4 Kesalahan Fatal Menyebabkan Kegagalan dan Kebangkrutan

Melanjutkan postingan saya tentang tips memulai bisnis rumahan, kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai kesalahan - kesalahan fatal yang membuat anda gagal dalam menjalankan bisnis rumahan. Diakui atau tidak, bisnis merupakan satu bidang kehidupan yang sangat strategis, bahkan bisnis atau wirausaha menjadi satu indikator penting yang menentukan kemakmuran atau kesejahteraan suatu negara.

penyebab kegagalan bisnis rumahan
ecampsiana.com

Indonesia sampai saat ini masih sangat kekurangan unit usaha kecil, menengah maupun skala besar. Akibatnya tentu menjadikan banyak sekali pengangguran serta terjadi lah kurva philips, inflasi tinggi, pengangguran membesar sehingga upah menjadi kecil dan tentu berimbas kepada rendahnya kesejahteraan masyarakat. Sebenarnya tidak sedikit orang yang memulai usaha namun jarang dari mereka yang kemudian berhasil menjadikan bisnis mereka menjadi bisnis berskala besar atau meinimal dapat menampung karyawan.

Seperti di lansir oleh Small Business Association (SBA), 30 persen dari bisnis baru yang gagal dalam dua tahun pertamanya setelah dibuka, 50 % dalam 5 tahun pertama, dan 66 % selama 10 tahun pertama. Hanya seperempat dari jumlah tersebut atau sekitar 25 % yang mempu bertahan dalam kurun waktu 15 tahun pertama dan seterusnya. Lebih extrem  lagi salah satu pakar ekonomi mengatakan bahwa 80 % usaha mengalami kegagalan dalam 2 tahun pertama  dan sisanya setelah 2 tahun.

Dari data di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa pada masa - masa awal memulai bisnis merupakan awal penting yang akan menentukan bagaimana perjalanan bisnis rumahan anda berikutnya. Untuk itulah, ada baiknya anda membaca artikel TIPS MEMULAI BISNIS RUMAHAN yang telah saya terbitkan sebelum thread ini.

Nah, untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan dalam bisnis anda. Maka, akan sangat dianjurkan bagi siapapun yang ingin berbisnis rumahan untuk dapat mengatahui dan menghindari 4 kesalahan fatal dalam menjalankan bisnis rumahan berikut ini :

1. Salah Memilih Bisnis rumahan
Ada banyak pemula bisnis yang menentukan satu jenis bisnis rumahan berdasarkan kepada iming - iming untung besar atau sekedar yang sedang trend tanpa mempertimbangkan hal yang telah saya tulis di dalam artikel tips memilih bisnis rumahan yang tepat, jika anda belum membacanya saya sarankan untuk membacanya.

Jika kita hanya mendasarkan jenis bisnis rumahan berdasarkan iming - iming tersebut, yang terjadi adalah kita akan terlalu berfokus pada keuntungan. kemudian ketika ada jenis usaha rumahan lain yang lebih besar keuntungannya anda akan berpindah. Lebih parah lagi jika bisnis rumahan yang anda jalankan ternyata tidak anda pahami dan anda tidak anda suka. Akan ada banyak kendala dan anda akan cepat menyerah.

2. Berpindah - Pindah jenis bisnis rumahan
Ini sangat sering terjadi, kita seringkali merubah arah bisnis kita hanya karena trend atau iming - iming lain. Bukan berarti anda tidak boleh menyesuaikan dengan trend perkembangan jaman. Yang saya maksudkan adalah, anda harus mempertimbangkan segala sesuatunya ketika anda ingin beralih dari satu jenis bisnis ke ide bisnis lain.
sebab kegagalan bisnis rumahan

kebanyakan karena tidak puas dengan keuntungan yang di dapat, kemudian ada satu jenis bisnis baru yang tenar kemudian pebisnis tersebut berpindah ke jenis bisnis lain. Selalu seperti ini sehingga kemampuan berbisnis tidak dapat terpupuk dengan baik. Untuk itu, jalankan usaha anda kemudian fokus, jalankan dengan satu tujuan yang mantap dan tidak ada hasil yang instan. Maka tetapkan pada satu jenis bisnis dulu hingga benar benar bisnis baru kemudian anda mulai melirik bisnis lain.

3. Terlalu Cepat Puas
Alih - alih anda ingin merayakan hasil kerja anda, anda kemudian membeli barang - barang mewah. Anda telah puas dengan usaha anda sehingga anda kemudian melupakan sisi pengembangan bisnisnya. Ini sangat umum dan merupakan penyakit yang banyak menjalar di masyarakat Indonesia. 

Contoh kasus, ada salah satu pengusaha yang sudah mulai berhasil. Bukannya mengembangkan tapi yang terjadi justru malah membeli barang - barang mewah seperti motor, HP bahkan mobil. Orang - orang cina sana, Mereka tidak akan membeli barang mewah sebelum mereka benar - benar menjadikan bisnis mereka menjadi bisnis besar. Ini perumpamaan dari mereka
Saya tidak akan membeli satupun motor meskipun saya mampu sebelum saya mampu membeli motor sepuluh
Maksudnya, meskipun hasil dari bisnis bisa untuk membeli satu buah motor, Jangan langsung membeli motor kecuali jika anda benar - benar membutuhkannya. Jika belum, maka tundalah dan investasikan untuk mengembangkan usaha anda. Jika penghasilan anda telah mencapai puluhan kali lipat baru anda boleh membeli barang yang anda suka. Ini tentang kesabaran yang harus anda lakukan.

4. Tidak mau Belajar
kegagalan bisnis rumahanMerasa sudah cukup sukses dengan cara yang anda pakai, kemudian anda lupa bahwa perkembangan jaman terus saja berubah. Ada banyak ilmu dan cara - cara baru yang sanat baik untuk pengembangan bisnis. Ketika anda lengah, ada banyak pengusaha yang menjalankan bisnis mereka dari nol namun dengan cara - cara baru yang lebih baik. maka anda akan di salip dan dikalahkan oleh mereka.

Untuk itu, ada baiknya jika anda terus belajar serta mengembangkan ilmu anda agar lebih baik. bacalah buku, lihatlah berita nasional, pelajari teknik - teknik baru dan kuasai ilmu - ilmu pendukung bisnis anda. Jika anda bisa melakukannya anda akan menjadi ahli bisnis yang dapat mengembangkan segala jenis bisnis rumahan yang anda inginkan.

Saya kira demikian artikel 4 Kesalahan Fatal Dalam Menjalankan Bisnis Rumahan yang semoga bermanfaat untuk menghindarkan anda dari kegagalan dalam bisnis rumahan anda. Terima kasih atas kunjungan anda dan salam sukses bermanfaat.