Peluang Usaha Budidaya Melon Dalam Pot Untung Melimpah

Budidaya melon telah lama di jalankan oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai bisnis bidang agrikulture yang sangat menguntungkan. Melon atau yang memiliki nama latin (Cucumic melo L) ini, merupakan tanaman buah dari suku labu - labuan yang seringkali di gunakan untuk berbagai jenis minuman segar maupun hidangan penutup mulut. Rasanya yang khas dan daging buahnya yang berair menjadikan buah ini sangat tepat untuk di konsumsi saat cuaca panas.
Peluang Usaha Budidaya Dalam Pot Untung Melimpah
http://ucanr.edu/sites/GAP/GAPs_Photo_Gallery/


Perkembangan agrobisnis melon semakin lama semakin berkembang serta menjadi aspek bisnis yang sangat menguntungkan, pada awalnya peluang bisnis ini hanya terdapat di daerah lampung dan bogor, namun kini semakin meluas menjangkau beberapa kota besar di Indonesia seperti Purwodadi, Blitar, Kulon Progo Yogyakarta, Medan dll. Prospoek bisnis ini memang terhitung cukup menjanjikan sehingga tak heran usaha ini mulai marak di kembangkan oleh para petani.


Analisa Usaha Budidaya Melon

Sebagai pertimbangan kelayakan usaha, akan saya sajikan analisa usaha budidaya melon 

A.Input
1.Saprodi Rp. 1.600.000

2.Sarana dan Prasarana Rp. 700.000
3.Tenaga Kerja Rp. 600.000
Jumlah Rp. 2.900.000



B.Output
1.Produksi 500 biji @ 3 kg = 1.500 kg
2.Harga jual 1500 kg @ Rp. 6.000 Rp. 9.000.000
3.Pendapatan
Rp. 9.000.000 – Rp. 2.900.000 = Rp. 6.100.000


Analisa usaha di atas adalah analisa usaha budidaya melon yang menggunakan pot atau polybag sehingga lebih irit.

Peluang Pasar Budidaya Melon

Menilik pada perkembangan harga buah melon dewasa ini, Beberapa jenis melon yang kini banyak di budidayakan adalah melon ladika, melon ini memiliki kulit berwarna kuning dengan proses panen yang lebih cepat serta memiliki bobot yang lebih berat di bandingkan melon jenis lain menjadikan melon ini banyak di gemari serta menghasilkan omzet yang sangat menggiurkan hingga puluhan juta rupiah.

Selain melon Ladika, ada juga melon Kinanti yang tak kalah manis keuntungannya, melon jenis ini memiliki warna kulit yang lebih kuning serta dengan tekstur permukaan yang lebih halus. Selain itu, rasa daging buahnya lebih renyah tak heran pula melon Kinanti kini mulai di lirik oleh para petani seperti halnya Edi Purwanto, petani Melon asalk Kudus Jawa Tengah yang telah membudidayakan melon sejak 2010.

Dengan masa tenam hanya 2 bulan, melon melon yang di tanam dapat menghasilkan buah dengan berat 1,5 Kg - 2 Kg dengan harga Per Kg mencapai Rp. 4.500 sampai dengan Rp. 5.000,- . Sekali Panen, petani tersebut dapat meraup omzet hingga Rp. 30.000.000,-. 



Jika anda tertarik, anda bisa menggunakan media polybag atau pot untuk menghemat biaya produksi. Selain itu, jumlah tanaman yang di tanam juga dapat di sesuaikan dengan modal yang kita miliki sementara untuk lahan dapat anda gunakan pekarangan atau halamana rumah anda. Jika anda tertarik untuk mencoba menjalankan bisnis ini, silhkan pelajari caranya di sini.

Demikianlah artikel Peluang Usaha Budidaya Dalam Pot Untung Melimpah semoga ada manfaatnya dan salam sukses petani.