Cara Melunasi Hutang Bisnis Untuk Mencapai Kaya Sejati

Seorang pebisnis biasanya akan akrab dengan hutang, jika anda adalah pengausaha sejati pasti anda pernah mengalami yang namanya berhutang untuk menambah modal usaha atau untuk membangun satu usaha baru. Kenyataannya, banyak sekali para pebisnis yang kemudian lupa bahwa ketika melakukan pinjaman ada bunga yang harus di bayar dengan konskuensi pembengkakan anggaran selain itu, bisnis itu selalu memiliki dua sisi, berhasil atau gagal, kadang untung kadang rugi. Sehingga kemudian bisa saja kita terlilit hutang dan sudah untuk melunasinya, apakah anda seperti itu? tenang, baca artikel ini sampai selesai.
cara melunasi hutang

Melunasi Hutang Bukan Dengan Mendapatkan Uang Yang Banyak
Mungkin anda berpandangan bahwa, satu - satunya jalan untuk dapat melunasi hutang adalah dengan memiliki uang yang banyak, nyatanya, ketika kita memiliki banyak uang, belum tentu hutang terbayarkan. kenapa? semakin banyak uang kita tergoda untuk membeli berbagai barang hingga malas untuk membayar hutang. Kita merasa sayang jika uang yang kita dapatkan kita bayar untuk melunasi hutang. Disadari atau tidak ini sering terjadi.

APa buktinya?

Seorang ayah yang memiliki anak yang merupakan seorang murid SMP memiliki tunggakan sekolah. Sang ayah beralasan bahwa dia tidak punya uang sebanyak Rp. 100.000,-. Padahal, sang ayah adalah perokok sejati, satu hari habis 1 bungkus  dengan harga perbungkus 10rb. Mari kita hitung - hitung berapa biaya untuk rokok? 1 bulan 30 hari, 1 hari 1 bungkus dan berari 1 hari 11 ribu dengan total uang untuk rokok sebesar 330 ribu. Dan itu sangat cukup untuk melunasi hutang nya di sekolah.

Namun demikian, banyak sekali orangtua yang kemudian berpandangan salah yang lebih mengutamakan rokok daripada pendidikan anaknya. Dan mungkin saya juga termasuk yang seperti itu. 

Disini saya tidak ingin membahas masalah rokok, boleh atau tidakanya, karena saya juga seorang perokok dan saya belum menikah.Kisah diatas hanya sebagai ilustrasi bahwa dalam melunasi hutang bukan hanya soal punya uang atau tidak tapi lebih kepada soal niat. Ketika anda sudah berniat dengan tekad yang tulus, kuat dan yakin, maka anda akan melakukan apa saja untuk melunasi hutang anda. 

Coba anda pikirkan lagi, apa yang bisa dihemat dari kehidupan anda? Jika anda memiliki mobil, cobalah jual itu mobil kemudian ganti dengan motor, jika anda memiliki HP bagus, cobalah ganti dengan HP biasa yang sederhana yang terpenting tidak mengganggu aktifitas bisnis. Namun kenyataannya, kita merasa sayang bukan untuk melepas barang mewah tersebut?

Inilah salah satu karakter pebisnis yang harus anda miliki 
Anda harus tahu mana yang anda butuhkan dan mana yang anda inginkan

So jika anda ingin segera melunasi hutang - hutang anda, cobalah tanyakan kepada diri anda sendiri, seberapa besar tekad anda untuk melunasi hutang anda? Ingat NIAT lebih utama. Dalam islam sendiri, barangsiapa yang mampu membayar hutang namun tidak membayarnya, maka waktu antara dia mampu membayar hutang namun tidak membayar sampai dia membayarnya terhitung dalam waktu - waktu yang penuh dosa. ( Syarah Safinah )

Sebaliknya, orang yang berjuang untuk melunasi hutang, dalam islam tercatat sebagai orang yang sedang berjihad di jalan Tuhannya. 

Di dalam kristen pun telah disebutkan yang tidak jauh berbeda.

Untuk itulah, sebelum anda melakukan apapun untuk melunasi hutang anda. Tanyakan kepada diri anda sendiri, Seberapa besar keinginan anda untuk bebas dari hutang sehingga anda bebas dari tuntutan yang menghantui anda?

Artikel cara melunasi hutang bisnis bersambung, akan saya bentuk menjadi beberapa bagian.
Baca juga : Kumpulan ide bisnis rumahan

Semoga bermanfaat.