Ternak Kelinci Modal Kecil untuk beternak uang

TERNAK KELINCI ~ Adalah Nuning Priyatna yang kemudian rela pensiun dini setelah usaha kecil ternak kelinci yang diawali dari sekedar hobi berhasil meraup keuntungan hingga Rp. 40 juta / bulan. Meski di awali dari sekedar hobi, namun apabila di tekuni ternyata mampu menjadi satu bisnis rumahan yang sangat menguntungkan. ( Baca juga : Peluang Usaha Yang Berawal Dari Hobi )

Untuk memperjelas peluang usaha ternak kelinci ada baiknya saya coba untuk memberikan analisa usaha ternak kelinci agar anda bisa mempertimbangkan bisnis ini dengan pertimbangan laba rugi yang jelas. dan beikut penjelasan singkat mengenai 

Peluang bisnis Ternak Kelinci Modal Kecil


peluang usaha ternak kelinci

Analisa Usaha Ternak Kelinci

Biaya Produksi Usaha Kelinci
a. Perlengkapan kandang Rp. 1.000.000,-
b. Bibit induk 20 ekor @ Rp. 30.000, Rp. 600.000,-
c. Pejantan 3 ekor @ Rp. 20.000,- Rp. 60.000,-
d. Pakan ƒ Sayur + rumput Rp. 1.000.000,- ( anda bisa menghematnya dengan mencari rumput sendiri )
e. Obat obatan Rp. 500.000
Jumlah biaya produksi Rp. 2.160.000,-

2. Pendapatan Usaha Kecil Kelinci
Kelahiran hidup/induk/tahun = 31 ekor
Penjualan:
a. Bibit: 20 x 15 x Rp. 30.000,- Rp. 9.000.000,-
b. Kelinci potong 20 x 15 x Rp. 50.000,- Rp. 15.000.000,-
Jumlah pendapatan Rp. 24.000.000,-

3. Keuntungan Rp. 21.840.000,-
Hasil di atas adalah menurut perhitungan umum dengan meniadakan biaya pekerja serta tidak menghitung keuntungan tambahan dari penjualan bulu dan feses atau kotoran kelinci. keuntungan Peluang Usaha Ternak Kelinci Modal Kecil

Cara Budidaya Ternak Kelinci

1. Pembuatan Kandang
Menurut pengalaman yang telah banyak dilakukan suhu idel dari ternak kelinci adalah 21° C, sementara untuk ukuran kandang adalah 200x70x70 cm dengan tinggi alas 50 cm dengan kepadatan untuk 12 ekor betina/10 ekor jantan. Kandang anak (kotak beranak) ukuran 50x30x45 cm. 

2. Pembibitan

Pada proses pembibitan maka anda di wajibkan untuk memilih jenis bibit yang harus anda sesuaikan dengan tujuan anda, misalkan jika anda memelihara kelinci untuk mengambil hasil utama berupa bulu maka anda pilihlah jenis kelinci Angora. sementara itu untuk jenis Belgian, Californian, Flemish Giant, Havana, Himalayan & New Zealand merupakan ternak yang cocok dipelihara.

Pada tahapan ini anda perlu memilih bibit dengan kualitas terbaik karena pemilihan bibit akan sangat menentukan nasib bisnis ternak kelinci anda. Untuk itulah dalam memilih bibit haruslah di lakukan dengan cara yang seksama mulai dari tingkat kesehatan bibit, fertilitas atau tingkat kesuburan bibit dan umur. Secara umum bibit betina dapat dikawinkan pada saat umur 6-7 bulan, semantara untuk kelinci jantan idealnya pada umur 5-6 bulan. ( lihat sumber )

3. Pemeliharaan
Untuk pemeliharaan kelinci tidaklah sulit, sama seperti anda memelihara kambing atau tenak herbivora yang lain. bedanya adalah kelinci sangat riskan mati karena predator, karena biasanya kelinci ketika akan melahirkan maka akan membuat lubang di tanah. Untuk mengakalinya anda harus membuat lubang buatan sehingga tidak sampai membuat lubang di tanah.

Anda juga perlu memperhatikan bagaimana mengatasi berbagai penyakit yang mungkin menyerang seperti bisul, kudis, eksim dll. pemberian pakan tidak ada aturan jelas dan pasti, namun yang terpenting adalah terjadwal sehingga asupan gizi kelinci tidak berkurang.

Untuk pemeliharaan anak kelinci anda bisa melakukan cara di bawah ini :
Setelah si induk betina melahirkan ( biasanya pada masa kehamilan 1 bulan ), perhatikan kondisi si bayi kelinci, asupan makanan harus eru di perhatikan.Pada minggu pertama, bayi kelinci tidak berbulu, buta dan tuli, minggu kedua, mata bayi kelinci sudah mulai terbuka serta tumbuhnya bulu, pada usia 10- 11 hari, mata kelinci sudah dapat digunakan untuk melihat. Sejak lahir, induk kelinci akan menyusui anaknya sebanyak 2 kali, yaitu pada pagi dan sore hariPada usia 17 - 18 hari,bayi kelinci sudah mulai bisa bergerak, meloncat dan keluar dari kotak. Pada usia 20 - 21 hari, bayi kelinci akan mulai makan seperti induknya.

Bagaimana menurut anda? apakah peluang usaha ternal kelinci ini menggiurkan bagi anda. Apapun peluang usaha nya, yang penting anda harus yakin pada peluang usaha tersebut sehingga anda bisa tekun dan sabar dan secara otomatis anda akan mendapatkan hasil dari peluang usaha tersebut secepatnya.

Semoga artikel Peluang Usaha Ternak Kelinci Modal Kecil dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih atas kunjungan anda.