Usaha budidaya bawang merah Yang Sangat Menguntungkan

Budidaya bawang merah ~ Bawang merah atau yang disebut juga dengan Allium ascalonicum L merupakan sejenis tanaman yang berasal dari keluarga umbi - umbian yang hingga kini masih sangat di butuhkan oleh masyarakat untuk bumbu masak. Peluang usaha agribisnis ini tergolong sebagai peluang bisnis yang potensial serta menjadi komoditi pertanian yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Hal ini terbukti dari stabilnya harga bawang merah bahkan pada saat - saat tertentu, bawang merah bisa mengalami kenaikan harga terlebih pada bulan Ramadhan dan Lebaran.

Usaha budidaya bawang merah Yang Sangat Menguntungkan
img :en.wikipedia.org
Tidak mengherankan, jika kemudian bawang merah di jadikan sebagai komoditi pertanian yang dapat di fungsikan sebagai mata pencaharian. Sentra komoditi bawang merah sendiri terdapat di daerah Cirebon, Majalengka, Indramayu, Andung dan Kuningan. Seperti yang di lansir oleh Kompas.com, dari keterangan Dirjen PDN mengatakan bahwa harga bawang merah di bulan juli 2014 mengalami penurunan namun masih terbilang mahal. Harga bawang kini mencapai Rp. 26.500 / Kg. ( sumber : Kompas )

Dari penuturan di atas, maka usaha budidaya bawang merah bisa menjadi salah satu ide bisnis yang sangat bagus apabila anda memiliki lahan yang cukup untuk anda manfaatkan sebagai media tanam bawang merah. Berikut ini akan saya jelaskan secara singkat mengenai bagaimana membudidayakan bawang merah atau kalau orang jawa mengatakan " Brambang "

Syarat budidaya bawang merah

Beberapa syarat tumbuh bawang merah :
  • Pertumbuhan terbaik bawang merah di dapat jika lahan yang di gunakan adalah lahan yang terdiri dari tanah lempung berpasir atau berdebu, tanah latosol dengan gumpalan atau tanah aluvial. Selain itu, seperti halnya pada tanaman lain, jenis tanah yang digunakan sebagai media tanam usahakan mengandung banyak zat organik serta unsur hara agar tanah tersebut subur.
  • 2. PH tanah usahakan netral pada kisaran 5,5 hingga 6,5
  • Suhu optimum 25oC – 32oC

Cara Budidaya Bawang Merah

  • Pengolahan tanah
  1. Bersihkan lahan dari segala jenis gulma atau tanaman pengganggu lain
  2. Buat bedengan - bedengan dengan lebar 80 cm - 100 cm dan panjang bedengan terdantung luas lahan. Di setiap sisi bedengan di keruk sedalam 15 cm. Jarak antar bedengan adalah 45 cm.
  3. Sebelum di tanam, akan sangat bagus jika tanah di berikan pupuk organik.
  4. Siramlah tanah tersebut
  • Penanaman 
  1. Sirami lahan yang akan di tanam terlebih dahulu
  2. Buatlah lubang tanam sesuai tinggi umbi bawang dengan jarak tanam sekitar 20 - 18 cm.
  3. Masukan umbi bawang kedalam lubang
  4. Tutup bedengan tersebut untuk menjaga kestabilan suhu serta kelembaban udara

  • Penyiraman
  1. Untuk penyiraman pada masa 1-10 hari, lakukan pada pagi dan sore hari
  2. Untuk tanaman bawang merah yang telah berusia antara 11 hari - 60 hari, cukup lakukan sekali saja pada pagi hari atau sore hati
  • Pemupukan
Untuk mengoptimalkan pertumbuhan bawang merah, sangat di anjurkan untuk memberi pupuk :
  1. Pupuk ZA dengan dosis 350 Kg / Ha dan dilakukan sebanyak tiga kali yaitu pada hari ke - 12, hari ke - 23 dan hari ke 35.
  2. Pupuk KCL dengan dosis 100 Kg / Ha cukup satu kali pada hari ke 12 pasca penanaman.
  • Penyiangan
Penyiangan dilakukan untuk melindungi tanaman bawang merah dari gulma atau tanaman pengganggu yang bisa menghambat pertumbuhan bawang merah. Lakaukan setiap seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan karena tingkat pertumbuhan tanaman gulma akan berbeda disetiap lahan.
  • Pemanenan
Pemanenan budidaya tanaman bawang merah dapat dilakukan pada 50 - 90 hari pasca panen atau ketika 60 % - 90 % tanaman telah rebah. Prospek hasil lumayn tinggi dengan angka ± 13 ton/Ha/Tahun. 

Analisa Usaha Budidaya Bawang Merah


Berikut ini adalah analisa usaha bisnis budidaya bawang merah 

Modal usaha 

analisa usaha budidaya bawang merah
img : http://untika.ac.id

Keuntungan budidaya bawang merah


keuntungan budidaya bawang merah
img : http://untika.ac.id/



Dari perhitungan di atas maka didpatkan keuntungan nya adalah :

Rp. 3.839.310.000,- ( Lihat analisa usaha bawang merah )

Indonesia merupakan negara yang subur sarwo tinandur, gemah ripah loh jinawi, mulyo karto raharjo, maka mari kita tingkatkan produksi pertanian Indonesia agar tercipta swasembada pangan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Demikianlah artikel Usaha budidaya bawang merah Yang Sangat Menguntungkan yang semoga bermanfaat untuk anda. Salam suskses.