Cara Jitu Mendapatkan Peluang Usaha atau Ide Bisnis

Peluang usaha | Seringkali kita merasa bingung jika harus memilih peluang usaha yang sekiranya tepat untuk kita. Ada banyak ide bisnis yang sebenarnya dapat kita lakukan namun kemudian karena beberapa hal kita merasa tidak ada ide bisnis yang tepat  untuk kita jalankan.. Beberapa pertimbangan yang kemudian menjadi sebab kebingungan tersebut adalah :

  • Saya tidak punya kemampuan di bidang tersebut.
Keahlian memang penting dan tidak semua orang memiliki keahlian yang sama, namun keahlian tersebut dapat di pelajarii. Ketika anda melihat bahwa berdagang bukanlah keahlian anda, maka anda benar, namun anda lupa, berdagang itu dapat di pelajari. 

memilih peluang usaha

Ada beberapa keahlian memang yang kadang sangat sulit di pelajari, jenis keahlian ini biasanya berkaitan dengan seni. Namun selain itu, bisnis dapat di pelajari. Usahakan memang harus sesuai dengan keahlian agar anda memiliki modal pengetahuan yang cukup untuk menjalankan bisnis anda. Jika anda masih bingung tentang apa keahlian anda, cobalah memilih dari apa yang anda sukai.
  • Lokasi saya tidak mendukung peluang usaha tersebut
Anda berada di daerah pedesaan yang masih buta akan internet kemudian anda mencoba membuka usaha warnet. Karena mahalnya harga langganan internet serta sinyal yang sukses maka anda bisa beralasan bahwa bisnis warnet tidak cocok untuk daerah ini. JIka memang demikian, carilah daerah yang memang strategis sesuai dengan peluang bisnis anda. Pemilihan lokasi bisa sangat penting untuk beberapa jenis bisnis.
  • Saya tidak suka bisnis seperti itu
Jika sudah tidak suka, lebih baik jangan di kerjakan. Hal pertama yang harus anda lakukan agar anda sukses baik di bisnis maupun di dunia kerja adalah menyukai apa yang anda lakukan. Itulah kuncinya. Cintailah pekerjaan anda.
  • Saya tidak punya modal
Modal memang penting, namun tidak berarti bahwa bisnis yang sukses selalu diawali dengan modal yang besar. peluang usaha apapun, ditopang modal sebesar apapun, jika tidak dikelola dengan manajemen bisnis yang tepat maka hasilnya akan kurang memuaskan bahkan bisa jadi anda akan hancur.

Di dalam blog ini ada banyak peluang usaha yang menggunakan modal kecil bahkan ada pula yang tanpa modal uang hanya berbekal modal tenaga dan keahlian. Jika anda masih bingung juga, anda bisa mengajukan proposal usaha untuk mendapatkan investor untuk peluang bisnis anda.

Setiap peluang usaha selalu saja memberikan anda kemungkinan untuk gagal dan berhasil. Ketika ada  orang lain yang dapat berhasil karena satu ide bisnis tertentu, maka ide bisnis tersebut juga dapat membuat anda sukses. 

lalu bagaimana cara mendapatkan ide bisnis atau peluang usaha yang cocok untuk saya?

1. Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan anda.
Susunlah dalam satu kertas kosong daftar kelebihan anda. Misalkan
Kelebihan dan Keahlian
- Saya ahli dalam negosiasi
- Saya ahli komputer
- Banyak yang mengatakan makanan saya enak
- Saya juga ahli dalam menerangkan sesuatu
- Saya ahli dalam menulis puisi
- Saya ahli dalam menulis artikel dll.

Kekurangan
- Saya tidak ahli dalam menghitung
- Saya terkadang pemalu
- Saya tidak paham masalah programing

Daftar kelebihan dan kekurangan dapat anda sesuaikan dengan kondisi anda.


2. Buat daftar kesukaan
Cobalah anda kenali diri anda, apa saja yang anda suka. Agar bisnis dapat berjalan lancar dan mendapatkan perkembangan yang signifikan. Anda harus memiliki kecintaan pada apa yang akan atau sedang anda lakukan.

Dari daftar kesukaan anda, kemudian anda hubungkan dengan daftar kelebihan dan kekurangan anda.

Misalkan anda suka mengajar sementara anda memiliki kelebihan dalam menerangkan sesuatu, komunikatif dan anda pintar merangkai kata serta anda memiliki keahlian dalam mata pelajaran bahasa inggris. Maka bisnis bimbingan belajar akan sangat bagus untuk anda.

Mungkin anda akan mendapatkan beberapa ide bisnis, kemudian anda lihat bagaimana potensi pasar sekarang. Bagaimana persaingannya, bagaimana kondisi masyarakatnya, berapa modal yang di butuhkan dan sebagainya. Setalah itu anda akan mendapatkan satu ide bisnis yang benar - benar cocok untuk anda sesuai dengan keahlian anda, kesukaan anda, modal anda, kondisi masyarakat anda serta persaingan yang masih dapat ditembus.

Dengan melakukan langkah - langkah di atas, Saya yakin anda akan segera sukses dalam bisnis anda.


Demikian artikel Cara Jitu Mendapatkan Peluang Usaha atau Ide Bisnis semoga dapat membantu anda dalam menentukan ide bisnis yang tepat untuk anda jalankan.