Pengertian Peluang Usaha Dalam Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Peluang usaha ~ Bisnis tentu tidak akan lepas dengan istilah peluang usaha dan kewirausahaan. Sebagai langkah awal dalam mempelajari dunia bisnis, ada baiknya jika kita juga mengetahui pengertian peluang usaha agar kita sedikit lebih tahu tentang masalah ini. 

Pengertian Peluang Usaha Dalam Kewirausahaan Menurut Para Ahli


Peluang usaha terdiri dari dua kata yaitu " peluang " dan " usaha ". Peluang yang dalam bahasa Inggris di sebut dengan opportunity memiliki arti sesuai dengan KBBI adalah kesempatan. Secara sederhana peluang di artikan sebagai kesempatan muncul atau terjadi pada satu peristiwa. Sementara itu, usaha memiliki pengertian berbagai daya untuk mendapatkan apa yang di inginkan. Sehingga secara terminologis pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk mendapatkan apa yang di inginkannya ( keuntungan - kekayaan - uang ) dengan memanfaatkan berbagai faktor baik faktor eksternal maupun internal.

Dalam menilai sebuah peluang usaha, apakah cocok dengan keadaan kita atau tidak, tentu kita harus memperhatikan berbagai faktor yang saya bagi menjadi dua jenis yaitu :
Faktor Internal :
Faktor internal berasal dari diri kita sendiri semisal bakat dan minat. Mungkin bagi orang lain usaha bimbingan belajar komputer menjadi satu peluang bisnis yang sangat prospektif, namun bagi mereka yang bahkan SD tidak lulus sementara umur sudah terlanjur tua. Maka ini akan sangat sulit berkembang. Saya tidak mengatakan bahwa mustahil untuk sukses, namun keberhasilan akan lebih lama bahkan bisa jadi akan menemui kegagalan di tengah jalan. Untuk itulah, ketika kita memilih satu peluang usaha maka terlebih dahulu kita harus melihat faktor internal yang ada dalam diri kita agar apa yang kita inginkan yaitu keuntungan bisnis, dan kekayaan dapat kita raih dengan lebih mudah dan cepat.

Faktor Eksternal
Faktor eksternal berarti berbagai hal yang berkaitan di luar diri kita. Warnet adalah salah satu peluang usaha yang dulu pernah booming dan menghasilkan banyak uang untuk pemiliknya. Namun, pada beberapa tahun terakhir, usaha ini mulai surut karena munculnya banyak laptop, gadget serta area internet gratis. Bagi sebagian daerah mungkin masih berpotensi, namun bagi daerah yang kebanyakan warganya telah memiliki laptop dan jaring internet sendiri. Maka peluang usaha warnet akan menjadi ide usaha yang kurang tepat terlebih kini telah banyak muncul desa internet yang mengembangkan desanya dengan memaksimalkan fungsi internet serta memberikan akses internet dengan mudah dari dalam rumahnya.

Faktor eksternal ini harus anda kaji dengan baik. Caranya adalah buka mata, buka telinga dan jadilah orang yang bisa tanggap dalam menghadapi berbagai perubahan dunia. Trend selalu berubah, dulu, bunga cinta menjadi sangat fenomenal dengan harga yang selangit, kini bunga tersebut entah kemana rimbanya. Ini adalah contoh perubahan trend yang mempengaruhi dunia bisnis. 

Jika anda bisa melihat kedua faktor di atas, maka anda nantinya akan bisa membaca peluang bisnis dengan baik sehingga anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan banyak uang. 

Menurut seorang tokoh bisnis dunia, D.J Schwarts, agat peluang usaha bisa kita maksimalkan untuk hasil yang optimal maka kita perlu melakukan beberapa hal di bawah ini di antaranya :

  • Percaya dan yakin
Bagi anda yang pernah membaca buku - buku motivasi seperti law of atraction, mungkin anda akan paham betapa dahsyatnya kekuatan keyakinan. Ketika kita yakin, ada tarikan dalam diri kita untuk mendapatkan kekuatan alam sehingga kita terdorong untuk melakukan hal - hal agar sukses. Alam pun kemudian menarik kekuatannya dan menggerakan alam agar apa yang kita yakini benar - benar terjadi.

Soekarno pernah berkata " Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu - membahu mewujudkannya"
  • Jangan hadiri lingkungan yang statis yang akan melumpuhkan pikiran wirausahawan.
Maksudnya pilihlah sahabat yang tepat. Jika anda terbiasa bergaul dengan mereka yang memiliki pemikiran sempit maka anda akan menjadi orang yang memiliki pemikiran yang tidak jauh dari mereka. Anda terbiasa dengan mereka yang memiliki sikap pesimis, maka anda pun kemungkinan besar akan menjadi seorang yang skeptis terhadap kemampuan anda sendiri. Untuk itu, bergaullah dengan mereka yang telah sukses, kemudian carilah orang orang yang selalu optimis agar ketika anda merasa kecil hati, anda bisa tahu bagaimana mereka bisa membesarkan hati mereka ketika keadaan sedang tidak menentu.

Dua hal diatas adalah beberapa hal yang harus anda lakukan agar anda bisa sukses, masih ada beberapa point penting yang sebenarnya juga harus anda pelajari selengkapnya bisa anda baca di artikel di bawah ini :


7 Sikap Untuk Menjadi Pengusaha Sukses Part 1 


Semoga bahasan ini ada manfaatnya. Terus update artikel bisnis di blog bisnis ini.