Peluang Bisnis Rumahan Usaha Catering Untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis Rumahan ~ Usaha catering mungkin bukanlah jenis bisnis baru yang ada di Indonesia. Namun usaha ini masih jarang di lakukan di Indonesia karena terkesan ribet dan membutuhkan modal besar padahal untuk memulai peluang usaha catering tidak harus menggunakan modal besar serta belum tentu sulit untuk di lakukan. Yang harus di lakukan hanyalah tekun terhadap bidang usaha yang di jalani baik sebagai usaha utama yang nantinya akan kita jadikan Usaha Kecil Menengah ( UKM ) maupun usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

peluang usaha kuliner


Bagi anda yang belum paham, usaha kuliner merupakan jenis bisnis rumahan yang keuntungannya bisa mencapai 100 % dari keseluruhan modal. Sehingga bisnis kuliner dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis yang paling menguntungkan termasuk juga usaha catering. Dulu, usaha catering tidak begitu di minati karena belum banyak yang menggunakannya, namun seiring perkembangan jaman, masyarakat kini sudah mulai enggan memasak sendiri untuk kegiatan hajatan dan lebih memilih untuk menggunakan jasa catering untuk memenuhi kebutuhan makanan hajatan dan ini merupakan peluang bisnis rumahan yang sangat potensial.

Di lain pihak usaha catering dapat kita diversivikasi dengan membuka usaha jasa sewa tarub dan perlengkapan hajatan namun tentu membutuhkan modal besar, untuk itulah anda harus mempertimbangkan masak - masak jika ingin sekalian membuka usaha jasa sewa tarub. Jika anda ingin membuka usaha jasa sewa tarub anda bisa mengawalinya dengan bekerja sama dengan pemilik jasa sewa tarub. Dan pasti anda akan mendapatkan komisi dari pemiliki tarub.

Untuk memudahkan dan meyakinkan anda, saya akan menjelaskan satu artikel tentang bisnis rumahan usaha catering secara lengkap untuk anda khususnya ibu rumah tangga.

Tahap persiapan
Dalam tahapan persiapan, anda dituntut untuk menentukan seberapa besar skala usaha anda yang anda sesuaikan dengan kekuatan anda. Apakah catering untuk skala hajatan keluarga, hajatan besar seperti pernikahan hingga acara peringatan - peringatan kantor. Selain itu, pembelian alat - alat masak bisa anda sesuaikan juga dengan dana anda, bisa anda gunakan peralatan yang telah ada dahulu yang biasa anda gunakan untuk masak.

Tahapan Promosi
Pada tahapan ini anda bisa melakukan promosi dengan menginformasikan dari mulut ke mulut atau bisa dengan menyebarkan brosur. Anda bisa juga melakukan trik bonus kepada siapapun yang merekomendasikan catering anda hingga menjadi kontrak jadi. Jangan sungkan pula untuk mengumumkannya di acara - acara keluarga, arisan atau kegiatan lain.

Tahap Pelaksanaan
Pesanan pertama menentukan masa depan bisnis anda. 
Masakan pertama anda yang dipesan oleh orang merupakan kunci anda untuk mendapatkan promosi secara gratis. Pahami bahwa ketika masakan anda berhasil menarik hati si pemesan serta di dukung dengan pelayanan yang baik maka tanpa anda perintah orang tersebut akan merekomendasikan catering anda kepada orang lain. Jadi selalu jaga kualitas masakan dan pelayanan anda termasuk kebersihan makanan.

Pisahkan uang pribadi anda dengan uang modal dan jangan langsung anda nikmati hasil dari catering anda. Lakukan investasi secara berkala dari hasil bisnis rumahan anda untuk mengembangkan bisnis rumahan anda agar bisnis rumahan anda bisa semakin besar. 

Selanjutanya, pengembangan bisnis rumahan anda bisa anda lakukan dengan menambah jenis masakan. Menambah perlengkapan seperti piring, nampan, dan seperangkat peralatan yang biasa di gunakan pada acara hajatan termasuk tarub dan soundsystem. Jika anda bisa mengelolanya dengan baik maka bisnis rumahan anda akan segera berkembang.

Lakukan inovasi dengan mencoba resep baru, temukan masakan unik anda agar orang selalu mengingat masakan anda.

Saya kira hanya itu yang bisa saya sampaikan dalam artikel Bisnis Rumahan Usaha Catering Untuk Ibu Rumah Tangga semoga ada manfaatnya.