Memulai Peluang Usaha Dari Nol? Ini Rahasianya

Peluang Usaha ~ Sejauh ini kita masih melihat betapa rendahnya jumlah minat masyarakat untuk menjalankan usaha kecil menengah. Ini tentu berpengaruh pada tingkat ekonomi negara karena jumlah wirausaha ternyata juga mempengaruhi tingkat kesejahteraan bangsa secara global. Sehingga ketika kita menjalankan usaha kecil menengah atau wirausaha, maka secara langsung atau tidak langsung kita telah ikut mensejahterakan masyarakat Indonesia. Namun, seringkali orang enggan melakukan kegiatan bisnis terlebih bisnis yang dimulai dari nol, maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang bagaimana menjalankan fokus bisnis yang dimulai dari nol, mari simak ulasan artikel nya dibawah ini


Dalam menjalankan peluang usaha apapun, ada baiknya anda harus mempertimbangkan berbagai hal terkait dengan business plan atau rencana bisnis. Rencana bisnis ini akan sangat membantu anda dalam menentukan bagaimana nantinya unit bisnis anda akan bergerak dan melangkah. Untuk itu, sebagai salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan melakukan petimbangan 5 W dan 1 H. Seorang Profesor bidang bisnis bernama Prof Mohan Sawhney telah merumuskan sebuah formula 3 W dan 1 H untuk menentukan fokus bisnis, kemudian untuk melengkapi nya ditamha 2 W untuk lebih memudahkan pembacanya. Adapun 5 W 1 H tersebut adalah :
kaskus.co.id


Why ( Mengapa )
Sebelum anda memulai suatu bisnis, anda perlu mengetahui alasan MENGAPA anda melakukan bisnis tersebut. Mengapa anda ingin berbisnis, mengapa anda memilih jenis bisnis tersebut? inilah pertanyaan dasar yang harus anda tanyak terlebih dahulu. Ini berkenaan dengan visi misi anda dalam menjalani bisnis anda, apapun peluang usaha anda, usahakan anda harus memiliki alasan jelas mengapa anda berbisnis dan mengapa anda memilih jenis bisnis tersebut. Dalam menentukan jenis peluang usaha ada baiknya anda membaca referensi cara memilih peluang usaha yang baik di artikel di bawah ini :



What ( Apa )
Setelah menentukan alasan yang mendasari anda dalam memilih bisnis, selanjutnya tentukanlah apa yang akan anda jual. Apa yang akan anda produksi, apa bahan - bahannya, apa kendala yang nantinya akan terjadi. Pada pertanyaan ini, anda dituntut untuk menentukan jenis bisnis yang seperti apakah yang anda inginkan, apakah sesuai dengan segmentasi pasar anda atau tidak. 

Who ( Siapa ) 
Setelah anda menentukan jenis barang atau produk apa yang ingin anda produksi kemudian anda harus menentukan siapa konsumen yang anda bidik. JIka anda memilih bisnis pakaian, siapakah yang anda bidik ? apakah anak - anak yang berarti anda harus membuat pakaian anak - anak, ataukah para remaja yang berarti anda harus mengikuti trend masa kini. 



How ( Bagaimana )
Jika anda telah menentukan dengan jelas jenis bisnis dan jenis barang yang akan anda produksi, selanjutnya adalah bagaimana anda memproduksi, bagaimana anda mendapatkan modal, bagaimana nantinya anda akan memasarkannya. Pertanyaan ini dapat terjawab dengan membaca artikel di bawah di bawah ini :

Cara Dapat Modal Tanpa Pinjaman Meski Tidak Punya Uang

When ( Kapan )
Setelah semuanya siap, kapankah anda akan memulai bisnis anda? kapan anda akan launching bisnis anda. Akan sangat baik jika anda menggunakan momen - momen khusus seperti tahun baru, imlek, valentine dan sebagainya sebagai awal dari pembukaan bisnis anda. 

Demikianlah ulasan cara memulai peluang usaha dari nol. Semoga saja dapat bermanfaat untuk anda para calon wirausahawan. Dan terima kasih telah membaca artikel Memulai Peluang Usaha Dari Nol? Ini Rahasianya, semoga sukses.