Usaha Modal Kecil Jualan Pakan Burung Menguntungkan

Usaha modal kecil pakan burung atau makanan burung bisa jadi merupakan usaha yang kian tahun kian cerah prospeknya. Dengan perkembangan hobi burung yang semakin meluas, pakan burung secara otomatis semakin di butuhkan. Dan karenanya, segmentasi pasar pakan burung bisa menjangkau mulai dari perkotaan hingga ke pedesaan.

Usaha Modal Kecil Jualan Pakan Burung Menguntungkan
image source : bisnis.keuangan.kompas.com


Tidak dapat di pungkiri lagi, untuk dapat menghasilkan burungdengan kualitas tinggi,  baik burung kicauan yang dijadikan hewan peliharaan sebatas hobi maupun burung yang ditujukan untuk mendapat keuntungan, maka sangat diperlukan kecukupan gizi serta kuantitas yang cukup untuk makanan burung. Jika sudah bicara hobi, biasanya penggemar burung tidak akan terlalu memikirkan untung rugi, yang terpenting adalah burung yang dipeliharaan dapat tumbuh dengan kualitas terbaik.

Melihat aken perkembangan jumlah penggemar burung yang semakin tahun semakin meningkat, maka peluang usaha bisnis makanan burung akan semakin bagus untuk di jalankan. Hingga saat ini, bisnis makanan burung masih menjadi bisnis yang selalu menguntungkan tentu jika di kelola dengan benar. Berikut ini ada beberapa cara dalam mendirikan usaha modal kecil pakan burung :

Usaha modal kecil membuat pakan burung

Jika anda ingin keuntungan yang lebih besar, maka anda bisa membuat sendiri pakan burung yang alami seperti kroto dan belatung. Untuk belatung biasanya di cari di beberapa kandang ayam. Belatung tumbuh di dalam kotoran ayam yang biasanya berada di bawah kandang. kebutuhan akan belatung jenis ini masih sangat tinggi sementara jumlah stok yang ada belum memenuhi permintaan pasar sehingga prospeknya sangat cerah namun tida semua orang dapat melakukan pekerjaan ini terlebih jika harus berurusan dengan kotoran ayam.

Namun tentu tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mencari belatung ini kemudian anda jual, dalam sehari anda bisa mendapatkan uang hingga ratusan ribu rupiah. Sementara untuk kroto, anda bisa mendapatkannya dari alam dengan menangkapnya langsung di beberapa sarang semut atau bisa juga anda mencoba menjalankan ternak kroto yang bisa anda baca selengapnya di sini.

Selain kroto dan belatung, ada juga pakan alami yang juga bisa di jadikan usaha modal kecil yaitu belalang. Pada musim panen, biasanya belalang akan banyak sekali. Anda bisa mengumpulkannya kemudian anda jual dipasar. 

Usaha modal kecil Jualan Pakan Burung

Jika anda kesulitan dalam memproduksi pakan burung, anda bisa menjadi pengepul atau membuka usaha jualan pakan burung. Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal seadanya dahulu dan di tambah variasi produk sambil berproses.

Dalam menjual pakan burung, anda harus memperhatikan hal - hal berikut ini :
1. Menentukan pakan burung yang paling laris
Untuk dapat mengetahui jenis pakan burung yang paling laris, anda bisa survey ke beberapa pemelihara burung. Akan sangat bagus jika anda termasuk pemelihara burung sehingga tentu anda memiliki pengatahuan yang cukup tentang pakan burung dan jenis - jenis burung.

2. Menentukan lokasi usaha
Penentuan lokasi usaha sangat penting karena akan memperbesar peluang mendatangkan pembeli. Semakin strategis tentu semakin besar calon pembeli sehingga tingkat penjualan pun semakin meningkat

3. Tentukan komposisi produk
Maksudnya disini adalah anda akan menjual pakan alami dan pakan pabrikan. Maka anda harus pintar - pintar menentukan jumlah produk yang anda beli yang nantinya akan anda jual kembali, terlebih pada pakan alami yang berkaitan dengan nyawa. Para pemelihara burung biasanya enggan jika melihat pakan alami sudah banyak yang mati. Biasanya pemnggemar burung mencari pakan alami yang masih fressh. Untuk itulah, anda harus pintar dalam menentukan jumlah produk pakan alami atau pakan hidup yang anda jual agar nantinya anda tidak rugi karena pakan hidup yang anda jual mati sebab terlalu lama di dalam toko.

Keuntungan dari usaha modal kecil pakan burung tentu sangat bervariasi tergantung sebesar apa usaha anda serta darimana anda mendapatkan barang tersebut. Jika anda mendapatkan barang atau pakan tersebut dari para pengepul, maka akan berbeda jika anda mendapatkan pakan langsung dari petani yang nota bene jauh  lebih murah karena anda mendapatkannya langsung dari tangan pertama.

Dari pemaparan diatas, anda bisa menyimpulkan bahwa berjualan pakan burung prospeknya masih tinggi sehingga sangat layak untuk anda jalankan.

Sekiranya demikian artikel Peluang Usaha Modal Kecil Jualan Pakan Burung Menguntungkan yang semoga dapat bermanfaat untuk anda.