Contoh Proposal Bisnis Usaha Ternak Ayam Kampung

Contoh proposal bisnis usaha ayam kampung merupakan kelanjutan dari beberap artikel yang khusus membahas mengenai contoh proposal usaha. Dalam hal ini memang tidak semua bisnis di jalankan dengan modal sendiri. Anda tentu mengerti bahwa kondisi ekonomi Indonesia yang kurang stabil serta tingkat ekonomi masyarakat yang masih di bawah standar membuat Usaha kecil menengah kian lesu. Tercatat hanya sekitar 2% dari seluruh total penduduk Indonesia dan ini masih sangat jauh dari angka standar jumlah UKM untuk negara maju.

Contoh Proposal Bisnis Usaha Ternak Ayam Kampung
Karena itulah, saya sengaja menulis satu artikel khusus tentang contoh proposal bisnis usaha ternak kampung yang saya harapkan dapat membantu anda untuk mendatangkan modal tambahan dalam rangka mengembangkan usaha ternak anda dan lebih bagus lagi jika perkembangan usaha anda dapat menyerap tenaga kerja. Berikut ini beberapa panduan dalam menyusun 

contoh proposal usaha ternak ayam kampung


1. Berikan angka kematian ralistis
Seperti yang kita tahu, peluang usaha ternak biasanya memiliki satu kelemahan yaitu berkaitan dengan nyawa. Berbeda dengan ketika anda menjual barang yang tidak bernyawa, resiko hanya tertuju pada bisa atau tidaknya anda menjual barang tersebut. Khusus untuk hasil ternak akan sangat berkaitan dengan banyak faktor baik internal dan ekternal. Semisal adanya penyakit baru yang bisa saja menyerang hasil ternak anda. Anda tentu masih ingat ketika terjadi flu burung pada beberapa tahun silam yang membuat usaha ternak ayam menjadi lesu dan kian merosot bahkan banyak peternak yang gulung tikar. 

Dalam penyusunan contoh proposal bisnsi ayam kampung di harapkan anda memasukan berbagai indikator kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi agar para investor mengetahui baik buruknya usaha anda serta mengerti betul konsekuensinya. Dengan begitu anda akan terlihat jujur serta lebih prosfesional.

2. Pertimbangkan biaya tak terduga
Kemungkinan - kemungkinan yang tak terduga semisal penyakit, perubahan suhu yang tidak dapat anda kendalikan harus anda perhitungkan agar nantinya anda bisa mengantisipasi hal - hal tersebut. Jika anda hanya menghitung angka - angka pasti dari hal - hal yang dapat di duga, maka ketika ada hal - hal tak terduga maka anda bisa saja kemudian bangrut atau gulung tikar. Untuk itulah, dalam penyususnya contoh proposal usaha bisnis ayam kampung sebaiknya anda memasukan biaya tak terduga untuk penanggulangan penyakit atau cuaca yang tidak bisa anda prediksi.

Dua hal diatas menjadi sangat penting dalam penyusunan contoh proposal usaha mengingat bahwa usaha ternak adalah usaha yang penuh resiko namun di akui juga bahwa usaha ternak merupakan usaha yang tak pernah mati. Bisa di bilang asalkan hewan yang anda ternakan hidup dan berkualitas, sudah pasti hasil ternak anda akan tetap terjual. Karena kebutuhan pangan hewani sampai saat ini belum tercukupi khususnya ayam kampung.

Di Jabodetabek, setiap harinya membutuhkan sekitar 280.000 ekor / hari namun baru terpenuhi sekitar 5 % dari total keseluruhan kebutuhan ayam tersebut. Selengkapnya tentang peluang usaha ini yang nantinya bisa anda jadikan sumber pertimbangan di dalam contoh proposal usaha anda silahkan klik di sini.

Untuk membaca atau mengkopi contoh proposal usaha secara lengkap silahkan anda klik DI SINI.

Demikianlah artikel tentang Contoh Proposal Bisnis Usaha Ternak Ayam Kampung yang semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah permodalan anda. Terima kasih atas kunjungan anda dan salam sukses UKM.