Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Belut yang menguntungkan

Peluang bisnis rumahan budidaya belut meruapakan salah satu diantara peluang usaha yang kini mulai dijalankan oleh masyarakat di Indonesia.Meskipun tidak begitu terkenal seperti budidaya ikan gurami dan ikan lele, namun budidaya belut nyatanya sangat menjanjikan terlebih dengan jumlah pasokan belut yang masih belum bisa memenuhi jumlah permintaan belut.

Peluang bisnis rumahan ini tidak terlalu terkenal karena memang faktor kesulitan. Untuk membudidayakan belut, faktor suhu sangat menentukan kesuksesan budidaya ini, suhu yang dingin berkisar antara 16 - 22 derajat celcius kurang baik untuk belut. Laju pertumbuhan akan menjadi lambat. Selain itu, ketinggian ideal usaha budidaya ini juga berkisar di ketinggian 200 - 600 mdpl atau tepatnya lagi 400 mdpl dengan PH tanah netral atau 6-7 PH.

peluang bisnis rumahan

Pemilihan lokasi sangat menentukan keberhasilan usaha ini. Pasokan air bersih tidak boleh telat, pasokan air bersih yang kurang lancar baik di musim hujan atau musim kemarau akan menjadikan belut tidak dapat berkembang biak dengan baik bahkan mengalami kematian. Untuk itu, sebelum memulai usaha ini silahkan anda pastikan apakah daerah anda tepat untuk usaha ini?

Analisa usaha Rumahan Budidaya Belut

Dalam perkembangannya, budidaya belut mulai di kembangkan sekitar tahun 1979 dan berkembang hingga saat ini. Meskipun awalnya belut dianggap hama di sawah karena merusak habitat padi serta memakan udang atau ikan di tambak, namun kini belut menjadi salah satu primadona perikanan yang sangat menguntungkan. disamping rasanya yang lezat ternyata belut banyak mengandung protein dan bahkan di negara negara seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong dan Taiwan, dimana belut diyakini sebagai sumber makanan berprotein tinggi yang dapat membangkitkan stamina tubuh.


Biasanya, belut yang dipesan oleh negara – negara tersebut adalah belut segar (fresh eels ), belut beku ( frozen eels ) dan belut asap ( smoked eels ). Permintaan belut segar dan hidup pada tahun ini di sejumlah negara – negara Asia sebanyak 60 ton per hari, akan tetapi pada saat ini hanya dapat terpenuhi sebanyak 5 ton saja per harinya dari 3 eksportir belut yang ada di Indonesia. benar - benar sangat menjanjikan dengan peluang pasar yang masih terbuka lebar
Belut yang banyak mengandung protein sebagai salah satu sumber gizi yang baik untuk anak – anak hingga orang dewasa. Saat ini pemasaran belut hasil peternakan banyak di pasrkan di pasar – pasar tradisional hingga supermaket. perlu diketahui juga bahwa harga belut sangat bagus baik untuk pasar lokal maupun ekspor. Harga belut saat ini untuk pasar lokal berkisar antara Rp. 24.000 — Rp. 29.000 / Kg. Sedangkan untuk pasar ekspor , harga belut sangat bagus yakni berkisar 6 – 10 Dollar Amerika / Kg.
Berikut analisa keuangan usaha rumahan budidaya belut 
1. Biaya Produksi
a. Pembuatan kolam tanah 3 x 3 x 1 HOK @ Rp.7.000,- Rp. 28.000,-
b. Bibit 3.000 ekor x @ Rp. 750,- Rp. 225.000,-
c. Makanan tambahan (daging kelinci 3 ekor) @ Rp.15.000,-Rp. 45.000,-
d. Lain-lain Rp. 30.000,-
Jumlah Biaya Produksi Rp. 328.000,-
2. Pendapatan: 3000 ekor = 300 kg x @ Rp. 2.500,- Rp. 750.000,-
3. Keuntungan Rp. 422.000,-
4. Parameter Kelayakan Usaha 2,28

Mengingat dan menimbang berbagai penuturan diatas, peluang bisnis rumahan budidaya belut masih sangat terbuka lebar untuk anda. Untuk itu, anda bisa mempertimbangkan bisnis rumahan yang satu ini. Mungkin saja akan cocok untuk anda. Untuk cara pemijahan dan cara pendederan hingga sampai masa panen dapat anda baca di situs di banyak pencarian google.
Semoga artikel Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Belut yang menguntungkan dapat memberikan anda gambaran yang jelas tentang peluang bisnis rumahan budidaya belut. Terima kasih atas kunjungan anda.