Mengelola Bisnis Bimbingan Belajar Menjadi Peluang Usaha Franchise

Bisnis bimbingan belajar kini telah menjamur seiring dengan perkambangan kurikulum dan sistem pendidikan Indonesia. Hingga tulisan ini di terbitkan, Indonesia sedang menerapkan kurikulum tematik integratif dimana peserta didik dipandu untuk berpikir tinggi. Dengan sistem terpadu, kurikulum ini memaksa siswa untuk lebih aktif berfikir, lebih aktif memahami bukan hanya menghafalkan. Hal ini lah yang membuat kebanyakan siswa kemudian merasa kesulitan untuk memahami materi karena banyak mata pelajaran yang digabung padahal nilai raport per semester dimasukan dalam kriteria kelulusan.

Mengelola Bisnis Bimbingan Belajar Menjadi Peluang Usaha Franchise


Dengan kondisi seperti diatas, maka bukan lagi ujian nasional yang dijadikan standar kelulusan namun juga tiap semester pembelajaran adalah ujian nasional bagi peserta didik. Hal ini diperkuat dengan beasiswa yang telah banyak di berikan oleh pemerintah kepada para murid berprestasi diantaranya adalah bidik misi. Kebanyakan beasiswa ditentukan dari perolehan nilai persemester, tak heran jika les atau bimbingan belajar kini sangat diminati oleh para siswa. Ini adalah peluang bisnis yang sangat cerah dengan modal yang bisa dikatakan kecil.

Pembahasan tentang bimbingan belajar dapat anda lihat di artikel : Ide Usaha Rumahan Bimbingan Belajar

Dalam artikel ini akan saya bahas lebih jauh mengenai pengelolaan bisnis rumahan bimbingan belajar untuk menjadi franchise yang tentunya dapat menghasilkan uang melimpah seperti yang telah diraih oleh Purdi E Chandra sang pemilik bimbel Primagama. Bagaimana caranya? Mari simak selengkapnya dibawah ini:

  • Tentukan Kemana dan Untuk Apa Anda Berjalan
Tiap bisnis, pasti memiliki visi. Bisnis yang gagal adalah bisnis yang tidak memiliki visi jelas atau salah dalam bervisi. Kenyataannya, orang yang memiliki visi jelas dan kuat akan lebih mudah menjadi orang sukses dan besar. Visi, apakah benar atau salah akan membuat sang pemiliki visi tersebut memiliki kekuatan besar untuk melakukan hal - hal terberat sekalipun. Coba tengok pada Adolf Hitler sang pendiri Nazi, Napoleon Bona Parte raja prancis terkenal dan Patih Gajah Mada yang tidak akan memakan buah palapa sebelum dapat menguasai nusantara. 

Visi tersebut akan menentukan bagaimana anda berjalan dan menjadi pendongkrak dari kinerja anda. Ketika anda membuka bisnis apapun termasuk bimbingan belajar, anda harus menemukan satu visi yang harus teguh anda pegang dan anda jadikan sebagai pedoman. Jika anda mendirikan bimbingan belajar maka cobalah tentukan visi bisnis yang jelas, bukan sekedar uang yang anda inginkan, tapi lebih mulia dari itu, anda ingin mencerdaskan bangsa, anda ingin mengubah orang biasa menjadi luar biasa, anda ingin agar banyak orang yang menjadi berilmu sehingga anda akan semakin bermanfaat kepada sesama. Itulah visi bisnis yang mulia yang akan membuat alam bahu membahu membantu mewujudkan impian anda.

  • Beri nilai plus
Jangan biarkan bisnis rumahan bimbingan belajar anda sama dengan bimbingan belajar lain. Cobalah anda beri nilai plus baik dari keunikan tempat, metode belajar khusus atau metode evaluasi yang lain dari pada yang lain yang intinya membuat bimbel anda beda. 

Kini, ada banyak metode menghafal cepat dan menghitung cepat, pelajari itu serta padukan dengan konsep penalaran yang mudah dicerna oleh anak didik. Buatlah penyampaian - penyampaian materi dengan cara unik sehingga siswa dapat lebih mudah mengingat dan memahami. Dengan keunikan atau nilai plus ini, bimbingan anda akan semakin berkembang dan terkenal.
  • Utamakan kualitas bukan kuantitas
Memiliki murid banyak tentu menjadi impian bagi pemilik bimbel, tapi kadang menjadi bomerang bagi mereka yang belum memiliki kemampuan manajerial memadai. Semakin banyak murid berarti semakin banyak kepala yang berbeda yang harus anda didik. Dengan perbedaan ini tentu akan menjadi tantangan terbaru bagi pendidik untuk dapat memahamkan dan mengajari anak didiknya yang berbeda kemampuan. 

Jika anda hanya berfokus pada kuantitas, tanpa memikirkan kulitas maka lambat laun usaha anda akan tergerus oleh kegagalan pengajaran. Maka, ada baiknya anda mencoba mempelajari bagaimana metode serta sistem menajemen pendidikan. Seimbangkan dengan menambah pengajar serta buat pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan siswa itu sendiri.
  • Kualitas Pengajar, Harga Mati!!!
Mungkin ketika anda mengajar sendiri, siswa lebih mudah menerima pelajaran. Namun, setelah bertambah guru, ternyata siswa berkurang. Ini bisa jadi karena kekecewaan siswa terhadap kemampuan mengajar dari guru yang membantu anda, maka alangkah baiknya jika anda bisa memberi pelatihan terlebih dahulu kepada para guru yang diperbantukan untuk membantu anda. Mereka juga harus memiliki visi yang jelas, mereka juga harus memiliki setidaknya sebagian dari metode pengajaran anda agar ciri khas bisnis rumahan bimbingan belajar anda tetap terjaga.



Setelah semua hal diatas dilakukan, maka evaluasi terhadap kinerja siswa, guru dan anda sendiri adalah puncak dari tahap pendirian bimbel. Jika anda telah sukses melakukan semuanya, dengan evaluasi yang bagus maka membuat peluang usaha franchise bukanlah hal yang sulit bahkan akan ada orang yang meminta anda untuk mewaralabakan bisnins bimbingan belajar anda. Menyenangkan tentunya jika anda memiliki bisnis yang mempunyai banyak cabang.

Hal diatas semoga saja dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa berdoa agar usaha anda dimudahkan oleh Tuhan. Kiranya demikian artikel Mengelola Bisnis Bimbingan Belajar Menjadi Peluang Usaha Franchise terima kasih atas kunjungan anda dan salam sukses.