Bisnis Sampingan Modal Kecil Souvernir Pernikahan Untuk Wanita

Bisnis Sampingan souvernir pernikahan mulai laris dijalani oleh masyarakat sejak lama. Souvernir pernikahan merupakan hal yang bagi sebagian masyarakat sangat penting untuk mengenang momen - momen pernikahan. Seperti yang kita tahu bersama, pernikahan merupakan acara yang sakral, bukan saja sebagai sarana menghalalkan tubuh untuk dapat memiliki tubuh orang lain, namun juga sebagai wujud ikatan cinta yang kuat antara kedua mempelai. Oleh karena itu, setiap pengantin ingin agar pernikahannya di kenang bukan saja oleh kedua pasangan namun juga oleh para tamu dan karenanya kemudian pengantin memesan souvernir pernikahan. Permintaan souvernir pernikahan ini kemudian dijadikan sebagai usaha sampingan yang sangat menguntungkan.

Bisnis Sampingan Modal Kecil Souvernir Pernikahan Untuk Wanita


Secara umum bisnis sampingan souvernir pernikahan di bagi menjadi tiga jenis usaha yaitu :
1. Produksi sendiri
Jika anda memiliki bakat dan kreatifitas khususnya dalam hal membuat kerajinan tangan unik. Anda bisa mencoba membuat semacam kerajinan yang tentunya anda sesuaikan dengan tema pernikahan. Usaha sampingan souvernir jenis ini merupakan jenis yang paling bagus karena barang yang dijadikan souvernir nantinya akan sangat unik dan khas di tiap pernikahan. 

Bisa saja anda membuat gantungan kunci kemudian ditulis ukir dengan  nama kedua mempelai serta diberi tanggal pernikahan. Ada banyak kerajinan yang bisa anda jadikan souvernir pernikahan. Selain itu, keuntungan yang di dapat juga akan semakin besar karena anda menjualnya langsung kepada konsumen.

2. Produksi semi sendiri
Proses pembuatan anda tidak mulai dari awal, anda membeli barang souvernir yang umum kemudian anda rubah menjadi barang jadi. Hal ini bisa saja di lakukan, sebagai contoh gampang adalah tas, anda membeli tas murah dalam jumlah besar kemudian anda kreasi menjadi satu barang baru yang unik yang terdapat ciri khas pernikahan. 

Keuntungan dari bisnis souvernir jenis ini tentu lebih kecil dibanding produksi sendiri, namun akan menghemat tenaga dan pikiran anda.

3. Distributor
Anda hanya sebagai distributor yang menyalurkan barang kepada konsumen yang dalam hal ini adalah pengantin. Misalkan anda tinggal di Jakarta dan anda mengambil souvernir pernikahan di Jogja Karta. Kelebihan bisnis sampingan jenis ini adalah anda tidak lagi di pusingkan dengan proses pembuatan namun anda belum tentu mendapatkan barang sesuai dengan permintaan pengantin.

Dari ketiga jenis usaha sampingan souvernir di atas, anda dapat memilihnya sesuai dengan kemampuan anda. selain itu, agar anda mendapatkan omzet besar jangan lupa lakukan promosi yang tepat. Cobalah melobi WO atau Weeding Organizer, pengusaha catering pernikahan atau penyedia jasa tarub dan sound. 

Omzet dari bisnis sampingan ini tentu sangat bervariasi tergantung dari jenis souvernir yang dipesan. Namun, anda bisa memperkirakan dengan model umum yaitu apabila untuk satu souvernir anda dapat mengambil keuntungan sebesar Rp. 3.000. dengan pesanan sebanyak 500,- maka anda dapat memperoleh keuntungan hingga Rp. 1.500.000,- lumayan bukan?

Terlebih lagi, souvernir pernikahan biasanya merupakan barang - barang sederhana karena memang diusahakan agar praktis di bawa, seperti gantungan kunci, korek api, gas, dll. Jika anda tertarik anda bisa mencoba menjalankan bisnis ini tanpa modal. Anda bisa menggunakan bayar di depan agar bisa membiayai usaha anda terlebih dahulu. Selain itu, bisa juga sebagai pengikat agar tidak terjadi pembatalan order.