Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Membuka Usaha Jahitan

Ide Bisnis Rumahan ~ Pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar selain pangan dan papan. Seiring dengan semakin majunya peradaban manusia yang memfungsikan pakaian bukan sekedar sebagai penutup badan atau aurat namun juga sebagai sarana menghias diri sehingga orang tidak akan puas memiliki satu dua pakaian namun juga banyak pakaian yang bagus meski pakaian lama masih layak pakai.

Kebutuhan ini dibutuhkan oleh setiap orang sementara itu hanya segelintir orang yang memiliki kemampuan mumpuni dalam bidang tata busana. Tidak semua orang mau menghitung lingkar badang, mendedel pakaian yang kebesaran atau merancang pakaian lebaran yang pas dengan motif yang tepat. Nah, kebutuhan inilah yang kemudian coba dipenuhi oleh para penjahit. Ide Bisnis Rumahan jahitan berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat untuk membuat pakaian, mengecilkan baju yang kebesaran atau sekedar memasang atribut pakaian resmi.
Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Membuka Usaha Jahitan

Jika anda memang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang jahit menjahit maka tidak ada salahnya untuk membuka usaha jahitan ini. Dengan modal satu mesin jahit dan beberapa alat jahit yang tentunya tidak terlalu besar anda sudah bisa melakukan kegiatan bisnis rumahan di rumah anda. Berbeda dengan boutique dan Tailor, anda sebagai penjahit biasanya diharuskan memiliki kemampuan untuk membuat baju baik pria dan wanita dan termasuk memperbaiki pakaian baik itu mengecilkan pakaian atau menjahit atribut pakaian.

Bisnis rumahan ini akan mencapai pendapatan tertinggi terutama pada saat masa naik kelas atau awal masuk sekolah dan hari menjelang lebaran dimana banyak anak sekolah yang membutuhkan pakaian baru ataupun umat muslim yang membutuhkan pakaian muslim yang baru. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan untuk meraih kesuksesan di bidang usaha rumahan ini diantaranya adalah :

1. Tepat waktu
Perlu anda pahami bahwa seorang pelanggan biasanya memakai jasa anda sebagai penjahit untuk membuat pakaian atau yang lainnya untuk di pakai pada satu moment seperti awal masuk sekolah atau lebaran hingga acara hajatan. Maka, satu hal yang harus anda pastikan adalah tepat waktu. Untuk itulah, anda harus pintar- pintar dalam memanage waktu anda agar semua pesanan dapat terpenuhi minimal sesuai permintaan pelanggan dan lebih bagus lagi apabila selesai kurang dari waktu permintaan karena hal tersebut akan membuat usaha bisnis rumahan jahitan anda dipercaya karena tepat waktu.

2. Jangan serakah
Cobalah untuk menghitung berapa kemampuan anda dalam menjahit. Jangan terlalu memaksakan semua jahitan untuk anda jahit. Hal yang dikhawatirkan adalah apabila anda terlalu banyak pesanan padahal kemampuan anda tidak mencukupi maka yang terjadi adalah keterlambatan yang mengakibatkan kekecewaan pelanggan.

3. Mulailah berinovasi
Selain memperbaiki pakaian atau membuat baju pesanan. Mengapa anda tidak membuat pakaian couple atau pakaian yang bagus untuk anda pasarkan baik melalui dunia nyata maupun online. Saat ini banyak sekali baju - baju couple yang di jual di internet dan dipasarkan melalui jejaring sosial, toko online atau grup BBM.
Dengan membuat baju = baju komersil maka keuntungan yang akan anda dapatkan akan semakin besar tentunya.

Ide bisnis  lain :

Usaha Rumahan Baju Muslim Anak Yang Menguntungkan


Sebagai bahan pertimbangan usaha anda, ada baiknya anda membaca Analisa Usaha Bisnis Rumahan Jahitan di bawah ini :

Analisa Usaha Bisnis Rumahan Jahitan

Analisa Usaha Bisnis Rumahan Jahitan
Peralatan Mesin jahit                         Rp 1.400.000,. 
Mesin obras                                      Rp 1.200.000,. 
Jumlah                                                                      Rp 2.600.000,. 
Perlengkapan Benang, penggaris dll   Rp 100.000,. 
Bahan dan kain                                 Rp 400.000,. 
Jumlah                                                                       Rp 500.000,.

 Dengan modal awal sebesar Rp. 3.100.000,-
Dan Rp. 500.000 per bulan.

Maka perhitungan laba rugi adalah :
Dalam sebulan anda mendapatkan 50 pesanan pakaian, dengan biaya per pakaian Rp. 30.000 maka dalam sebulan pendapatan anda akan mencapai Rp. 1.500.000,- dengan begitu, pendapatan bersih anda adalah sekitar Rp. 1.000.000,-

Pendapatan anda akan semakin bertambah jika anda menerima pesanan seperti pesanan pakaian sekolah yang bisa mencapai ratusan stel. Keuntungannya sangat besar.

Dari uraian diatas, sangat bagus kiranya jika anda memiliki kemampuan dibidang jahit menjahit lalu membuka bisnis rumahan jahitan di rumah anda karena bisnis jahitan bisa dibilang bisnis yang tidak ada matinya.