Menjadi Pengusaha Sukses Usia Muda? Ini rahasianya?

Peluang Usaha ~ Sudah menjadi impian setiap pebisnis untuk mendapatkan kesuksesan yang puncaknya adalah kebebasan finansial. Kebebasan finansial sendiri merupakan satu kondisi dimana kita tidak perlu lagi bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Ini hampir mirip dengan para pensiunan, namun untuk pensiunan masih banyak yang terpaksa melakukan kegiatan bisnis karena masih belum mencukupi kebutuhan.

Menjadi Pengusaha Sukses Usia Muda? Ini rahasianya?
gambar oleh : sinar-kejora.com
Seringkali orang berpandangan bahwa kebebasan finansial hanya akan dicapai ketika umur sangat tua alias telah bau tanah. Padahal, kesuksesan bisnis tidak melihat seberapa umur anda, karena pada dasarnya, kesuksesan bisnis tidak membedakan sebagian orang, bisnis selalu menghadirkan kesempatan yang sama kepada siapapun termasuk para pemuda yang masih berumur jagung.

Adalah Lizzie Marie Likness, Bocah perempuan yang masih berumur 11 tahun ini telah berhasil mengundang decak kagum karena di usia yang masih sangat - sangat muda, dia sudah menjadi seorang pebisnis yang sukses di bidang kuliner. Dengan satu visi yaitu menyajikan makanan yang lezat dan sehat, Lizzi berhasil mendirikan Lizzie Marie Cuisine dan kini, ia telah menjadi seorang pemandu acara memasak yang sudah terkenal di daerah barat sana. Simak kisah para pengusaha muda Dunia dan Indonesia Di artikel : Pengusaha Sukses Termuda Dunia Dan Indonesia

Di Indonesia, ada pemuda nekad yang kini telah memiliki bisnis bimbingan belajar dan penjualan sofa bed yang memiliki omzet  60 juta / bulan. Hamzah Izzul Haq saat ini baru berumur 23 Tahun, namun kesukesannya sudah ia dapatkan pada beberapa tahun silam. Ia tergolong nekad karena diusia yang masih belasan tahun berani meminjam uang orang tuanya sebesar Rp. 75 juta untuk membeli bisnis bimbingan belajar seharga 175 juta. Sisa yang belum terbayar harus ia cicil.

Namun, dengan keyakinan dan daya bisnis yang kuat, Hamzah Izul Haq mampu mengembalikan uang tersebut kepada orang tuanya bahkan berhasil membelikan mobil baru keuntungan bersih yang telah ia dapatkan telah mencapai puluhan juta rupiah per bulan.


Dua kisah pengusaha di atas merupakan bukti nyata bahwa umur tidak menjadi patokan mutlak untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis. Asalkan anda yakin dan telaten, maka anda bisa mendapatkan kesuksesan tersebut meskipun masih dalam usia muda.

Berikut ini, beberapa langkah yang bisa anda jalankan untuk meraih kesuksesan bisnis di usia muda diantaranya :

  • Miliki keyakinan yang teguh
Keyakinan adalah inti dari usaha. The Power Of belief atau kekuatan keyakinan mampu menggerakan alam agar saling bahu - membahu untuk membantu sang pemilik keyakinan. Tuhan menilai hambanya dari keyakinan yang ia miliki. Jika dia sendiri tidak percaya kepada dirinya sendiri, bagaimana ia akan dipercaya oleh orang lain?

Steve Jobs, sang pendiri Aple pernah merasakan bagaimana dampak kekuatan keyakinan. Ketika ia hendak mengeluarkan komputer Aple II. Sang pendiri Digital Equipment, Ken Olson berkata kepada Steve Jobs  “tidak ada alasan mengapa orang-orang akan menginginkan sebuah komputer di rumah mereka.” Namun, kenyataan berkata lain, kini tiap orang telah mulai memiliki komputer di rumahnya sendiri.

  • Miliki Visi Panjang Ke masa depan
Anda harus memiliki visi, untuk apa anda berbisnis. jangan hanya melihat hari ini, cobalah lihat sejenak di masa depan. Ingin jadi apa diri anda,  mau kemana bisnis anda nantinya? dengan menentukan visi yang jelas, anda akan melangkah dengan keteraturan dan penuh pertimbangan. Anda akan lebih hati - hati dalam menggunakan waktu, tidak ingin menghambur - hamburkan uang untuk sekedar bersenang - senang. 

  • Berfikirlah satu langkah di depan, dan belajar dari arah belakang
Inilah kuncinya. Anda belajarlah dari para pebisnis yang telah sukses. Mereka memiliki segudang ilmu yang mereka dapatkan dari keberhasilan, dari kegagalan dari perjuangan dan dari pengorbanan yang mereka lakukan. Anda tidak perlu merasakan kegagalan untuk tahu arti keberhasilan, Anda cukup belajar dari mereka yang pernah gagal.

Berfikirlah satu langkah lebih di depan, pikirkan baik dan buruknya. Dengan berbagai perhitungan dan persiapan, lakukan dengan ilmu bukan hanya dengan kenekadan. 

Saya kira, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan kesuksesan di usia muda asal kita bisa mengaktualiasikan potensi yang ada dalam diri kita. 

Baca juga : Kisah Sukses Usaha Rumahan

Semoga saja artikel Menjadi Pengusaha Sukses Usia Muda? Ini rahasianya? bisa menjadi inspirasi kita semuanya.