Peluang Bisnis Service Jual Beli Komputer Laptop

Peluang Bisnis | Komputer atau laptop dewasa ini menjadi satu hal yang sangat penting. Instansi mana yang tidak menggunakan komputer, mulai dari sekolah, perusahaan, lembaga pemerintah hingga lembaga nonformal juga sudah mulai akrab dengan komputer. Kebutuhan akan komputer atau laptop yang semakin meningkat membuat peluang usaha jasa reparasi komputer juga semakin dibutuhkan.

peluang bisnis jasa servis komputer
m.bisnis.com

Dengan pengguna hingga 60 juta pengguna. Bisnis komputer sangat potensial karena sebagian pengguna komputer tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan komputernya sendiri. Mereka lebih memilih untuk menyervisnya di tempat servis. Dan inilah diantara banyak alasan mengapa bisnis komputer menjadi salah satu bisnis paling potensial di abad ini.

Awal usaha

Cobalah memilih tempat yang strategis. Lebih diutamakan yang dekat dengan area kampus, dekat dengan jalan raya serta di tengah kota. Tidak usah menggunakan tempat usaha yang luas, ukuran 4x5 meter sudah sangat cukup untuk membuka usaha ini.

Setelah itu siapkan CPU dengan spek tinggi, Layar monitor untuk mencoba CPU service serta bisa juga ditambah dengan aksesoris komputer atau perangkat komputer seperti Cardreader, Hard Disk dll.

Mengumpulkan berbagai software komputer termasuk sistem OS windows. Aplikasi seperti office, pemutar musik, video, internet dan driver penting wajib anda miliki termasuk kumpulan permainan untuk bonus jika pelanggan memintanya. 

Pengembangan
Jika usaha anda semakin maju, mulailah membuka usaha jual beli laptop atau komputer. Atau bisa juga mencoba untuk mendaur ulang komputer, merakit komputer untuk kemudian anda jual. 

jangan ragu untuk membuka cabang, dengan catatan anda sudah memiliki satu cabang yang bisa berjalan dengan pondasi kuat sehingga tidak akan goyah meskipun anda telah memiliki cabang lain yang pastinya akan membuat pikiran anda semakin terbelah.

Kendala
kendala sebenarnya hanya masalah kualitas servise, untuk itu, usahakan agar memberi pelayanan yang baik kepada pelanggan dengan jaminan servise yang baik. Jangan menjanjika waktu yang sekiranya tidak dapat anda penuhi. Mainlah aman dan jangan rakus.

Evaluasi
Lakukan evaluasi kerja setiap bulan agar anda bisa terus memperbaiki bisnis anda. jangan hanya berfokus kepada pendapatan anda. lakukan selalu perbaikan agar pelanggan anda puas dengan jasa anda.

Sedekah
Bersedekahlah agar usaha anda semakin dimudahkan oleh sang Pemberi Rizki.

Analisa Usaha :
Analisa Keuangan
Investasi Awal
Sewa Tempat, Pemasangan listrik dll               Rp 30.000.000,00

Biaya Operasional
Listrik, telepon dan internet                       Rp    600.000,00
Stok barang                                         Rp 6.000.000,00+
Total                                               Rp 6.600.000,00

Omzet per bulan 
Pendapatan biaya servis
Misal : Jumlah komputer yang dapat anda perbaiki rata rata 4 unit dengan tarif menyesuaikan harga umum maka.
Pendapatan dari servis komputer
( Rp 50.000,00 x 4 unit ) x 30 hari                 Rp  6.000.000,00
Pendapatan penjualan sparepart / aksesoris
( Rp 50.000,000 x 3 ) x 30 hari                     Rp 4.500.000,00+
Total                                               Rp 10.500.000,00

Laba per bulan 
( Rp 10.500.000,00 -  Rp 6.600.000,00 )          Rp  3.900.000,00
Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.