Kisah Sukses Ternak Kroto Hasilkan Jutaan Rupiah

Ternak kroto meskipun terlihat sederhana, namun sebenarnya sangat menguntungkan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, nyatanya dapat menghasilkan uang hingga jutaan rupiah. Dengan semakin meningkatnya jumlah penggemar burung khususnya burung kicau, maka kebutuhan akan pakan burung termasuk kroto semakin meningkat dan ini tentu menjadi peluang usaha tersendiri yang sangat menguntungkan. Dan fenomena ini berhasil di lihat oleh pria asal Jombang jawa timur yang sukses dengan bisnis krotonya.

Kisah Sukses Ternak Kroto Hasilkan Jutaan Rupiah
tribunnews.com


Prihandono, pria berumur 47 tahun asal Jombang Jawa Timur berhasil mendapatkan penghasilan 1 juta rupiah perminggu dari hasil usaha ternak kroto. Prihandono telah menjalankan usahanya sejak tiga tahun yang lalu. Usaha ini memang masih belum terlalu populer, padahal prospek pasarnya sangat besar karena sebagian besar persedian kroto sebagai pakan burung berasal dari tangkapan alam yang tentunya masih sangat terbatas. Untuk itulah, petani kemudian mencoba untuk menjalankan usaha ternak kroto yang memang sangat menguntungkan (Baca juga : analisa usaha budidaya kroto )


Adapun cara ternak semut rangrang yang di jalankan oleh pak Prihandono terbilang cukup sederhana. Rumah semut hanya berasal dari botol bekas air mineral yang banyak di jumpai di tempat sampah dan di tempat ramai serta bisa di dapatkan dengan gratis.

Setiap hari, Pak Prihandono harus memberi makan dan minum agar semut yang ia pelihara tidak mati serta mempercepat proses telur semut. Tak hanya itu, beliau juga menjaga suhu ruangan dengan cara menyemprotkan air dengan bentuk embun agar cuaca tidak terlalu panas.

Untuk menjaga agar proses produksi telur berjalan lancar, pak Prihandono menyiapkan tampat khusus yang tenang untuk ternak kroto. Berkat ketelatenannya, beliau dapat mendapatkan omzet Rp. 4 juta - 5 juta / bulan dengan modal hanya ratusan ribu rupiah. Selain itu, usaha budidaya kroto juga tergolong usaha yang sangat mudah di biakkan sehingga sangat pas untuk usaha utama maupun usaha sampingan yang dapat di jadikan bisnis rumahan.

Untuk pakan kroto, Pak Prhandono menggunakan jangkrik serta gula. Untuk menjaga kesehatan semut serta memberi asupan gizi, Prihandono juga memebeli obat - obatan. Jumlah uang yang di keluarkan oleh bapak tersebut rupanya hanya berkisar Rp. 100.000 - Rp. 200.000, sementara keuntungannya bisa mencapai jutaan rupiah,. Karena alasan inilah, Pak Prihandono yang awalnya adalah peternak kambing kemudian berganti mata pencaharian sebagai pelaku usaha ternak kroto.

Harga kroto memang terbilang sangat lumayan, untuk satu kilo gramnya, Kroto bisa mencapai angka Rp. 150.000, dan bisa lebih mahal di beberapa kota besar sementara permintaan selalu saja melebihi stok produksi yang tersedia. 

Bagaimana, apakah anda juga tertarik untuk mendapatkan jutaan rupiah dari usaha ternak kroto ini? Baca selengkapnya di sini.