Peluang Usaha Rumahan Budidaya Pisang

Peluang Usaha Rumahan budidaya pisang mungkin belum banyak diketahui potensinya, padahal peluang bisnis jenis ini sangat mudah dalam pembudidayaannya serta tidak memerlukan modal yang besar. Untuk itulah, saya merekomendasikan kepada rekan - erkan pebisnis untuk melihat peluang usaha budidaya pisang yang akan saya tuangkan dalam artikel di bawah ini.

budidaya pisang
ilustrasi : usahakebunpisang.blogspot.com
Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. ( Wikipedia).

Pisang hingga sekarang masih menjadi buah yang disukai oleh masyarakat indonesia baik sebagai pencuci mulut maupun masakan olahan seperti kolak, pisang coklat, dll. Dengan berbagai kandungan gizi yang terkandung didalamnya serta rasanya yang manis menjadikan pisang sebagai buah yang bernilai gizi tinggi, lezat namun terjangkau sehingga bergitu merakyat bagi warga Indonesia dan ini sangat bagus untuk di jadikan peluang usaha.


Melihat betapa pasaran pisang tidak pernah turun, ini mendandakan bahwa peluang usaha budidaya pisang bisa menjadi satu usaha rumahan atau usaha sampingan yang apabila ditekuni akan sangat menghasilkan. Cara membudidayakannya pun terbilang mudah, namun perlu lahan yang cukup luas, tidak seperti tanaman lain seperti tomat, anggur yang bisa dibudidayaan di dalam pot, Pisang belum bisa dibudidayakan dalam pot, kalaupun bisa hasilnya tidak masksimal.

Pisang dapat di tumbuhkan di daerah tropis dan subtropis, meskipun tidak memerlukansyarat tumbuh yang khusus namun idealnya pisang pada suhu 18° C dan optimal pada suhu 27° C dengan curah hujan 2000 – 2500 Mm. apabila curah hujan kurang dari 2000 Mm/tahun sebaiknya diusahakan irigasi.

Cara menanamnya pun tidak susaha, anda hanya tinggal mencari tunas baru yang bagus kemudian anda buat lubang dengan ukuran 60 cm x 60 cm dengan jarak ideal  3-4 m antar pohon. Masukan tunas ke dalam lubang tersebut, untuk mengoptimalkan hasil anda bisa memberi pupuk kandang dan urea sebagai penambah kesuburan tanah. Jangan lupa untuk memberantas penyakit, hama dan gulma yang biasanya menyerang tanaman pisang, namun kebanyakan pisang lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Buah pisang dapat di panen hijau dengan lingkaran buah menunjukkan bentuk bundar dan sudut-sudutnya tidak menyiku. Umur buah siap panen yaitu antara 100 – 120 hari setelah muncul bunga (tergantung pada kultivar/klon yang ditanam). Untuk proses pematangan serentak, perlu dirangsang dengan bahan seperti asap dari daun kayu yang dibakar, daun segar (daun akasia), karbit, ethrel atau ethepon, asetilen, propilen selama kurang lebih 10 – 12 jam. ( lihat sumber ).

baca juga kumpulan ide bisnis rumahan dan usaha sampingan di sini

Demikianlah artikel Peluang Usaha Rumahan Budidaya Pisang semoga dapat diambil manfaatnya, terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses.