Usaha Rumahan Laundry Kiloan yang Menjanjikan Untung Besar

Usaha rumahan laundry sebenarnya bukan bisnis baru Indonesia. Telah sejak lama bisnis ini berkembang di masyarakat namun pada awalnya hanya merambah di kalangan elit atas, kini usaha kecil ini telah menjamah kalangan menengah ke bawah terutama kalangan pelajar, mahasiswa serta pekerja perantauan yang mengais rejeki di negeri orang. Tak berhenti sampai di situ, ekspansi usaha laundy kini meluas ke daerah pedesaan. Jika tadinya usaha rumahan ini hanya berada di sekitar perumahan elit dan kampus, kini, area usaha laundry merambah ke pelosok desa maupun kota.

Usaha Rumahan Laundry Kiloan

Ada banyak faktor mengapa usaha laundry kini begitu berkembang, diantaranya karena faktor ketiadaan waktu, tubuh yang terlanjur letih maupun kehidupan yang kini serba ingin instan menjadikan orang - orang mencari alternatif yang praktis dan mudah meskipun harus merogoh kocek termasuk untuk urusan mencuci. Hadirnya usaha laundry ternyata di sambut positif oleh masyarakat karena hasil cuci yang lebih baik, lebih wangi dan tentunya tergolong murah namun tidak membuat si pemilik laundry tekor. Justru meskipun murah, namun penghasilan bulanan dari usaha ini dapat membuat si pemilik usaha laundry mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah perbulan dari usaha rumahan ini.

Kemudahan sistem bisnis serta manajemen keuangan yang tidak terlalu sulit membuat jenis bisnis ini sangat potensial dan pas untuk ibu rumah tangga maupun kalangan bisnis pemula. Anda tidak akan dipusingkan denga urusan yang biasanya ditemui dalam dunia bisnis. Seperti kekurangan stok, kelangkaan barang atau kenaikan bahan baku. Rumus usaha rumahan ini hanya berjibaku tentang bagaimana mempromosikan usaha laundy anda agar laku di masyarakat.

Untuk itulah, menjaga kualitas hasil cucian anda amat sangat perlu di perhatikan agar pelanggan anda bisa puas. Dan untuk menambah pengetahuan anda tentang bisnis rumahan ini, saya akan menyajikan satu artikel khusus tentang bisnis rumahan ini, yang semoga dapat membantu anda untuk memantapkan hati untuk terjun ke dunia bisnis usaha rumahan. Dan berikut artikel saya berjudul Usaha Rumahan Laundry Kiloan yang Menjanjikan Untung Besar untuk anda pengunjung blog bisnisrumahan19.blogspot.com

Cara Memulai Usaha Laundry Kiloan

Sebelum anda memutuskan untuk mengambil usaha laundry sebagai jalur bisnis anda. Anda baiknya anda melakukan beberapa hal di bawah ini diantaranya:
1. Lakukan Survey
Ini adalah antisipasi awal agar anda tidak mengalami kerugian karena usaha anda tidak laku. Usaha rumahan meskipun sudah lama ada, dan pasti sudah diketahui banyak orang. Namun, usaha jenis ini belum banyak dilakukan di tingkat pedesaan. hanya di beberapa daerah di Indonesia dimana usaha laundry telah menjadi salah satu usaha yang banyak di kerjakan di desa desa atau pinggiran kota.

Untuk itulah, coba anda lakukan survey kecil - kecilan untuk mengetahui minat dan tanggapan masyarakat terhadap usaha laundry anda. Jika 80 % memberi tanggapan yang bagus, maka peluang besar usaha anda akan mudah berjaya dan meraih kesuksesan. Jika kurang dari angka tersbut, jangan menyerah. Tidak berarti anda tidak memiliki kesempatan sukses, anda perlu membudayakan usaha laundry agar menjadi usaha yang umum di daerah anda. Dan tentu anda memerlukan kerja ekstra untuk menjadikan usaha rumahan ini dikenal dan diterima oleh masyrakat.

2. Mencari Barang Murah 
Jika anda belum memiliki mesin cuci, anda bisa membelinya di toko bekas. Di beberapa daerah telah berkembang pasar barang bekas yang menyediakan berbagai alat dan barang bekas yang masih layak paai yang tentunya memiliki harga terjangkau.

Untuk anda yang memiliki modal pas - pasan, cobalah mencari barang bekas yang masih layak pakai namun anda harus teliti karena terkadang barang bekas bisa menipu. Awalnya baik tapi dalam waktu dekat terjadi kerusakan. So, saya sangat merekomendasikan untuk anda yang sudah mantap untuk menjalankan bisnis ini untuk membeli barang baru sekalian agar kualitas anda tetap terjaga.

3. Lakukan Promosi Yang Unik
Tepat tadi malam, saya melihat salah satu iklan dalam bentuk video yang berisi promosi namun di sajikan dengan cara " gila ". Dalam iklan tersebut, berisi tayangan menghancurka IPAD bernilai jutaan rupiah. Orang yang melihat hanya bisa berdecak karena keanehan iklan tersebut. Namun, memang, dari iklan tersebut, tercatat puluhan juta penonton menonton iklan ini.

Anda pun bisa melakukannya, lakukan promosi yang unik agar orang - orang penasaran dengan usaha laundy anda. Anda bisa mencoba menggratiskan jasa anda terlebih dahulu, atau bisa juga memberi kupon undian atau bisa juga anda menantang para calon pelanggan anda dengan adu kebersihan. Semua itu bisa anda lakukan tergantung kreatifitas anda.

Agar sukses dalam berbisnis ingat satu kalimat penting ini
Untuk sukses, bukan masalah besar kecilnya usaha. Yang terpenting adalah bagaimana anda mengelola bisnis anda dengan cara - cara yang luar biasa dengan pikiran - pikiran yang besar dalam menghadapi segala kemungkinan

Analisa Usaha Rumahan Laundry

Anda mungkin akan bertanya - tanya, berapa modal yang saya perlukan untuk memulai bisnis rumahan ini? berapa keuntungan dan berapa pengeluarannya. Baiklah, untuk membantu anda agar anda bisa memutuskannya berikut ini akan saya beri analisa usaha laundry secara sederhana

Kita misalkan tiap hari anda dapat menerima baju 45 kg perhari maka untuk satu bulan anda mendapatkan omzet kotor :

45 x Rp. 5.000 x 30 hari = Rp. 6, 750.000,-

Catatan : harga umum per Kg adalah Rp. 5.000. Harga pakaian bervariasi tergantung jenis kain seperti levis, seprai atau korden.

Dengan rincian biaya operasional,
  1. Biaya listrik                                             : Rp    300.000
  2. Penyetrika per kilo Rp 1000 x 1350kg        : Rp 1.400.000
  3. Detergen dan pewangi                              : Rp    700.000
  4. Karyawan cuci                                         : Rp    700.000
  5. dll                                                           : Rp    150.000
    Total                                                             : Rp 3.200.000
    Penghasilan Bersih   Omset Rp 6.750.000 - Rp 3.200.00     : Rp 3.500.000

 Lumayan bukan?

Biaya diatas belum termasuk biaya tetap. Saya tidak memasukan modal tetap karena itu diluar hitungan bulanan. 

Agar anda bisa sukses, perhatikan hal berikut ini.
1. Pemilihan lokasi
Jika anda memiliki modal cukup untuk menyewa tempat, lakukan pemilihan tempat usaha yang strategis. Lokasi paling strategis untuk usaha rumahan ini adalah di sekitar kampus, koes - kostan, area rumah kontrakan dan area perumahan.

2. Mesin Cuci
Jangan sembarangan memilih mesin cuci. Karena biar bagaimanapun, mesin cuci merupakan perangkat utama usaha rumahan laundry. Jika laundry anda jelek, ditakutkan usaha anda akan merugi karena pelanggan kecewa atas hasil cuci anda.

3. Berikan Bonus
Untuk mengapresiasi dan sebagai tanda terima kasih, berikan bonus untuk pelanggan anda yang setia. Berikanlah THR atau hadiah bentuk sederhana untuk menghargai mereka. Dengan begitu anda akan menjalin hubungan yang kuat antara konsumen dan pemilik bisnis.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk memulai bisnis usaha rumahan ini? 

Semoga artikel Usaha Rumahan Laundry Kiloan yang Menjanjikan Untung Besar bermanfaat untuk anda. Salam sukses dan bermanfaat.