Usaha Budidaya Tomat Untuk Usaha Sampingan

Budidaya tomat | Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya yang sangat kaya. Dengan berbagai kekayaan yang melimpah tentu seharusnya Indonesia jauh dri kata " negara terbelakang dan miskin" namun pada kenyataannya, Indonesia masih berkutat dengan masalah kemiskinan. Salah stu penyebabnya adalah kurangnya wirausaha, untuk itulah saya akan menghasirkan satu artikel tentang budidaya tomat yang sangat menguntungkan untuk anda.

Peluang Usaha Budidaya Tomat Untuk Bisnis Sampingan


Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang buahnya dipakai untuk membuat masakan mulai dari sambal, hingga makanan berkuah. Dengan permintaan pasar yang stabil, peluang usaha budidaya tomat bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagaimana jika saya tidak memiliki cukup lahan ?



peluang usaha budidaya tomatAnda bisa menjalankannya dengan menggunakan pot atau polybag yang anda dapatkan dengan cara membuat sendiri, selain hemat lahan juga hemat biaya. Dengan modal kecil anda bisa menjalankan peluang usaha budidaya tomat dari media seadanya.Untuk menambah kesubutan tanah anda bisa menggunakan pupuk kandang atau pupu pabrikan dengan pemakaian sesuai aturan.



Dengan kebutuhan pasar yang setiap harinya di gunakan dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan baik bawah, menengah, atas. COba anda pikir saja, tomat memang dipakai oleh warung makan di pinggiran jalan, kafe yang menyediakan makanan yang berbumbu tomat hingga restaurant juga pastinya membutuhkan tomat. Dengan kebutuhan tomat yang sedemikian besar maka budidaya tomat menjadi satu peluang usaha yang  pantas di sebut sebagai peluang bisnis potensial.

Analisa Usaha Budidaya tomat

Untuk lebih mudahnya, mari kita lihat perhitungan budidaya tomat menggunakan media pot. Namun dengan catatan pot yang disediakan adalah pot dari barang bekas.

Misalkan anda ingin menanam 100 pot tanaman.
Dengan perhitungan sebagai beriut :
Benih 1 Kg            = Rp. 2000
Pupuk Dll              = Rp. 1.000.000,-

Modal total            = Rp. 1.000.200,-

Pendapatan
Berat total panen  100 tanaman @ 20 Kg      = 2000 Kg
Pendapatan            2000 Kg x 100                 = Rp. 2.000.000,-

Lumayan bukan?

Selain peluang usaha jenis penanaman tomat, anda juga bisa menjadi pengepul tomat dengan keuntungan Rp. 500/ Kg, dengan menjadi pengepul tentu anda harus mencari petani tomat di daerah anda. Jika tidak anda maka anda bisa mengajarkan budidaya tomat kepada tetangga anda ataumasyarakat di sekitar anda kemudian hasilnya bisa anda tamping dan anda jual dengan menaruh keuntungan sebesar Rp. 500,- kg.

Selain itu, jika anda bisa mengolah tomat maka anda bisa membuat peluang usaha baru yaitu olahan tomat dalam bentuk manisan tomat. Dengan kandungan vitamin c, serta khasiatnya yang sudah tidak diragukan lagi, olahan masaka tomat yang dijadikan sebagai maknan ringan bisa jadi sangat laris dipasaran.

baca juga artikel kumpulan ide bisnis rumahan dan usaha sampingan di dalam artikel di bawah ini


kumpulan ide bisnis rumahan dan usaha sampingan

Demkianlah artikel Peluang Usaha Budidaya Tomat Untuk Usaha Sampingan semoga ada manfaatnya.