budidaya ikan nila Yang Menguntungkan

Peluang Usaha budidaya ikan nilaIkan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama di setiap sungai dan danau Indonesia 
Peluang usaha Budidaya Ikan Nila
www.bibitikan.net

Salah seorang pengusaha yang sudah sukses di usaha budidaya ikan nila ini adalah Emma Dolly Raphen, pengusaha ikan nila bangkok yang kini telah memiliki omzet 150 juta / bulan. Sebagian besar ikan yang di jual dipasarkan di supermarket besar seperti Carefour, hypermart dll. Dan anda pasti bisa mengikuti beliau. Karena terinspirasi dari kisah sukses tersebut, kami menulis satu artikel berjudul :

Peluang Usaha budidaya ikan nila

Keunggulan Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

Ikan ini merupakan salah satu ikan jenis air tawar yang paling di gemari oleh para pembudidaya. Hal ini bukan tanpa alasan, kami telah mengumpulkan data yang kemudian dapat kami simpulkan bahwa beternak ikan nila memiliki kemudahan yaitu :
1. Ikan Nila Lebih Tahan Terhadap Penyakit
Tidak seperti ikan gurameh, atau ikan lele. Ikan Nila memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat daripada ikan tawar lainnya. Ikan ini memiliki tipe tubuh dengan pergerakan yang cepat sehingga dagingny kenyal dan padat sekaligus sehat. ANda tahu kan kalau orang sering olahraga maka tubuhnya sehat? Nila banyak bergerak sehingga amat sehat dan lebih tahan penyakit.

2. Harga Ikan Nila tinggi
Untuk harga jual per Kg ikan Nila konsumsi, biasanya berkisar pada nominl Rp. 14.000.,-. Namun anda dapat menjualnya dalam ukuran benih.

3. Permintaan Ikan Nila TInggi
Inilah salah satu peluang usaha yang permintaannya cetar membahana, tak pernah kelebihan permintaan tapi justru kekurangan. Untuk itulah, anda harus bersiap untuk mencoba peluang usaha ini karena anda bisa menjualnya dengan mudah.

4. Ikan Nila termasuk pemakan segala
Ikan nila bisa di pelihara tanpa anda mengeluarkan modal lebih untuk pakan. Tidak seperti ikan gurami atau lele, ikan nila bisa diberi makanan sisa rumah tangga, daun talas, daun pepaya, atau yang lainnya. kemudahan dalam pemberian pakan akan dapat menghemat pengeluaran anda.

Analisa Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

Coba anda perhatikan gambar di bawah ini 
Biaya Modal ( Pengeluaran )
Analisa Usaha Budidaya Ikan Nila
www.bibitikan.net
Pendapatan :
Asumsi harga Per Kg adalah Rp. 14.000.000
Dengan kematian sebesar 10 % sehingga menyisakan 5400 ekor.
Apabila untuk tiap Kg berisi 3 ekor, maka jumlah bobot ikan adalah 
5400 : 3 = 1800 Kg
Pendapatan : 1800 x 14.000 = 25.200.000
Terbilang : Dua Puluh Lima Juta Dua Ratus Ribu Rupiah ( Lumayan Banget )
Keuntungan bersih : Rp. 25.200.000 - Rp. 1.315.000 = Rp. 23.885.000
Pendapatan perbulan : Rp. 23.885.000/ 7 bulan = Rp. 3,4 juta ( lumayan kan?)

Dari hasil analisa budidaya ikan nila diatas, budidaya ikan nila bisa menjadi salah satu peluang usaha yang sangat potensial untuk anda kembangkan.

So, coba anda pertimbangkan sebagai usaha sampingan anda.

Saya kira demikianlah artikel peluang usaha budidaya ikan nila yang sangat menguntungkan. Terima kasih atas kunjungan anda.