Budidaya Kroto Modal Kecil Untung Besar

Budidaya Kroto (Semut) Rangrang atau kerangga (Oecophylla) adalah sejenis serangga yang  bersifat teritorial atau menjaga tempat hidupnya serta memiliki temperamen "galak/ buas dan pemarah". Serangga ini akan menyerang siapapun yang memasuki daerah kekuasaannya. dengan karakter khasnya, para petani di daerah Asia tenggara menggunakannya sebagai penjaga pohon. Namun demikian, larva serangga ( kroto ) kini banyak sekali dibudidayakan bukan di jadikan sebagai penjaga namun sebagai pakan burung yang pada akhirnya menjadi salah satu komoditas sekunder para petani dan menjadi salah satu peluang usaha yang sangat potensial untuk di kembangkan. ( sumber wikipedia )

Tingginya permintaan kroto tentu dilatabelakangi oleh perkembangan dunia burung. Dengan semakin banyaknya penggemar burung, semakin banyak pula permintaan akan kroto, namun demikian sampai saat ini, kebanyakan kroto yang beredar di pasaran masih mengandalkan hasil dari alam. Oleh karena itu, budidaya kroto masih sangat potensial untuk di jalankan karena masih minimnya saingan sementara permintaan akan kroto tidak pernah sepi.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simbak kisah sukses pengusaha yang telah berhasil mendapatkan keuntungan besar dari peluang usaha budidaya kroto berikut ini : 

Peluang usaha budidaya kroto
img :ibusitimahmudah.blogspot.com

Namanya Prihandono, seorang warga Desa Temuwulan, keccamatan Perak Kabutapern Jombang jawa Timur telah menekuni bisnis rumahan budidaya kroto selama satu tahun. Pria yang telah berumur 45 tahun ini berhasil mendapatkan pendapatan hingga satu juta rupiah perminggunya. selengkapnya tentang kisah sukses budidaya kroto ini bisa anda  baca di umkmjogja.com.

Dengan tingginya harga Kroto yang mencapai Rp. 150 ribu - Rp. 200 ribu / Kg. Membuat bisnis rumahan kroto menjadi sangat sangat potensial untuk di jalankan terlebih dengan pasokan dari alam yang masih jauh dari kata cukup untuk memenuhi permintaan kroto yang dari tahun ketahun semakin meningkat. Dengan besarnya permintaan sementara pasokan masih sangat sedikit, itu berarti peluang usaha rumahan bisnis budidaya kroto menjadi salah satu bisnis yang paling potensial untuk di ambil hasilnya.

Analisa Peluang Usaha Budidaya Kroto Rumahan
Modal Pembuatan Sarang
Ember Plastik                     15 buah @Rp. 5.000   = Rp. 75.000
Potongan Bambu ukuran 30 cm Diameter 7 Cm    = Rp. 50.000

Modal Pakan dll    selama 10 hari                          = Rp. 10.000

Untuk membuat sarang sebenarnya membutuhkan kayu dan bata, namun anda tidak harus membelinya karena kayu dan bata bisa di ganti dengan barang seperti limbah kayu, kayu bekas, keramik bekas, bongkahan batu dll sehingga anda bisa menghemat biaya dan anda dapat memperolehnya dengan mudah di alam.

Untuk bibit semut anda bisa mencari di Alam, jika anda ingin membelinya anda bisa mendapatkanya di penjual bibit dengan harga kisaran 50 ribu rupiah. Namun jangan sampai anda membeli semut bibitan di toko pakan burung karena sangat tidak produktif.

Pendapatan Peluang usaha Budidaya Kroto

Dari perhitungan standar di atas, hasil perhari setelah 10 hari semut di budidayakan biasanya akan menghasilkan kroto sebanya 1- 2,5 ons perhari atau di buat rata - rata 2 ons/ hari sehingga akan didapat kroto sebanyak 60 Ons atau 6 Kg . per bulan.

Pendapatan perbulan = 6 Kg x Rp. 200.000 = 1.200.000
keuntungan bersih     = 1.200.000 - 135.000 = Rp. 1.065.000,-

Anda bisa menambah keuntungan tersebut dengan cara memperbesar skala anda. Perhitungan di atas merupakan perhitungan dengan kapasitas 15 sarang semut. Dan ini jelas menjadikan peluang usaha budidaya kroto menjadi salahs satu peluang usaha rumahan yang sangat menguntungkan karena dengan modal yang kecil dapat menghasilkan keuntungan bersih hingga 10 kali lipat. 

Anda penasaran dengan bisnis rumahan ini? baca juga artikel kumpulan ide bisnis rumahan dan sampingan di sini

Semoga artikel Peluang Usaha Budidaya Kroto  Modal Kecil Untung Besar dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah mampir ke blog bisnis ini. Salam sukses sejahtera. Janga lupa coblos presiden pilihanmu tanggal 9 juli 2014.