Peluang Bisnis Sampingan Ternak Kambing Modal Kecil


Peluang Bisnis Sampingan ~ Kambing, siapa yang tidak mengenal hewan herbivora atau pemakan tanaman ini? dengan cita rasa dagingnya yang khas, kambing sangat di kenal di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri kambing menjadi salah satu hewan yang paling di minati untuk di jadikan sebagai olahan masakan yang beraneka ragam. Meskipun memiliki bau yang terkenal agak menyengat, namun hal ini tidak membuat hewan ini sepi peminat, hal ini terkait di Indonesia yang mayoritas merupakan negara berpenduduk islam terbesar di Dunia memiliki satu bentuk ibadah yaitu Aqiqah dan Idhul Qurban, sehingga setiap tahunnya konsumis daging ini bisa di katakan semakin naik. 

Dengan adanya idhul Qurban dan Aqiqahan, peternak kambing dapat mendulang rejeki dalam jumlah besar. Tak hanya peternak, para penampung pun ketiban rejeki besar pada masa masa ini. Belum lagi kebutuhan daging kambing untuk berbagai keperluan seperti sate kambing, rendang dan masakan lain yang biasanya tersaji di warteg atau restoran. Selain tingkat konsumsi yang masih tinggi, biaya operasional pun tergolong tidak terlalu tinggi serta memiliki tingkat kematian yang rendah. Namun demikian tak banyak orang yang mau menjalankan peluang bisnis ini lantaran proses penjualan yang terbilang lebih lama serta terkenal jorok dan bahkan seringkali di cap sebagai bisnis rendahan. 

Peluang Bisnis Sampingan Ternak Kambing Modal Kecil
http://id.wikipedia.org/wiki/Kambing

Asumsi diatas menyebabkan peternakan kambing biasanya lebih sering di kerjakan oleh kalangan penduduk desa sebagai peluang bisnis sampingan yang dikelola dengan sistem tradisional. Banyak orang berpandangan skeptis terhadap bisnis ini, padahal keuntungan bisnis ini terbilang sangat besar dan telah mencetak pengusaha pengusah ternak yang sukses diantaranya adalah Andi Nata yang berhasil menjadi seorang pengusaha muda peternakan berkat kambing dan dombanya. Dengan ketekunan nya dalam menjalankan peluang bisnis ini, beliau mampu mengumpulkan pendapatan bersih puluhan juta perbulan. 

Dalam sebuah seminar yang pernah saya ikuti, saat itu saya menjadi peserta seminar yang kesemuanya merupakan calon penerima bantuan kambing dari pemerintah. Dari salah satu narasumber yang merupakan seorang lulusan fakultas peternakan, saya mendapatkan beberapa pelajaran penting dalam peluang bisnis ini. Ia mampu membukukan pendapatan bersih 30 Juta perbulan dari hasil peternakan kambingnya. Bagaimana ceritanya? 

Beliau membeli kambing muda atau remaja seharga 800 ribu - 1,1 juta sebanyak 10 ekor. Setelah di pelihara selama satu  tahun yang Ia jual pada saat idul adha ia mendapatkan laba bersih 10 x 2,5 juta = 25 juta atau keuntungan bersih 1 juta per bulan. Ia kemudian mengembangkan bisnis ini dengan membibitkan kambing serta pembesaran hingga jumlah kambing yang ia ternakan mencapai 300 ekor. Bisa anda bayangkan berapa pendapatan yang di dapatkan dari bisnis ini, 300 ekor X Rp. 2 juta = 600 juta, angka yang sangat lumayan tentunya. 

peluang bisnis ini semakin terbuka lebar dan mudah seiring denga penemuan penemuan teknologi peternakan dimana pakan rumput dapat di fermentasikan sehingga lebih irit dan awet. Sehingga anda tidak perlu lagi kesulitan dalam mencari rumput ketika jumlah kambing anda semakin bertambah.

Jika anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini baik sebagai bisnis utama maupun usaha sampingan, anda dapat menanyakan langsung kepada para peternak kambing di daerah anda. Menjadi salah satu kelebihan yang sudah pasti anda dapatkan adalah anda tidak perlu membeli makanan pabrikan untuk pakan kambing karena pakan kambing telah di sediakan oleh alam secara gratis. 

Demikianlah artikel peluang bisnis sampingan ternak kambing yang semoga dapat bermanfaat untuk anda dan menjadi inspirasi bagi usaha anda. Salam sukses.