Kisah Sukses Bisnis Paling Inspiratif Untuk Wirausahawan

Wirausaha menjadi sebuah sisi kehidupan yang sangat indah jika kita bisa memaknainya dengan benar. Bisnis adalah seni, seni dalam mengelola diri kita sendiri. Bisnis adalah tentang bagaimana mengatur keinginan - keinginan diri, mengendalikan emosi agar mengarah kepada jalur yang benar serta mengelola potensi yang dimiliki dengan menggunakan prinsip hidup yang benar. Bisnis juga adalah tentang keyakinan, tentang kepercayaan bahwa seburuk - buruknya keadaan masih ada jalan untuk mewujudkan harapan dengan langkah perubahan yang disertai dengan sugerti pikiran yang positif.

kisah inspiratif bisnis

Mungkin itulah yang di alami oleh seorang wirausahawan sukses asal Singapura yang bernama Adam Khoo. Adam Khoo, diusianya yang masih 26 tahun telah memiliki perusahaan dengan omzet bulanan $20 juta dari empat perusahaan yang dikelolanya. Silahkan hitung sendiri berapa jumlah uang yang akan didapatkan jika diuangkan dalam rupiah. Namun, ada satu hal menarik dalam kisah beliau, bukan seberapa besar pendapatan yang ia peroleh namun seberapa hebat satu keyakinan mampu merubah seorang " Sampah Menjadi EMAS". Mari simak kisahnya.

Adam Khoo lahir sebagai anak yang kurang pintar. Saat usianya menginjak umur 12 tahun, ia dikenal sebagai anak malas, bodoh, terbelakang, tidak ada harapan untuk sukses serta julukan buruk lainnya. Pada saat beliau duduk dibangku kelas 3 SD, ia harus dikeluarkan dari sekolah karena dianggap tidak becus dalam belajar. Nilai - nilainya selalu saja dibawah standar. Beranjak masuk ke SMP, beliau ditolak di 6 sekolah yang berbeda hingga pada akhirnya ia diterima disekolah terburuk dengan rata - rata siswa adalah kumpulan orang bodoh. Hebatnya, Adam Khoo masuk sepuluh besar peringkat terbawah dari kumpulan anak - anak bodoh tersebut.

Ketika SMP, ia juga masuk sekolah terburuk. Ia termasuk yang paling bodoh bahkan guru matematikanya mengatakan heran karena Adam Khoo yang notebene sudah masuk SMP tidak dapat mengerjakan soal untuk kelas 4 SD. Karena begitu bdodohnya, Adam Khoo dikirimkan ke banyak kursus dan les, tapi hasilnya tetap saja sama. 

Cerita perubahannya dimulai ketika ia dikirim ke Super Teen Program yang saat itu Ernest Wong sebagai pembicaranya. Sebagai catatan Ernest Wong merupakan motivator pengembangan potensi dengan menggunakan NLP atau Neuro Linguistic Program, Accelerated Learning serta Whole Brain Learning. Pada satu kesempatan Ernest Wong mengatakan bahwa " Satu-satunya hal yang bisa menghalangi kita adalah keyakinan yang salah serta sikap yang negative ". Perkataan itu begitu membekas di pikiran Adam Khoo hingga beliau sadar, bukan masalah mampu atau tidak mampu. Ini soal keyakinan, Ia sadar, bahwa keyakinannya telah membentuknya menjadi pribadi yang negatif, ia larut dalam perkataan orang, ia ragu dengan dirinya sendiri.

Dari sini, untuk pertama kalinya beliau berani untuk memasang target serta berusaha untuk mewujudkannya. ia berpikir jika orang lain bisa mendapatkan nilai A, maka ia pun bisa mendapatkannya. Ia kemudian menargetkan bahwa ia akan mendapatkan nilai A untuk semua nilai pelajarannya. Ia akan masuk di SMA terfavorit di Singapura yang bernama Vitoria Junior College, Ia juga mencita - citakan akan masuk ke National University of Singapore, sebuah universitas terbaik di Singapura, seperti UGM atau UI-nya indonesia.

Tak butuh waktu lama, selepas pulang dari program tersebut, Ia segera menulis target jangka pendek dan jangka panjangnya serta menempelnya di dinding. Ia juga memasang gambar serta tulisan motivasi agar ia selalu bersemangat. ia mencoba menggunakan teknik yang benar, bagaimana cara membaca cept, menggunakan teknik super memori serta mendisiplinkan diri dengan rencana - rencana yang telah di buat.

Saat ia satu pelajaran di kelasnya, Seorang guru bertanya kepada Adam Khoo tentang apa cita -  cita atau targetnya di masa depan. Dengan tegas ia menjawab bahwa ia akan menjadi lulusan terbaik di sekolahnya, masuk SMA terbaik di singapura serta melanutakannya ke Universitas terbaik di Singapura. Tak ayal semua orang yang mendengarnya tertawa, jelas saja, belum pernah ada dalam sejarahnya, lulusan SMP tersebut ada yang masuk ke Victoria Junior College. Kebanyakan siswa yang masuk Victoria Junior College adalah mereka yang SMP favorit dan itupun harus bersaing dengan anak - anak cerdas, sementara Adam Khoo hanya siswa dari SMP terburuk di Singapura dengan kemampuan yang bahkan tidak bisa mengerjakan soal kelas 4 saat SMP. 

Bukannya putus keyakinan, Adam Khoo semakin tertantang untuk mewujudkan cita - citanya. Hasilnya?
Dalam kurun waktu hanya 3 bulan, rata - rata nilainya dari awalnya 40 menjadi 70. Rankingnya naik dari urutan terbawah menjadi peringkat 18. Perubahan yang sangat drastis tentunya. Belum berhenti sampai di situ, Adam Khoo berhasil menduduki peringkat 1 saat lulus SMP dengan nilai A untuk 6 mata pelajaran yang di ujikan. Hebatnya, Ia mencetak sejarah sebagai siswa pertama dan satu - satunya dari SMP tersebut yang berhasil masuk ke Victoria Junior College

Cerita suksesnya masih berlanjut hingga masa SMA, Ia berhasil menjadi juara sekolah selama tiga tahun dan mendapatkan nilai A saat kelulusan disemua mata pelajaran hingga akhirnya mengantarkannya ke National University of Singapore, target jangka panjangnya tercapai. Bahkan, Ia bisa melewati eksptektasinya dengan terpilih menjadi lulusan yang dapat masuk ke program NUS NUS Talent Development Program, atau program khusus untuk mereka yang dianggap sebagai 10 orang paling jenius di Singapura.

Semua kesuksesan tersebut benar - benar sangat menginspiras kita, lalu dari cerita diatas, apa yang membuat Adam Khoo berhasil ? 

Simak kelanjutan Rahasia Sukses Dari Bodoh Menjadi Jenius Ala Adam Khoo di sini.