Mengenal bisnis rumahan Toko Online untuk Pemula

Bisnis rumahan tak selamanya dalam logika dunia nyata. Kini, dengan bertambah majunya teknologi. Bisnis telah memasuki babak baru dalam perhelatannya mengatasi kemiskinan di dunia. Dengan semakin sulitnya mencai pekerjaan di dunia offline, maka bisnis online menjadi salah satu alternatif yang sangat potensial untuk mendapatkan uang baik sebagai usaha sampingan maupun usaha utama dan salah satu jenis usaha rumahan bidang ini adalah toko online.

Sejarah toko online

Mengacu kepada situs wikipedia. Belanja online di mulai  di inggris pada tahun 1979 oleh Michael Adrich dari Redifon Computers. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak perusahaan dunia kemudian membuka gerbang penjualan melalui jaringan internet, sebutlah Nissan, Peugeut, General Motors dan sebagainya. Pada tahun 1992Charles Stack membuat toko buku pertama di dunia bernama Book Stacks Unlimited yang kemudian  menjadi Books.com. Langkah Carles Stack di ikuti oleh  Jeff Bezos dengan situs Amazon.com dua tahun kemudian. Dan Amazon.Com merupakan toko online tersukses dan terbesar di jagad raya ini serta menjadi ladang rejeki bagi para Internet Marketer di seluruh dunia. 

Hingga saat ini telah bermunculan banyak toko online besar yang menjadi induk dari banyak toko online yang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Anda tentu mengenal toko bagus, berniaga, lazada dan sebagainya. Situs - situs tersebut merupakan induk toko online terbesar di Indonesia. Dan anda nantinya akan menjadi penjual dari toko online tersebut atau bisa juga menjual dari pihak lain termasuk anda sendiri.

Sistem Penjualan Toko Online

1. Toko Online Produk Sendiri

Untuk jenis toko online ini, anda telah memiliki satu produk yang anda hasilkan sendiri. Toko online berfungsi sebagai toko yang mampu di lihat oleh lebih banyak calon pembeli. Ketika anda menjual barang anda melalui toko offline ( Toko yang bertempat di satu lokasi permanen ) maka yang dapta melihat adalah satu kawasan tersebut dan mungkin orang yang kebetulan lewat di toko offline anda. 

Berbeda dengan toko offline, toko online dapat di lihat oleh para pengguna internet di seluruh dunia yang kemudian bisa anda lebih targetkan lagi dalam satu negara. Dan ini tentu akan memperkuat promosi anda karena akan ada banyak peluang calon pembeli yang akan membeli produk anda. 

Bagaimana caranya?
Setelah anda membuat toko online, ketika ada salah satu pengunjung web toko online anda yang berminat maka calon pembeli tinggal menghubungi anda melalui email, pin BB, akun jejaring social dll. Pembeli tersebut kemudian di minta untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening sesuai dengan harga produk yang hendak ia beli. Setelah transfer selesai, tugas anda adalah mengirimkan barang yang di pesan tersebut kepada alamat si pembeli melalui jasa pengiriman barang seperti JNE atau TIKI.

2. Toko Online Bukan Produk Sendiri

Untuk toko online yang bukan merupakan produk sendiri, maka akan kita bagi menjadi dua yaitu :
1. Jual produk orang lain di tempat anda.
Cobalah anda lihat kawasan anda dimana anda tinggal. Adakah pabrik atau produsen barang yang layak jual yang bisa berkembang untuk anda pasarkan? Ya anda bisa bekerja sama dengan produsen tersebut. Anda meminta katalog atau daftar item produk lengkap dengan spesifikasi dan harganya kemudian anda sebarkan melalui toko online anda. 

Dari toko online anda, jika ada yang membeli, setelah melakukan pembayaran dengan cara yang sama seperti diatas maka tinggal membelinya ke produsen yang telah anda ajak kerjasama tersebut. Kemudian anda mengirimkan barang pesanan kepada si pembeli. Mudah bukan?

2. Toko Online dari Suplier atau toko online lain.
Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, toko bagus, berniaga.com, merupakan forum jual beli yang bisa anda manfaatkan untuk jualan online dan anda dapat mencari barang dari para suplier yang juga telah menjual brangnya lewat internet. Misalkan ada satu produk sepatu bermerek Asisa yang menjual produknya lewat online. Kemudian anda menjualkannya kepada masyarakat melalui toko online anda. Bisa juga anda membelinya dari TokoPedia, Zalora.co.id Lazada.com dan sejenisnya kemudian anda jual di toko online anda.

Model bisnis ini kemudian lazim di sebut dengan dropshiping. Pembahasan dropshiping akan saya bahas pada kesempatan berikutnya dan untuk menggambarkan secara singkat tentang bisnis dropshiping perhatikan gambar di bawah ini

bisnis rumahan toko online
ilustrasi oleh duniabayi.co.id

Berikut langkah - langkah dari dropshiping :
1. Anda memasang barang yang anda jual di toko online anda, yang telah di sediakan oleh suplier anda, anda bisa juga mempromosikannya ke jejaring sosial seperti FB, twitter atau forum jual beli atau forum macam kaskus dll.

2. Pembeli yang tertarik kemudian menghubungi anda melalui kontak yang anda pasang dan anda  beritahukan beserta produk yang anda tawarkan. Pembeli kemudian mengisi no HP, alamat dan jenis barang yang di beli

3. uang telah di transfer ke rekening anda, kemudian anda tingga menghubungi suplier anda ( lihat point 4 di gambar ). Anda memesan produk yang di minta oleh pembeli anda kepada suplier anda.; kemudian mentransfer sejumlah uang yang sesuai harga yang dipasang oleh suplier. Anda tentu dalam menjual kepada pembeli anda harus mengambil keuntungan atau menjual produk dari suplier anda lebih tinggi kepada pembeli anda.

4. Setelah itu, tinggal tugas suplier untuk mengirimkan barang yang di minta pembeli anda kepada alamat si pembeli kita. Keuntungan bisnis jenis ini, anda tidak pusing untuk mengirimkan barang karena pengiriman barang akan di lakukan oleh si suplier.

Apakah kini anda tertarik?

Anda bisa sukses mendapatkan uang dari usaha rumahan jenis ini asal anda tekun dan baiknya lagi, anda tidak mengeluarkan modal yang banyak untuk memulainya.

Saya kira untuk sementara cukup untuk pembahasan tentang  Mengenal bisnis rumahan Toko Online untuk Pemula. Pada kesempatan mendatang akan saya posting panduan memulai bisnis rumahan roko online.