Peluang Bisnis Usaha Jasa Cuci Motor/Mobil

Peluang bisnis di Indonesia sebenarnya sangat banyak macamnya. Beragam peluang usaha baik sebagai usaha rumahan, bisnis sampingan maupun usaha kecil menengah yang terdapat di Indonesia merupakan satu berkah sendiri bagi bangsa Indonesia. Ini tidak lain karena penduduk Indonesia memang terhitung banyak, menempati 5 besar di dunia. Selain itu, dengan banyaknya sumber daya alam yang tersedia membuat peluang usaha semakin beragam dan sangat terbuka lebar untuk kemudian kita kembangkan menjadi satu industri yang strategis. Yang jadi pertanyaan sekarang, sudahkah kita memanfaatkan peluang usaha tersebut?
peluang usaha cuci motor
goresananakkuliah.blogspot.com

Usaha cuci motor mungkin sangat sederhana, peluang bisnis ini terbilang masih jarang. Di satu kecamatan bisa jadi hanya ada satu atau dua penyedia cuci motor. Namun kenapa usaha ini tidak di kembangkan? saya kira karena budaya masyarakat lebih menyukai cuci motor sendiri sehingga lebih hemat. Akan tetapi, seperti halnya laundri, pada awalnya juga demikian, namun kenyataannya, usaha laundri kini berkembang pesat hingga menyebar ke daerah pedesaan. Apa rahasianya? Penuhi kebutuhan masyarakat sesuai kemampuan masyarakat.


Dari data diatas, pada tahun 2012, jumlah kendaraan bermotor adalah sebesar 94.373.324, sementara sepeda motor menempati urutan pertama sebagai kendaran bermotor yang paling banyak digunakan masyarakat. Pada tahun 2014, di prediksi mencapai 104 juta motor digunakan di Indonesia. Jumlah yang sangat fantastis. Oleh karenanya, peluang usaha bisnis cuci motor akan sangat bagus dan potensial untuk dikembangkan menjadi salah satu peluang bisnis yang akan mendatangkan banyak uang. ( sumber :www.bps.go.id)

Yang selalu menjadi kelemahan bangsa ini adalah pelayanan bisnis. Karena usaha ini bergerak di bidang jasa, maka pelayanan harus di nomor satukan. Dan sayangnya, banyak sekali penjual jasa seperti ini kurang perhatian dalam hal pelayanan. Jika pelayanan anda baik, maka saya yakin, peluang bisnis usaha cuci motor akan menjadi semakin maju. 

Selain itu, anda juga harus memperhatikan berapa harga yang pas di kantung masyarakat. Anda bisa memilih salahs satu dari dua metode ini. Anda ingin mendapatkan keuntungan 100 ribu perhari. Anda bisa menggunakan tarif keuntungan 10ribu untuk 10 motor atau keuntungan 5 ribu untuk 20 motor. Kalau orang China, mereka berpatokan untung kecil asal lancar. Ingin untung besar maka perbesar usaha. Sehingga ketika usaha membesar, peluang bisnis yang mereka jalankan menjadi sangat menguntungkan dan lancar pula.

Sebagai pertimbangan mari kita perhatikan analisa usaha bisnis ini :
Sewa tempat                  : Rp. 3.000.000
Renovasi                        : Rp. 2.000.000
Peralatan                       : Rp. 6.000.000

Total modal awal            : Rp. 11.000.000
Modal ini dapat bertambah atau berkurang sesuai dengan kebutuhan. Akan lebih hemat jika anda tidak menyewa tempat, renovasi juga tidak terlalu banyak asal di sediakan tempat yang agak luas. 

Biaya operasional
Gaji pegawai  3 orang @Rp. 800.000    : Rp. 2.400.000
Bensin + Air dll                                      : Rp. 600.000

Total Biaya Operasional                         : Rp. 3.000.000

Pendapatan Perbulan
Jika asumsi kita memasang tarif Rp. 7.000 / motor
Dengan jumlah motor yang di cuci adalah 30 motor
Maka satu bulan kita mendapatkan

30 x 30 x 7.000 = 6.300.000

Keuntungan      = Rp. 6.300.000 - Rp. 3.000.000 = 3.300.000/bulan

Jika anda ingin mendapatkan keuntungan lebih besar maka anda bisa memotong biaya operasional dengan cara mengurangi karyawan. 

Apakah anda tertarik? baca juga artikel kumpulan ide bisnis di bawah ini

Semoga saja artikel peluang bisnis usaha cuci motor ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.