Manisnya Peluang Usaha Ternak Madu Yang Menggiurkan

Peluang usaha ternak madu bukan lagi bisnis baru di Indonesia. Telah banyak pembudidaya tawon madu yang tersebar di seluruh Indonesia, namun pada beberapa tahun silam bisnis budidaya tawon madu mengalami masa sulit lantaran cuaca yang tidak menentu sehingga kemudian banyak dari para peternak gulung tikar. Namun semenjak akhir tahun 2012, bisnis madu kembali menggeliat dan menjadi bisnis yang kembali sangat menguntungkan bagi para peternak. 

Manisnya Peluang Usaha Ternak Madu Yang Menggiurkan


Peningkatan permintaan madu semakin meningkat dilatarbelakangi oleh semakin besarnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan sehingga kemudian mereka mencoba untuk rutin meminum madu karena madu memang memiliki nilai gizi yang tinggi dan juga sebagai obat berbagai penyakit. Namun, tingginya permintaan belum terpenuhi karena memang belum banyak peternak madu yang menjalankan peluang usaha ini pasca periode 2007 - 2012.

Ada berbagai jenis lebah yang dapat diternakan diantaranya adalah Lebah hutan (Apis Dorsata),  lebah lokal atau Apis Cerana dan  lebah unggul (Apis Mellifera). Untuk jenis lebah yang terakhir atau lebah unggul merupakan yang paling banyak diternakkan karena memiliki ciri dan karakter yang lebih menghasilkan dan lebih mudah di jinakkan daripada jenis tawon yang lain. 

keuntungan bisnis ini pun terbilang sangat lumayan. Peluang usaha ternak madu dapat dilakukan panen setelah 15 hari atau dapat dilakukan panen 2 x dalam sebulan. Dari 100 box koloni, dapat dihasilkan rata - rata 3Kg Royal jelly. 3 Kg Madu dan 100 Gram Bee Pollen. Dan bisa terus dipanen hingga jangka waktu yang lama.Sampai saat ini, peluang bisnis ternak madu masih berada di daerah  Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dengan rata - rata jumlah produksi madu  2000 ton – 2500 Ton madu. Sementara untuk penghasil madu terbesar di dunia terdapat di daerah CIS ( pecahan negara Rusia ), Jerman, Italia dan jepang. 

Beberapa petani mengatakan bahwa modal yang di butuhkan untuk menjalankan usaha ini memang termasuk besar. Namun, pendapatan yang di peroleh pun terbilang besar. Untuk modal keseluruhan dengan 200 box koloni menghabiskan dana sekitar 21 juta untuk modal awal sementara untuk modal operasional menhabiskan dana sekitar 40 juta. sementara untuk pendapatan yang di peroleh berkisar antara 80 - 90 juta  / tahun dengan keuntungan bersih sekitar 50 juta / tahun atau 6 juta / bulan.

Sebelum anda mencoba bisnis ini, ada baiknya anda melakukan survey tempat karena suhu udara sangat menentukan hasil dari ternak madu. Anda bisa mencari informasi cara tenak budidaya lebah madu di google atau lebih lengkapnya anda membeli buku panduan khusus ternak lebah.

Saya kira demikian artikel tentang peluang usaha ternak madu yang menggiurkan semoga ada manfaatnya dan salam wirausaha.