Usaha Kecil Menengah Ternak Jangkrik Untung Besar

Peluang usaha ternak jangkrik bisa dibilang masih belum terlalu memasyarakat di beberapa wilayah di Indonesia. Meskipun hasilnya sangat menjanjikan, namun arena kurangnya informasi tentang peluang bisnis ini serta ketidak tahuan cara ternak jangkrik membuat budidaya ternak jangkrik belum terlalu populer. Padahal, ternak jangkrik selain tidak membutuhkan modal besar, usaha ini juga menjanjikan keuntungan yang besar.

sumber gambar :mohtarkoiruddin.blogspot.com

Jangkrik atau cengkrik merupakan sejenis serangga yang berkerabat dekat dengan belalang. Hewan ini telah lama dipelihara karena suaranya yang khas dan tak jarang sebagai aduan. Di Asia, jangkrik bahkan dipercaya akan membawa keberuntungan sementara di Caraguatatuba Brazil, ketika jangkrik memasuki ruangan diyakini merupakan tanda akan adanya kematian. Jangkrik termasuk hewan omnivora atau pemakan segala sehingga dalam memberikan akan tidak terlalu sulit ( sumber : wikipedia)

Seiring bertambahnya tahun, usaha jangkrik kini semakin berkembang meskipun tidak se populer usaha kroto, Usaha ternak jangkrik dari tahun  ke tahun semakin menjamur seiring dengan bertambahnya kebutuhan jangkrik untuk pakan burung dan ikan atau sebatas hewan peliharaan yang dipelihara untuk didengarkan suaranya.  usaha ini dapat diambil keuntungannya dalam waktu dekat sekitar bulan bahkan satu minggu tergantung produk apa yang anda jual.

Dari peluang usaha budidaya ternak jangkrik, anda bisa menjual produk berupa telur jangkrik, jangkrik muda, jangkrik aduan atau tepungnya. Untuk produksi telur jangkrik hanya membutuhkan waktu sekitar 2-4 minggu sementara untuk jangkrik yang akan dijual sebagai pakan burung atau pakan ikan biasanya membutuhkan waktu 3 bulan. Untuk satu kali bertelur, sang betina mampu menghasilkan hingga 500 telur. 

Merujuk pada data  PIBI Jabar menyatakan bahwa setiap 3 bulan kebutuhan jangkrik mencapai  12.8 ton, untuk kebutuhan ekspor di Korea Selatan dibutuhkan jangkrik paling tidak 35.000 ton/bulan. Lebih hebat lagi Jawa Pos menyatakan bahwa Thailand membutuhkan tidak kurang dari 120.000 ton jangkrik per bulan. Data ini di perjelas dengan pernyataan Bening Dwiono Direktur bagian LitBang PT Agromitra Swadaya Indonesia, (ASI) Bahwa pabriknya yang nota bene adalah perusahaan pengolah jangkrik membutuhkan sekitar 2-3 ton jangkrik perharinya sementara yang dapat di penuhi hanya sekitar 500 Kg. Jadi jelaslah bahwa kebutuhan jangkrik masih belum terpenuhi sehingga menjadikan peluang usaha ternak jangkrik sebagai peluang bisnis yang sangat potensial.

Sebelum anda membaca lebih jauh tentang bisnis jangkrik, mungkin ada baiknya saya paparkan analisa peluang usaha bisnis ternak jangkrik sebagai parameter kelayakan usaha ini :

  • Tempat hidup / kotak jangkrik / kandang jangkrik 1 buah @Rp. 300.000 = Rp. 300.000
  • Etray (tempat telur ayam) bekas 3 buah @Rp. 18.000                              = Rp.   54.000
  • Telur Jangkrik untuk 1kg @Rp. 21000.000                                              = Rp. 210.000
  • Pakan Vur 511 50kg                                                                                = Rp. 350.000
  • Pakan alami berupa sayur selama  30 hari @Rp. 4000                              = Rp.   90.000

Total pengeluaran : Rp. 1.004. 000
Pendapatan

Asumsi selama 30 hari berhasil menghasilkan  90 kg jangkrik x @Rp. 30.000 = Rp. 2.700.000


Harga ini standar bahkan termasuk termurah karena di sebagian daerah bisa mencapai 100 ribu rupiah seperti di kota besar misalnya jakarta, bandung dan surabaya.

Keuntungan :
Pengeluaran - pendapatan = 2.700.000 - 1.004.000 = Rp. 1.696.000,-
Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, anda bisa melakukan diversivikasi pangan dengan mencoba pakan alami atau pakan konsntrat ditambah pakan alami agar anda bisa menghemat biaya pakan. Semakin besar skala usaha anda, maka semakin besar pula keuntungan yang anda dapatkan.
Menggiurkan bukan? Tertarik untuk menjalankan peluang usaha bisnis jangkrik ini?
Untuk cara ternaknya, secara lengkap silahkan bisa anda download di sini.
Untuk panduan video silahkan lihat di bawah ini 
Demikianlah artikel 

Peluang Usaha Dan Cara Ternak Jangkrik Untung Besar

Semoga ada manfaatnya untuk anda dan terima kasih atas kunjungan anda. jangan lupa share dan like post atau ikuti google plus saya untuk mendapatkan banyak ide bisnis lain.