Peluang Usaha Sampingan Hijab / Jilbab Muslimah

Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga bukan hanya hadir dari berkebun atau memainkan bisnis online. Salah satu jenis usaha sampingan uang dapat di jalankan oleh wanita adalah peluang usaha jilbab atau hijab muslimah. 

Saat ini, jilbab, hijab atau yang sejenisnya telah menjadi trend tersendiri. Hijab kini bukan hanya dilihat sebagai alat untuk menutup aurat, namun juga sudah memasuki ranah fashion. Tak heran, jika kini banyak para desainer yang kemudian memasukan hijab ke dalam rancangan fashion mereka. Untuk anda yang ingin mencari peluang usaha sampingan yang pas, ada baiknya mempelajari usaha jilbab muslimah karena peluang bisnis ini masih terbuka lebar.

Peluang Usaha Sampingan Hijab / Jilbab Muslimah

Berikut ini adalah artikel lengkap Peluang Usaha Sampingan Hijab / Jilbab Muslimah untuk anda.

  • Merancang Business Plan
hal pertama yang harus anda lakukan adalah merancang rencana bisnis atau business plan yang meliputi :
1. Target pasar
Anda harus menentukan terlebih dahulu target pasar anda, apakah anak muda, orang tua atau kah anak - anak? dengan menentukan segmentasi pasar anda dapat menentukan berbagai hal lain yang berkaitan dengan perencanaan selanjutnya.

2. Rencana Modal
Setelah anda memiliki gambaran tentang bisnis anda, target pasar anda dan produk apa yang akan anda hasilkan. Anda tinggal merancang modal usaha. Hal ini dapat anda lakukan dengan menyesuaikannya dengan kekuatan finansial anda.

3. Promosi dan pemasaran
Setelah anda menghasilkan produk. sudah pasti membutuhkan proses promosi dan pemasaran. Untuk lebih mudah dalam pelaksanaannya, anda akan sangat dianjurkan untuk merancang bagaimana produk anda akan di promosikan serta di pasarkan.

4. Rencana pembuatan
Yang tak kalah penting tentu adalah proses pelaksanaan atau pembuatan produk. Di sini anda diharuskan merencanakan bagaimana kah produk anda dibuat, dengan mesin atau manual, usaha sendiri atau dibantu karyawan, kapankaah pelaksanaanya dan sebagainya. Ini semua dapat anda sesuaikan dengan modal anda yang telah anda hitung dalam business plan anda.

  • Tahap Pembuatan
Dalam tahapan ini, anda bisa mencoba untuk mendesain sendiri jilbab muslimah yang anda dapatkan dari berbagai media seperti internet, majalah atau televisi. Jika anda telah dapat menentukan bagaimana desain hijabnya, selanjutnya anda mencari bahan. Untuk bahan alangkah baiknya anda membelinya secara grosiran langsung ke penyedia agar mendapatkan harga paling murah dengan harapan keuntungan dari peluang usaha ini semakin besar.

Sebagai jaga - jaga, anda juga harus mempersiapkan karyawan dan mengajarinya agar anda bisa mendelegasikan tugas - tugas anda kepada bawahan anda
  • Tahap Promosi dan penjualan
Pada tahapan ini, anda bertugas untuk mempromosikan barang anda. Jika anda telah menyusun business plan, maka anda tinggal melaksanakan rencana bisnis peluang usaha anda sehingga menghemat waktu anda. Anda bisa mempromosikannya di internet, korang atau majalah. Jika modal anda masih terlalu kecil, anda bisa menawarkannya kepada masyarakat di sekitar anda. 

Penjualan dapat anda lakukan di dunia nyata seperti menjualnya ke toko - toko kerudung, langsung ke masyarakat dengan memulainya kepada tetangga, ibu - ibu arisan dan sebagainya. Jika anda sudah mengenal internet, ada baiknya anda mejualnya melalui BBM, media sosial atau toko online. 

Apakah Peluang Usaha ini menguntungkan?

Prospek usaha ini kian cerah karena memang kebutuhan akan jilbab semakin besar. Hal ini tentu tidak lepas dari jasa para desainer baju muslim yang mampu memadukan kesan religi dengan fashion. Jilbab kini menjadi fashion style dan bukan hanya sebagai penutup aurat. Permintaan akan hijab menjadi semakin tinggi sehingga menjadikan peluang usaha jilbab muslimah semakin berkilau.

Analisa peluang usaha jilbab muslimah


Modal Tetap 


1. Peralatan Dan Perlengkapan 
  - Mesin jahitRp.  1.600.000,00
  - Meja dan  rakRp.     300.000,00
  - Alat - alat jahitanRp.     200.000,00
 
 Total 
Rp.  2.100.000,00




2. Perlengkapan
  - Bahan-bahan jilbabRp.  1.500.000,00
  - Benang dan asesoris lainnyaRp.     200.000,00
  - Lain-lainRp.     150.000,00
  Total                                 Rp. 1.850.000

B. Perhitungan laba/rugi per bulan


1. Pendapatan
Jilbab 12kodi@Rp.35.000,00/kodi x 30hariRp.  12.600.000,00

2. Pengeluaran 
Biaya operasional + Biaya transportasi = Rp. 1.850.000,- + Rp. 400.000,- = Rp. 2.250.000,-
Permisalan kita membutuhkan karyawan sebanyak 2 orang dengan gaji masing masing Rp. 750.000,-

Maka pendapatan bersihnya adalah 
Rp. 12.600.000,- - Rp. 2.250.000 - Rp. 1.500.000,- = Rp. 8.850.000,- 

Sangat lumayan bukan? perhitungan diatas adalah perhitungan kasar yang bisa saja berbeda dengan kondisi masing masing daerah. Namun kesimpulan yang didapat adalah bahwa peluang usaha ini memang sangat menguntungkan. 

Semoga saja artikel tentang Peluang Usaha Sampingan Hijab / Jilbab Muslimah dapat bermanfaat untuk anda dan semoga anda dimudahkan jalan usaha nya.