4 Peluang Usaha Rumahan Peternakan Burung Yang Menguntungkan

Peluang Usaha rumahan ternak burung mungkin belum terlalu meraja lela di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini tentu terkait dengan bisnis yang di dasari dengan hobi. Bisnis ternak burung memang sangat tergantung  kepada hobi. Bagi mereka yang tidak terlalu suka dalam memelihara burung sangat jarang mau menjalankan bisnis budidaya tenak burung.

Namun, dengan kondisi seperti itu, justru menjadi keuntungan tersendiri untuk para penggemar burung yang berani terjun bebas ke dunia bisnis ternak burung. Persaingan masih sanat rendah sehingga masih menjadi bidang bisnis yang sangat potensial untuk meraup keuntungan baik untuk usaha utama maupun sebagai usaha rumahan yang bisa anda jalankan di rumah sebagai kerja sampingan.

Untuk itu, saya akan memberikan penjelasan terkait usaha bisnis rumahan ternak burung yang akan saya sampaikan dalam beberapa bagian sesuai jenis burung dan akan saya update seiring bertambahnya artikel tentang budiaya burung di blog ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin menjalankan usaha rumahan yang menguntungkan dan berikut pembahasan detail tentang peternakan burung untuk bisnis rumahan anda.

1. Usaha Rumahan Ternak Kenari
Ternak kenari menjadi salah satu ide bisnis yang banyak di cari, ini terbukti dengan banyaknya pencarian di google hingga mencapai 12.000 pencarian perbulan. Dengan ini, ternak burung menjadi salah satu favorit bisnis bidang ternak unggas yang patut anda coba. Dalam menjalankan bisnis ini memang gampang gampang sulit, namun jika anda memang hobi dalam memelihara burung, saya yakin anda akan sukses di bidang ini.


Ada beberapa proses dalam budidaya burung kenari mulai dari pemilihan indukan, penjodohan hingga panen. Keuntungan yang didapat bisa mencapai jutaan rupiah terlebih jika burung kenari di latih hingga tampil di kompetisi burung kicau, burung tersebut akan melonjak naik harganya hingga puluhan juta rupiah. Ingin mencoba? silahkan klik di sini.

2. Usaha Rumahan Ternak Cucak Rowo
Adalah Susilo wati, ibu rumah tangga yang berhasil mendapatkan keuntungan 25 juta perbulan dari hasil penangkaran burung cucak rowo. Ibu susilo wati awalnya hanya memelihara 1-2 kandang, namun sekarang budidaya cucak rowo ibu Susilowati telah berkembang hingga 40 kandang. hebat bukan?

Cucak rowo ijo atau yang sering di sebut cucak ijo merupakan salah satu burung kicau yang sangat di gemari oleh para penghobi burung kicau. Harganya bisa mencapai angka fantastis 5 juta. Dengan keuntungan rata - rata mencapai puluhan juta rupiah. Namun, tentu butuh ketelatenan dalam menjalankan bisnis ini. Sehingga anda harus benar - benar bersabar dalam mejalankan bisnis ini.

3. Usaha Rumahan Ternak Burung Murai Batu
Sama seperti 2 jenis burung yang telah saya sebutkan di atas, jenis burung yang satu ini tak kalah digemari oleh para peminat burung. Harga murai batu bervariasi dari kisaran ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung seberapa baik burung tersebut berkicau dan faktor lain terkait kondisi burung.


Usaha rumahan ini masih jarang di jalankan oleh para peminat burung meskipun permintaan akan burung ini sangat tinggi. Untuk itu anda bisa menjalankan bisnis ini sebagai usaha sampingan di rumah anda sekaligus anda dapat menjalankan hobi anda dalam memelihara burung. Namun, yang perlu anda perhatikan, dalam memelihara burung ini harus hati - hati karena kalau tidak anda bisa kena rugi karena kematian atau kondisi burung yang jelek. Untuk mengatasi permasalahan ini, akan saya bahas di sini.

4. Usaha Rumahan Ternak Burung Love Birds
Love birds atau yang sering juga di sebut burung cinta memiliki karakter khas yakni setia kepada pasangannya. Burung ini mulai booming pada awal tahun 2000, meskipun pernah anjlog peminat namun kini mulai merangkak naik dengan banyaknya peminat burung ini.


Burung ini tidak semahal burung - burung yang saya sebutkan sebelumnya, namun burung ini tetap berpotensi menjadi usaha rumahan yang menguntungkan untuk anda. Burung ini telah banyak yang memeliharanya dan terjadi kekurangan stok burung karena masih belum banyaknya produksi jenis ini dan mungkin anda akan menjadi salah satu pemelihara burung yang sukses di bidang ternak burung love bird ini.

Apakah kini anda tertarik mejalankan peluang usaha rumahan di bidaang ternak burung ini? Jika belum, masih ada banyak ide bisnis lain di blog ini yang pantas anda coba. Dan jangan lupa, bagikan artikel ini karena mungkin ada banyak orang yang membutuhkan ide usaha untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. 

Semoga artikel Peluang Usaha Rumahan Peternakan Burung Yang Menguntungkan ini dapat menjadikan anda memiliki gambaran yang jelas terhadap budiaya burung. Selamat berbisnis.