun beberapa murid. Bedanya, anda hanya menerima murid dalam kisaran yang sangat sedikit maksimal 5 anak. Usaha rumahan ini terbilang lebih mudah dan hasil pencapaian nilainya lebih tinggi dengan bayaran lebih tinggi dari klasikal dan lebih kecil dari les privat murni.

Untuk pembayaran misalkan anda memasang tarif Rp. 20.000/ anak dengan jumlah siswa 5 anak dan anda mengajar untuk satu kelas 12 x pertemuan selama satu bulan maka anda mendapatkan hasil 20.000 x 5 x 12 = 1, 2 juta untuk satu kelas.

Selain itu, anda juga harus menentukan mata pelajaran apa yang ingin anda ajarkan. Kelas berapa, pada tingkatan pendidikan yang mana yang akan anda ajarkan juga harus anda perhitungkan. Jangan memaksa kan diri untuk mengejar mata pelajaran yang kurang anda kuasai. Untuk pemula dan awalan, ajarkan materi atau pelajaran yang paling anda kuasai agar anda dapat menaikan nilai siswa. Dengan nilai siswa yang bagus, maka anda akan mendapat kredibilitas sehingga tanpa anda lelah promosi, bimbel anda akan ramai dengan sendirinya.

Mana jenis bimbel yang harus anda pilih?
1. Kenali tingkat ekonomi masyarakat 
Anda dalam menentukan tarif tentu harus melihat kemampuan masyarakat setempat karena kekauatan ekonomi di desa dengan di kota berbeda. Untuk masyarakat kota yang lebih banyak kelas menengah atas serta kesadaran pendidikan yang sudah tinggi, maka akan sangat mudah measang tarif yang tinggi. Namun bagi masyarakat desa, anda harus bijak dalam menentukan tarif agar bimbel anda tetap laku.

Maka, pintar - pintarlah menghitung. Bimbel privat biasanya di pilih oleh mereka yang mampu secara finansial. Jika anda merasa terlalu kecil, maka anda bisa nenilih les klasikal. Mesipun bayaran per anak sedikit namun anda bisa menambah kelas, menambah quota murid per kelas serta anda bisa juga membuat ruangan baru agar menampun jumlah murid yang lebih banyak.

2. Kenali Kemampuan Anda
Pada les klasikal anda harus siap menghadapi banyaknya karakter pada siswa sehingga anda harus mengerti bagaimana mengurus karakter - karakter yang berbeda tersebut. Anda juga harus bersiap untuk menghadapi pertanyaan yang keluar dari mereka. Jika anda kurang siap, pilihlah les privat yang lebih mudah. Anda tidak akan kesulitan dalam berbicara karena hanya di dengarkan oleh satu orang, sama seperti anda mengajari adik anda sendiri.

Usaha rumahan bimbel ini bisa di bilang sangat menguntungkan dengan modal yang terbilang kecil tergantung mau bimbel seperti apa yang ingin anda ambil.

Semoga artikel Ide Usaha Rumahan Bimbingan Belajar Dengan Modal Kecil di atas dapat bermanfaat untuk anda. Semoga anda bisa sukese bermanfaat. Untuk yang kurang jelas, silahkan berkomentar di bawah.