Peluang Usaha Sampingan Kost - kostan Indekost

Usaha sampingan ~ peluang usaha yang bisa anda kerjakan tanpa meninggalkan pekerjaan asli anda maka usaha tersebut masuk kedalam jenis bisnis sampingan. Dalam praktiknya, bisnis jenis ini dapat melebihi pendapatan asli gaji kita sehingga kemudian banyak orang kemudian keluar dari pekerjaannya lalu terjun total untuk mengurus bisnisnya. 

Peluang Usaha Sampingan Kost - kostan Indekost


Salah satu bisnis sampingan yang bisa anda jalankan adalah peluang usaha sampingan kos - kosan. Usaha ini sebenarnya lebih mengarah kepada bisnis properti. Ada beberapa keunggulan bisnis ini diantaranya adalah :
  • Tidak membutuhkan kehadiran anda setiap waktu
Untuk usaha sambilan, bisnis ini sangat ideal karena tidak meminta waktu terlalu banyak sehingga anda bisa meninggalkannya. Anda hanya perlu melihatnya sesekali atau bisa juga menyewa tenaga kerja untuk merawat dan mengawasi kos - kosan anda. 
  • Sistem bisnis mudah
Sistem bisnis tergolong sangat mudah karena hitungannya tinggal anda hitung per kamar per penghuni. Anda bisa memasang tarif per kamar atau per orang, dengan demikian anda tidak akan dipusingkan dengan proses bisnis lain seperti yang dialami oleh para pelaku bisnis warungan atau produsen barang.

Selain dua kelebihan diatas, satu kelebihan lain adalah modal operasional yang tidak terlalu rumit kecuali anda menyediakan makanan bagi penghuni maka anda harus memikirkan bahan makanan setiap hari. Untuk permodalan, bisa anda sesuaikan sendiri. Anda bahkan tidak perlu membangun bangunan baru jika rumah yang anda tempati tergolong sepi. Rumah anda sendiri dapat anda jadikan rumah kost - kostan.

Agar usaha sampingan kost - kostan anda bisa berjalan dengan baik maka anda sebaiknya melakukan hal - hal sebagai berikut :
  • Pemilihan lokasi
Pemilihan lokasi sangat menentukan nasib dari peluang bisnis sampingan anda. Anda harus tepat lokasi seperti di dekat kampus atau sekolah karena disitulah banyak orang yang memerlukan jasa rumah singgah terkhusus bagi sekolah atau kampus yang memiliki peserta didik berasal dari lokasi yang jauh. 
  • Tempat Nyaman
Anda tak perlu membangun rumah kost yang mewah, yang paling tepat adalah sederhana namun nyaman. Kebanyakan anak kost biasanya sangat hati - hati dengan uang, rumah kost terlalu mewah tentu memakan uang lebih banyak dan biasanya minim peminat, namun jika ruangan murah sederhana namun nyaman dan bersih maka peminatnya akan lebih banyak bahkan bisa saja anda harus menolak permintaan
  • Penentuan harga yang tepat
Untuk hitungan biasanya dilakukan per bulan. Ada dua sistem dalam penentuan harga yaitu harga per orang atau harga perkamar. Harga per orang berarti berapapun isi satu kamar maka satu orang di jatuhi harga yang sama, Misal untuk kamar A mampu menampung 3 orang, maka meskipun penghuni kamar 1 orang sementara tarif perbulan / orang adalah Rp. 150.000, maka penghasilan untuk kamar A adalah 150 ribu. Berbeda dengan jika hitungan per kamar, Kamar B di kenai tarif Rp. 400.000/ bulan dengan maksimal penghuni 3 orang, maka penghuni baik satu orang, dua orang maupun tiga orang maka pendapatan per kamar adalah Rp. 400.000,-

Dari dua jenis penentuan harga diatas, memiliki kelemahan dan kelebihan. Namun, yang paling umum adalah harga per kamar karena akan lebih mudah dan lebih menghasilkan.

Apakah anda berminat untuk menjalankan bisnis sampingan ini? Siapkan konsepnya dan tentukan lokasinya.

Semoga saja Artikel Peluang Usaha Sampingan Kost - kostan Indekost dapat menginspirasi anda semua untuk membangkitkan kewirausahaan di negeri Indonesia.