Ternak Kenari Untuk Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

Ternak kenari mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Bagi para pemelihara burung pasti sudah hafal karakterisitik burung kenari ini. Burung kenari merupakan burung bule atau burung yang berasal dari luar negeri dan pertama kali di temukan oleh seorang warga prancis yang merupakan seorang pelaut dengan nama Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad 15. Sejak saat itu, burung kenari menjadi salah satu burung yang sangat di gemari hingga terjadi perburuan liar yang menyebabkan burung ini kian punah.

Ternak Kenari Untuk Usaha Rumahan

Burung kenari kini  banyak diternakan di negara - negara sperti spanyol dan italia ( dua negara ini merupakan negara pertama yang menjalankan bisnis kenari ) kemudian di ikuti oleh jerman dan inggris. Di indonesia pun mulai berkembang peternakan kenari sebagai usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Kabupaten Malang menjadi salah satu sentra ternak kenari yang sangat terkenal di Indonesia. Burung bernama latin Serinus Canarius memiliki berbagai jenis dianataranya adalah :

  1. Kenari Border
  2. Kenari Gloster
  3. Kenari Norwich
  4. Kenari Cinnamon
  5. Kenari Yorkshire.
  6. Kenari Lancashire.
  7. Kenari Waterslager
  8. Kenari Fife Fancy
  9. Kenari Scotch Fancy
  10. Kenari Roller
  11. Kenari Crest
  12. Kenari Frill
  13. Kenari Spanish Timbrado
  14. Kenari American Singer
  15. Kenari Lizard
  16. Kenari Belgian Fancy
  17. Color breed Canary

Dari kenari kenari diatas, kenari border menempati urutan teratas jumlah peminat. 

Bagaimana analisa usaha bisnis ternak burung kenari ini? 
Mari kita bahas analisa usaha rumahan ternak kenari ini. 
Modal tetap :
Sangkar                                                   Rp 35.000
1 pasang induk siap jodoh warna standart   Rp 750.000


jumlah modal tetap Rp 785.000

Modal tidak tetap :
Pakan milet selama 1 tahun                        7kg @ Rp 8.000 = Rp. 56.000


pakan Alternatif selama satu tahun                                         Rp 20.000
telur puyuh  selama satu tahun                                              Rp 25.000

jumlah modal tidak tetap petahun                                          Rp. 101.000

Modal keseluruhan, modal tetap + modal tidak tetap           = Rp 886.000
Kita asumsikan dalam saktu satu tahun kenari dapat bertelur selama 6 kali dan sekali bertelur menghasilkan 4 telur sehingga mendapatkan 24 telur.
Harga jual umur 2 bulan Rp 140.000
keuntungan selama 1 tahun adalah           24x Rp. 140.000 = Rp 3.360.000
Keuntungan bersih                    Rp 3.360.000– Rp 896.000 = Rp 2.464.000


Perhitungan diatas hanya terjadi jika tidak ada kendala sama sekali. Anda masih bisa meningkatkan pendapatan dengan cara memasangkan 1 induk jantan dengan 3 induk betina.

Bagaimana cara memelihara burung kenari ini agar sukses di ternak kenari ini?
Untuk mejalankan ternak kenari sebagai usaha rumahan, silahkan perhatikan hal - hal berikut ini :
  • Sarana
    Sarana tempat haruslah bersih dan nyaman, usahakan jauh dari keramaian yang ditakutka akan membuat stress. Siapkan pula tempat minum, pijakan atau tanggaran kemudian sarang dari jerami atau kertas untuk media bertelur burung kenari
  • Penentuan indukan
    Pilihlah induk kenari yang baik sehingga anda akan menghasilkan anakan induk kanari unggul. Kenari yang siap kawin biasanya berumur 8 - 3 tahun. Adapun perbedaan antara  indukan jantan dan betina dapat dilihat dari postur tubuh, paruh dan suara burung. Postur tubuh kenari jantan lebih kecil dengan paruh yang agak tebal serta suara kicau yang lebih keras dan variatif dibandingkan dengan suara burung indukan kenari yang monoton.
  • Penjodohan
    Pertama kalinya anda pisahkan kedua burung di dua kandang berbeda dengan dijejerkan agar saling melihat. Jika memang berjodoh, kedua indukan tersebut akan saling mendekat dan saling bercumbu. Jika sudah seperti itu, satukan dalams satu kandang. Jika indukan betina sudah siap telur, biasanya sang induk betina akan mempersiapkan sarang untuk media bertelur dan anda harus menyiapkannya sebelum anda menaruh burung.
  • Saat bertelur
    Dalm sekali bertelur, Induk betina dapat menghasilkan telur dari 3 - 5 butir telur namun tentunya bisa jadi tidak semua telur berhasil menetas. Pada saat pengeraman, harap perhatikan kesehatan burung mulai dari kebersihan kandang, kebutuhan air dan pakan serta jangan lupa jauhkan dari kebisingan agar burung tidak trauma dalam mengerami. Dalam waktu 2 minggu, telur akan menetas dan jika umur anakan kenari sudah mencapai satu bulan. Burung tersbut dapat di pisahkan dari induknya.
  • Penjualan                                                                                                                                                     agar hasil penjualan maksimal, burung anakan selalu anda perhatikan kesehatannya. Berilah cincin penanda kemudian latih burung anda dengan suara master dari burung lain yang bisa anda dapatkan dari internet atau anda pasangkan dengan burung lain agar saling berkicau.

Apakah anda tertarik mencoba budidaya ternak kenari ini? Selamat mencoba dan semoga artikel Ternak Kenari Untuk Usaha Rumahan Yang Menjanjikan ini dapat membantu anda dalam memulai usaha bisnis rumahan di bidang peternakan.