Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Ikan Sidat

Peluang Bisnis Rumahan | bisnis rumahan memang bisa dijalankan dengan berbagai macam jenis dan bidang. Dari mulai perikanan, peternakan, pertanian hingga perdagangan bahkan ekspor dan impor. Dengan banyaknya peluang bisnsi yang ada, maka seharusnya kita bisa menjalankan peluang usaha yang sekiranya cocok untuk kita serta menghasilkan banyak uang untuk kita.

Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Ikan Sidat
sidatcelebes.blogspot.com


Pada kesempatan ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai satu ide peluang bisnis rumahan yang cukup potensial yaitu budidaya ikan sidat. 

Ikan sidat merupakan jenis ikan berlendir yang menyerupai ular. Bentuknya memanjang seprti ular dan belut dengan panjang bisa mencapai 6 meter. Ikan sidat memiliki kandungan gizi yang tinggi dengan rasa daging yang lezat sehingga banyak disajikan di berbagai restoran khususnya restoran jepang. Makanan olahan dari ikan sidat biasanya disebut unagi. Makanan olahan ini memiliki harga yang fantastis bisa mencapai RP. 400.000 / porsi.

Untuk permintaan ikan sidat di pasar internasional tiap tahunnya sebesar 300.000 ton per tahun dengan jepang menempati urutan pertama sebagai konsumen ikan sidat terbesar didunia dengan angka hingga 150.000 ton pertahun. Dan ini tentu menjadi salah satu peluang bisnis rumahan yang sangat potensial karena tingginya permintaan dari negara sakura tersebut. Permintaan ikan sidat sebenarnya bukan saja berasal dari jepang, negara - negara seperti china, taiwan, hongkong dan korea merupakan beberapa negara yang memiliki jumlah konsumen terbesar ikan sidat di dunia.

Di lain kesmpatan, Di indonesia juga tak kalah besar peluangnya karena dengan banyaknya restauran jepang yang ada di Indonesia maka permintaan akan ikan sidat semakin meningkat dan sampai sekarang belum terpenuhi jumlahnya. Sehingga kesempatan untuk mendulang rupiah dari peluang bisnis rumahan ini masih sangat terbuka lebar.

Secara umum, harga ikan sidat masih belum terjangkau untuk masyarakat kebanyakan karena harga perkilogramnya  mencapai Rp. 300.000 - Rp.  600.000 / kg. Harga yang cukup mahal tentunya untuk saku orang Indonesia namun justru sangat menguntungkan karena dengan harga yang tinggi maka keuntungan dari bisnis rumahan ini akan semakin tinggi.

Namun demikian, kendala yang biasanya terjadi pada peluang bisnis rumahan ini adalah karena belum adanya teknologi yang dapat membudidayakan ikan sidat khusunya pada tahap pembenihan. Secara biologis, cara hidup ikan sidat memang unik, ikan sidat lahir di laut namun besar di air tawar sehingga orang - orang masih kesulitan untuk mendapatkan benih.

Selama ini, benih ikan sidat diperoleh dari tangkapan yang berasal dari alam sehingga jumlahnya belum banyak sehingga bisnis rumahan jenis ini masih sangat terbatas. Kota - kota di Indonesia yang menyediakan benih ikan sidat adalah cilacap. bandung dll. Namun jika anda tertarik untuk menjalankan Peluang bisnis rumahan budidaya ikan sidat maka anda bisa mencarinya di internet.

Analisa Bisnis Rumahan Budidaya ikan sidat
Modal Tetap
Kolam terpal sebanyak 5 buah @200ribu. = Rp. 1.000.000
Selang 30 M                                             = Rp. 75.000,-
Alat pemompa aliran air ( Aerator ) 5 buah= Rp. 500.000

Biaya Operasional
Bibit 160 ekor                                          = Rp. 2.000.000
Pakan                                                      = Rp. 600.000
Obat - obatan                                          = Rp. 200.000

Total                                                        = 2.800.000,-

III. Pendapatan : 160 ekor 0,9 (SR 90%) @Rp. 60.000/ekor         : Rp. 8.640.000
Keuntungan penen pertama : Rp 8.640.000 - 500.000 - 2.800.000 : Rp 5.340.000,-
keuntungan setelah panen pertama ( biaya modal tetap tidak dihitung)
Rp. 8.640.000 - 2.800.000 = 5.760.000,-

Lumayan besar keuntungan bisnis rumahan ini bukan?


Demikianlah artikel Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Ikan Sidat semoga bermanfaat untuk anda dan terima kasih atas kunjungan anda.