Contoh Sistematika Proposal Usaha Bantuan Hibah Pemerintah

Contoh Proposal Usaha ~ Di beberapa kesempatan, telah sering saya jelaskan bahwa dalam membangun bisnis, bisnis apapun baik bisnis rumahan maupun bisnis utama yang dilakukan di luar rumah yang tak kalah penting yang harus anda miliki adalah kreatifitas. Anda mungkin tidak terlahir dari orang yang kaya yang karenanya anda tidak bisa dengan mudah mendapatkan modal seperti halnya orang kaya yang mudah saja mencari modal. Namun, bagaimanapun kondisi strata anda, anda bisa mendapatkan modal dari manapun asal anda dapat mengasah otak anda, anda bisa mendapatkan jalan darimanapun. 

Hal inilah yang coba penulis lakukan ketika dahulu mengawali usaha ternak kambing. Berbekal proposal usaha lalu dikirm ke pemerintah kabupaten, setelah beberapa bulan kemudian menapatkan bantuan modal sebesar Rp. 5.000.000,- untuk membeli lima ekor kambing. Dari sini sebenarnya sudah dapat kita pastikan bahwa meskipun anda tidak memiliki modal, anda bisa membangun bisnis dengan cara mengajukan permodalan kepada pemerintah. Dari itu saya sengaja membuat satu artikel khusus untuk pengadaan modal peternakan untuk anda dan semoga bermanfaat. 



  • Contoh Cover Proposal Usaha Bantuan Bansos Hibah



Pada halaman terdepan, buatlah cover dengan sistematika sebagai berikut :



  • Judul Proposal Misalkan " Proposal Bantuan Modal Peternakan Kelompok Tani SukaMaju "
  • Logo / Gambar 
  • Identitas kelompok tani seperti nama kelompok, alamat kelompok



  • Halaman Pengesahan
Halaman pengesahan merupakan halaman yang berisi persetujuan dari pihak pihak terkait baik itu pemerintah desa, pemerintah kecamatan, dinas terkait yaitu dinas peternakan dan pembina. Adapun rincian sistematika dapat di lakukan sebagai berikut :

Contoh Sistematika Proposal Usaha Bantuan Hibah Pemerintah

sumber : http://disnakkeswan.ntbprov.go.id/





































Struktur Penulisan Contoh Proposal Usaha Bantuan Hibah

BAB I 
PENDAHULUAN

Bab pendahuluan berisi latar belakang masalah, kondisi masyarakat, dan  Maksud atau tujuan dari pengadaan usaha tersebut bagi masyarakat yang disesuaikan dengan latar belakang.

BAB II
Sumber Daya Alam atau Potensi Kalayakan Kelompok Tani 
1. Potensi (SDM) atau sumber daya alam dilihat dari kemampuan masing masing anggota kelompok, seperti pengalaman dan kemampuan di bidang ternak.
2. Potensi SDA atau sumber daya alam yang ada didaerah tersebut, apakah rumput, air dan sebagainya, apa saja yang ada untuk menunjang bisnis dijabarkan sejelas jelasnya. 
3. Rincian usaha, mulai dari jumlah dan jenis hewan ternak yang dimiliki. 
4. Fasilitas lain yang menunjang keberhasilan usaha
5. Kendala dan masalah yang dihadapi kelompok

BAB III
BAB III. RENCANA PENGGUNAAN DANA BANTUAN PEMERINTAH (tidak lebih dari 2 halaman)
BAB ini mengulas rencana estimasi dan penggunaan dana yang di ajukan kemudian rinci dalam bentuk tabel secara gamblang :
1. Dukungan yang diharapkan
2. Rencana Usaha Kelompok (RUK)
3. Rencana pengembangan kelompok
4. Analisis usaha pengembangan ternak yang diusulkan

BAB IV
PENUTUP
Bab penutup berisi kesan pesan, terima kasih dan harapan atas proposal usaha anda.


BAB V. 
Lampiran
Pada bab ini berisi lampiran lampiran berisi surat pendukung dan foto - foto bukti usaha. 


Untuk contoh proposal usaha selengkapnya dapat anda download atau baca di sini

Hal - hal diatas merupakan unsur unsur contoh proposal usaha dari segi sistematikanya. Hal ini bisa kita sesuaikan berdasarkan peraturan dari masing masing daerah. Meskipun biasanya tidak serta merta keluar, tentu anda tidak boleh putus asa dahulu, lakukan saja dan semoga saja menjadi salah satu jalan keluar untuk mendapatkan modal dari pemerintah. baca juga : Proposal usaha Bantuan pemerintah.