Contoh Surat Bisnis perjanjian jual beli

Contoh Surat Bisnis | Saya yakin anda tidak akan kesulitan untuk memahami apa itu surat, secara sederhana surat merupakan media komunikasi baik antar perorangan, lembaga maupun instansi untuk menyampaikan pesan - pesan dari sanga pemberi pesan ( sender ) kepada si penerima pesan ( wikipedia ). Semenatara itu, pengertian surat bisnis seperti yang saya ambil dari situs google books didapat satu pengertian sura yang di gunakan oleh seseorang, lembaga organisasi, atau institusi untuk menyampaikan pesan - pesan penting dalam hal ini yang berkaitan dengan bisnis secara tertulis.

surat bisnis jual beli

Bagi anda, surat bisnis sebenarnya sudah umum, seperti penawaran barang, pemesanan barang, Invoice dsb. Namun, bagi anda yang masih awam mungkin saja masih kesulitan untuk membuat contoh surat bisnis yang baik dan benar secara mudah dan ringkas. Untuk itulah, saya akan memberikan beberapa contoh surat bisnis yang dapat anda jadikan sebagai pedoman dalam membuat surat bisnis anda.

Adapun contoh yang ingin saya ketengahkan kepada anda adalah contoh surat bisnis perjanjian jual beli baik secara tunai secara keseluruhan maupun dengan model bayar DP dengan sisa pembayaran yang akan dibayarkan sesuai dengan kesepakatan. Dalam hal ini, contoh surat pernjanjian jual beli sangat penting karena untu menghindari hal - hal yang tidak di inginkan terlebih jika pembayar di lakukan dengan cara bertahap.

Dalam menyusun 

contoh surat bisnis perjanjian jual beli

perlu anda perhatikan kaidah - kaidah berikut ini :
1. Gunakan Bahasa Baku
Dalam menggunakan bahasa, gunakan kata kata sesuai denga EYD atau tata bahasa Indonesia yang baku. jangan Bertele - tele karena isi dari surat perjanjian jual beli akan banyak sekali sehingga jangan sampai isinya terlalu bertele - tele. Singkat padat dan jelas.

2. Buat Sedetail mungkin
Untuk menghindari pertikaian yang tidak di inginkan. Buatlah contoh surat pernjanjian jual beli anda sedetail mungkin mulai dari jenis barang, nomer plat ( jika jenis barang adalah kendaraan bermotor ) atau jika anda menjual tanah maka kemukaan kondisi lahan tersebut mulai dari lokasi, luas lahan, status lahan dsb.

3. Carilah Saksi yang kompeten
Dalm perjanjian jual beli, nantinya akan membutuhkan saksi - saksi, untuk itu, carilah saksi - saksi yang kompeten yang nantinya dapat menjadi penengah apabila terjadi perselisihan setelah sura bisnis di buat.
Berikut ini saya berikan contoh surat bisnis perjanjian jual beli untuk anda.

PERJANJIAN JUAL BELI ( jenis barang anda )


Perjanjian ini dibuat pada hari ini (tulislah hari, tanggal, bulan, tahun) antara:
1. Nama :
Pekerjaan :
Alamat :
Selanjutnya akan disebut PIHAK PERTAMA.
2. Nama :
Pekerjaan :
Alamat :
Selanjutnya akan disebut PIHAK KEDUA.
Dengan ini menerangkan bahwa PIHAK PERTAMA selaku pemilik sah dari ( jenis barang ) berkehendak untuk menjual kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA berkehendak untuk membeli barang tersebut di atas dari PIHAK PERTAMA berupa:
Sebutkan jenis barang tersebut, lokasi, kondisi barang , dan identitas barang yang penting
Selanjutnya Para Pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian Jual Beli ( barang ) serta dilangsungkan dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan berikut ini:
Pasal 1
HARGA
Jual beli Mobil Ferari A222 tersebut dilakukan dan disetujui oleh kedua belah pihak dengan harga dengan total harga Rp _____ (_____ Rupiah)dengan rincian sebagai berikut:
1. Harga Pajak Mobil Rp _____ (_____ Rupiah).
2. Harga Mobil adalah Rp _____ (_____ Rupiah).
Pasal 2
CARA PEMBAYARAN
1. PIHAK KEDUA membayar sebesar Rp _____ (_____ Rupiah) secara tunai kepada PIHAK PERTAMA, pada saat Perjanjian ini ditandatangani oleh kedua belah pihak, dan Perjanjian ini sebagai tanda terima yang sah.
2. Sisa Mobil Ferari A222 sebesar Rp _____ (_____ Rupiah) harus dibayar oleh PIHAK KEDUA paling lambat _____ (_____) hari sejak surat Perjanjian ini ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Untuk contoh surat bisnis perjanjian jual beli lengkap bisa anda download atau baca di sini

Demikian artikel Contoh Surat Bisnis perjanjian jual beli yang semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih atas kunjungan anda.