Macam Usaha Rumahan menguntungkan di Pedesaan

Usaha Rumahan ~ Menjadi salah satu hal menarik ketika kita membahas masalah peluang usaha di desa. Daerah pedesaan acapkali dianggap tidak bisa membuat seseorang kaya sehingga seringkali para penduduk kemudian melakukan migrasi ke kota - kota besar seperti Jakarta, bandung dan lainnya. Saya tidak akan menyinggung masalah migrasi penduduk tersebut, namun yang akan kita bahas adalah Benarkah Kita Tidak Dapat Meraih Kesuksesan Di desa?

Macam Usaha Rumahan menguntungkan di Pedesaan


Ada banyak sumber daya alam sebenarnya yang bisa dimanfaatkan oleh para warga khususnya di desa. Warga di pedesaan seringkali menggantungkan hidupnya dengan bertani, berkebun atau beternak. Dengan sumber daya yang anda, seharusnya orang - orang khususnya pemuda dapat lebih kreatif dalam berwirausaha sehingga hidupnya berkecukupan dan salah satunya adalah dengan melakukan usaha rumahan.

Oke, untuk anda yang masih berada di pedesaan dan mungkin ingin berjuang meningkatkan kesejahteraan di desa, mungkin ada beberapa  Ide usaha rumahan menguntungkan di pedesaan di antaranya :

1. Budidaya Tanaman Hias
Setiap pemilik rumah pasti ingin agar rumahnya tampak indah dan asri. Dengan keadaan alam di desa anda, anda bisa membantu para pemilik rumah untuk menghias rumah mereka dengan tanaman hias. Jika daerah anda berada di dataran rendah dengan didukung kemudahan sumber daya air serta curah hujan yang lumayan. Ada baiknya anda mencoba untuk membudidayakan tanaman hias.

Ada banyak tanaman hias yang dapat anda budidayakan seperti Anggrek, Kaktus, Dll. Adalah Aziz Widayanto seorang petani anggrek yang sukses mendapatkan keuntungan puluhan juta perbulan di daerah wonogiri dan anda pun bisa sukses dengan menjalankan usaha rumahan tanaman hias di desa anda.

2. Budidaya Ikan Lele
Salah satu ikan yang paling di gemari oleh masyarakat Indonesia adalah ikan lele. Ikan lele menjadi salahs tu komoditas di bidang perikanan yang paling laku karena selain dagingnya yang empuk serta tingginya nilai gizi membuat ikan lele banyak sekali permintaan baik di dalam kota maupun di luar kota. Untuk anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, mungkin ada baiknya jika anda mencoba berbisnis usaha rumahan budidaya ikan lele.

Jika anda memiliki modal yang minim, anda bisa mencoba menjalankan bisnis usaha rumahan anda dengan menggunakan terpal serta memulainya dari ukuran lele 12, 23, atau 46. Keuntungannya bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulannya namun tentu usaha ini butuh ketelatenan yang luar biasa.

3. Budidaya Ikan Gurami
Sama halnya dengan ikan lele, Ikan gurami juga merupakan salah satu ikan yang banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia dan bahkan luar negeri. Data statistik menunjukan bahwa ikan gurami menempati urutan ke lima dari daftar ikan yang paling banyak di konsumsi di indonesia dengan jumlah permintaan tak kurang 48.900.Ton ( sumber : http://www.djpb.kkp.go.id/ ). Dengan progress ini maka akan sangat bagus jika anda ikut dalam usaha ini karena jumlah permintaan ikan gurami sampai saat ini belum terpenuhi.

Selengkapnya tentang usaha rumahan ini silahkan anda lihat di sini.

Demikianlah artikel tentang macam Usaha Rumahan di pedesaan yang semoga bermanfaat untuk anda. Silahkan klik artikel dibawah ini untuk mendapatkan banyak ide bisnis dan analisa usaha bisnis rumahan yang lengkap :