Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Ikan Mas menjadi satu topik bisnis yang akan kita bahas, setelah pada artikel sebelumnya kita membahas masalah ikan lele, gurami dan patin, pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengajak anda untuk melihat peluang usaha rumahan budidaya ikan nila yang sangat menguntungkan untuk anda jadikan sebagai bisnis rumahan atau usaha sampingan.

Ikan mas bisa dibilang sebagai ikan nomor satu di Indonesia, dengan cita rasanya yang lezat, tubuhnya yang besar dan memanjang membuat ikan ini pantas untuk digemari oleh masyarakat di Indonesia. Tak hanya itu, bagi anda yang suka memancing, mungkin anda akan terbiasa dengan ikan jenis ini karena biasanya ikan mas di jual bukan hanya untuk dimasak namun juga untuk mengisi kolam pemancingan. Dan dengan permintaan yang tak pernah surut sementara suplay ikan masih kurang membuat budidaya ikan mas menjadi salah satu usaha rumahan yang sangat menguntungkan untuk anda.
peluang usaha budidaya ikan mas

Tak hanya itu, dalam membudidayakan ikan mas juga tidak harus menggunakan modal yang besar. Membudidayakan ikan jenis ini bisa anda sesuaikan dengan kantung anda sehingga anda jangan takut tidak punya modal atau anda tidak bisa menjalankan bisnis ini karena alasan kurangnya modal. Sebelum kita masuk ke analisa usaha budidaya ikan mas, ada baiknya anda baca kisah sukses pengusaha yang berhasil meraup keuntungan dari ikan jenis ini.

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Ikan Mas

Orang yang telah sukses di bisnis jenis ini adalah Anggono, seorang pengusaha ikan mas yang kini telah mendapatkan keuntungan bersih hingga 25 juta perbulan dari hasil penjualan ikan mas. Pada awalnya beliau hanya membantu saudaranya yang memeilihara ikan mas selama 6 tahun, karena di rasa cukup pengalaman, beliau kemudian membuat kolam sendiri dan memelihara ikan mas secara mandiri.

Sebenarnya Bapak Anggono tidak hanya memelihara ikan mas, ada beberapa ikan air tawar yang ia pelihara namun dari pengalaman Bapak Anggono, ikan maslah ikan yang paling menguntungkan karena permintaan ikan mas yang tinggi, harganya terjangkau dan sangat cocok oleh banyak masyarakat Indonesia baik kalangan bawah maupun atas.

Apakah anda tertarik? mari kita baca analisa usaha ikan mas berikut ini.

Analisa peluang usaha budidaya ikan mas



No
Biaya Pembesaran Ikan mas
1Bibit ikan 35
Rp.     110
110 x 4000Rp.  440.000
2Pakan apung pf.1000 – 2 sak
Rp.130.000
 2 sak x 150.000Rp.  300.000
3Pakan tambahan
-
    --
4Obat
Rp. 25.000
Rp.    25.000
xJumlah modalRp.  765.000
Pendapatan :
  • Kita asumsikan bahwa jumlah kematian yang terjadi adalah 20 % sehingga sisa ikan yang hidup adalah 3200 ekor
  • Setelah 8 bulan, 1 Kg berisi 2 ekor ikan sehingga di dapat jumlah berat ikan yang di panen yaitu 
Jumlah Berat ikan : 3200 : 2 = 1600 Kg
  • Harga konsumsi ikan mas adalah Rp. 25.000 sehingga di dapat pendapatan
Pendapatan : 1600 Kg x 25.000 = Rp. 40.000.000
Keuntungan : Rp. 40.000 - 765.000 = 39.235.000 

Sangat mengguirkan bukan?

peluang usaha budidaya ikan mas terbukti menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang sangat menggiurkan karena beberapa alasan diantaranya :
1. Pertumbuhan relatif cepat
2. Harga Stabil
3. Permintaan selalu ada bahkan sampai kekurangan stok
4. Pemberian pakan juga mudah dan tidak butuh modal banyak

Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

JIka anda tertarik anda bisa mempelajari cara budidaya ikan mas di dalam artikel di sini.

Semoga artikel Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas Yang Menguntungkan ini dapat bermanfaat untuk anda. Salam sukses.