Macam - Macam Bisnis Rumahan Dari Barang bekas

Bisnis rumahan terus ya yang saya bahas? betul. karena saya ingin membudayakan wirausaha di rumah - rumah penduduk Indonesia. Selain lebih hemat juga bisa bercengkrama dengan keluarga, melihat pertumbuhan anak, menjaga orang tua, beribadah lebih leluasa. Ada banyak lah hal yang bisa kita lakukan dengan memiliki bisnis di dalam rumah. Lebih senengnya kita jadi bos untuk diri kita sendiri dan semoga juga nyampe punya karyawan. Amin.

Bisnis Rumahan Dari barang Bekas


Berbicara tentang bisnis rumahan, kali ini saya akan sedikit share di bidang barang bekas. Eits, tunggu dulu, jangan abaikan barang bekas di tempat anda. Itu barang bisa jadi sumber pemasukan kita. Tidak percaya? simak kisah sukses berikut ini. 

Riki Toreh warga jalan Venus kota pematang Siantar berhasil meraup uang dengan omzet 50 juta rupiah dari hasil menjual barang bekas. Barang bekas yang tidak berguna ia sulap menjadi terompet. Pada awalnya memang minim pembeli namun kemudian langsung bisa naik setelah melakukan modifikasi hasil karya olahan barang bekas tersebut. Hebatnya lagi, Riki bersama ayahnya menargetkan omzet untuk lebaran nanti dengan jumlah fantastis Rp. 250.000.000,- hanya dari bisnis rumahan barang bekas ( sumber : kompas.com )

I wayan Hendra, seorang karyawan di perusahaan fasmasi yang kemudian memilih keluar dari pekerjaanya itu awalnya merupakan seorang yang miskin. Ia kemudian menjadi seorang pemulung, tanpa rasa malu, Ia mendatangi toko, supermarket, rumah atau tempat lain untuk mencari barang bekas. Berkat keahliannya mengelola barang bekas tersebut kini beliau mampu menjadi seorang pengusaha dengan 5 unit usaha barang bekas di 5 kota di jawa timur dengan omzet puluhan hingga ratusan juta perbulannya. Tak hanya itu, beliau juga kini menjadi anggota dewan DPRD Kabupaten Sidoarjo ( sumber : Okezone.com )

Kisah Sukses pengusaha bisnis rumahan
I wayan Hendra
pemulung hingga jadi pengusaha

Kisah di atas merupakan segelintir dari banyak kisah di sekeliling kita dimana mereka yang kreatif dan mau bekerja keras mampu merubah hidup mereka dari orang yang mungkin di pandang hina menjadi seorang yang luar biasa bahkan bisa bermanfaat untuk sesama, membuka lapangan kerja dan memberi jalan kehidupan kepada banyak kepala keluarga agar bisa memenuhi kebutuhan anak istri mereka. Dengan semua fakta tersebut, mengapa kita tidak memulai untuk menjalankan bisnis rumahan modal kecil kita sekarang? 

Berikut ini akan saya jelaskan macam - macam bisnis rumahan dari barang bekas yang semoga bisa menjadi inspirasi bisnis anda.

1. Bisnis Rumahan Pengepul Barang Bekas

Kisah I Wayan Hendra merupakan kisah perjalanan dari seorang pengepul yang kemudian menjadi pengepul barang bekas. Jika anda tidak memiliki modal cukup, anda bisa mengumpulkan barang bekas dari beberapa tempat kemudian anda jual kepada pengepul, kumpulkan modal kemudian seteleh pengalaman dan ilmu anda bertambah serta modal telah cukup, anda bisa menjalankan usaha rumahan sebagai pengepul barang bekas. 

Untuk itu, pada saat - saat awal entah anda memutuskan untuk menjadi pemulung dulu atau anda ingin langsung terjun sebagai pengepul, hal yang harus anda ketahui adalah bagaimana memilih barang - barang bekas tersebut serta anda harus selalu update harga barang bekas. Jika anda bisa melakukan ini, anda bisa sukses dengan syarat anda harus tekun dan mau bekerja keras. Bisnis rumahan ini nyatanya telah banyak merubah hidup banyak orang, saya memiliki 2 sahabat, satu di daerah pekalongan dan satu lagi di daerah Purwokerto. Keduanya awalnya adalah pemulung kini menjadi konglomerat dengan unit usaha, mobil, karyawan , istri yang cantik dan anak yang terjamin hidupnya.

2. Bisnis Rumahan Jual Beli Barang Bekas Layak Pakai

Anda tentu tidak asing dengan situs Tokobagus.com, Berniaga.com dan kaskus.co.id, situs - situs tersebut merupakan tempat jual beli barang baru atau bekas dari para penjual seluruh Indonesia. Nah, kenapa anda tidak mencoba mencari rizki lewat situs tersebut?

Anda bisa menjual barang bekas anda kepada para pengunjung internet melalui situs tersebut. Atau anda bisa mencari barang bekas yang akan di jual oleh kerabat, teman, tetangga atau kenalan anda kemudian anda jualkan di internet. Tak hanya itu, anda bisa juga menawarkan barang di Facebook, kini ada banyak forum jual beli di facebook dengan spesifikasi satu region tertentu. Ini tentu memudahkan kita untuk dapat bertransaksi secara langsung dengan pembeli.

Saya tidak bisa internetan jadi gimana?

Lha koq bisa sampai ke blog ini, tandanya anda bisa internetan. Tapi ya sudah jika anda bingung dengan model bisnis tersebut, anda bisa membuka satu unit usaha kecil di rumah anda yang menyediakan barang bekas. Anda mencari atau memberikan tempat kepada warga yang ingin menjual barang bekas kemudian anda jual lagi kepada mereka yang membutuhkan barang tersebut dengan harga miring karena tidak mampu membeli barang yang baru.

Kuncinya anda harus bisa menaksir harga barang, pengetahuan tentang perkembangan harga barang perlu anda ketahui agar anda bisa menentukan harga beli barang bekas serta bisa menetapkan harga jual yang pas untuk para pembeli.

3. Bisnis Rumahan Daur Ulang Barang Bekas

Pada kisah sukses yang saya jelaskan pada point pertama di atas. Riki Toreh merubah barang bekas menjadi barang baru yang bernilai ekonomis. Riki mendaur ulang barang bekas dengan sedikit inovasi dan kreatifitas sehingga tercipta barang baru yang mampu menarik minat masyarakat/

Usaha bisnis rumahan jenis ini sudah sangat populer namun tidak banyak yang menjalankannya karena butuh kreatifitas dan ketekunan. Di tempat saya ada salah seorang ibu rumah tangga yang menjalankn bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga berupa tas dari bungkus kopi. Omzet sangat lumayan dengan modal yang sangat kecil. Nah, anda pun bisa melakukannya, coba tengok barang bekas apa yang bisa anda ubah menjadi barang jadi.

Apakah anda tertarik untuk mencoba bisnis rumahan ini? 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua dan semoga anda menjadi salah satu pengusaha sukses di masa depan. Silahkan aminkan doa saya tersebut di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungan anda.