Contoh Latar Belakang Proposal Usaha rumahan


Contoh proposal usaha seperti yang telah saya sebutkan pada artikel : Cara Membuat Proposal Usaha Yang Baik Dan Benar terdiri dari berbagai unsur mulai dari cover, kata pengantar dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas teutama pada latar belakang proposal usaha. contoh latar belakang proposal usaha merupakan sebab atau faktor pendorong yang membuat usaha yang ditawarkan menjadi penting. 

Contoh latar belakang proposal bisa dikatakan sebagai sarana untuk memberi pemahaman kepada calon investor mengapa usaha yang hendak dijalankan memiliki potensi yang bagus. Anda bisa memasukan keadaan Indonesia ke dalam latar belakang, masalah kemiskinan, prospek dan sumber daya yang tersedia hingga ke masalah pengangguran, dengan adanya latart belakang masalah dihadapkan calon investor akan tertarik untuk terus membaca contoh proposal usaha anda yang pada akhirnya tertarik pada usaha anda secara keseluruhan sehingga mau menginvestasikan uangnya. Berikut ini contoh latar belakang proposal usaha rumahan.


Contoh Latar Belakang Proposal Usaha rumahan

Contoh Proposal | Contoh Latar Belakang Proposal Usaha

Pada beberapa tahun belakangan ini, Indonesia telah mengambil beberapa keputusan yang berimbas kepada dunia bisnis. Sebagai contoh adalah kenaikan BBM yang terjadi pada saat pemerintahan SBY dimana yang semula Rp. 2.400 untuk premium menjadi Rp. 4.500,-. Hal ini tentu membawa dampak menyeluruh kepada kehidupan masyaraat. Banyak usaha baik usaha rumahan maupun skala besar yang akhirnya gulung tikar karena membengkaknya biaya produksi diakibatkan pada kenaikan harga BBM.
Kemudian dilakukanlah konversi minyak tanah ke gas sebagai bentuk penghematan minyak tanah. Meski pada awalnya menimbulkan kontoversi namun akhirnya kebutuhan gas menjadi kebutuhan yang sudah mendekati kebutuhan primer yaitu sebagai sarana memasak. Hampir setiap rumah atau kepala keluarga memiliki kompor gas, dari sini kita dapat melihat potensi yang sangat bagus karena kebutuhan gas yang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat Indonesia saat ini.
Kebutuhan ini menjadi peluang usaha yang sangat potensial untuk dijalankan karena gas merupakan kebutuhan mendasar. DI lain pihak keuntungan yang ditawarkan juga terhitung besar terlebih jika telah memiliki banyak langganan. Dengan melihat pada kondisi yang demikian maka saya berencana mendirikan usaha agen gas Elpiji.
Dengan banyaknya pengangguran akibat dari kenaikan BBM, diharapakan dengan adanya usaha ini, akan lebih banyak pekerja yang tertampung serta dapat menghasilkan keuntungan yang dapat membuat hubungan saling menguntungkan antara pihak investor maupun pelaku usaha yang berperan di dalamnya.
Contoh Latar Belakang Proposal Usaha

Beberapa tahun belakangan Indonesia digempur dengan berbagai krisis mulai dari krisis kepercayaan terhadap pemerintahan, krisis moral termasuk krisis ekonomi yang menyebabkan masih banyaknya warga negara Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan. Hal ini tentu di latar belakangi salah satunya oleh kenaikan bahan bakar minyak ( BBM ) yang terjadi secara bertahap pada beberapa tahun silam karena krisis ekonomi dunia.
Menurut data statistik di Badan Pusat Statistik ( BPS ) Indonesia, jumlah keluarga miskin di Indonesia kini 28 066.550 Keluarga. Data ini tentu menjadi satu tugas pemerintah bersama seluruh pihak termasuk rakyat itu sendiri untuk menanggulangi kemiskinan yang terjadi di Indonesia dengan cara menggiatkan kegiatan usaha kecil menengah ( UKM ) karena 98,8 % usaha yang di jalankan di Indonesia adalah usaha kecil menengah ( UKM ).
Dengan membuka atau menggiatkan kegiatan usaha produktif kecil menengah maka diharapkan akan memperluas lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kesajahteraan keluarga Indonesia sehingga jumlah keluarga miskin di Indonesia dapat berkurang secara bertahap.
Sayangnya kesadaran untuk melakukan usaha kecil menengah masih sangat kurang di tingkat masyarakat sehingga jumlah lapangan pekerjaan tidak mencukupi jumlah penduduk usia produktif sehingga ada banyak pengangguran dan kemiskinan. Untuk itulah, baik pemerintah dengan bekerjasama dengan instansi terkait serta kesadaran dan kemauan dari masyarakat perlu di sinergikan agar UKM DI Indonesia dapat di tingkatkan dengan harapan dapat menambah kesejahteraan rakyat Indonesia.
Dari pemaparan diatas, kami warga desa Kedungpanjang Kecamatan Blitar Kabupaten Blitar, berinisiatif membentuk usaha bersama sebagai bentuk upaya kami dalam menggiatkan kegiatan usaha kecil menengah ( UKM ) di tingkat pedesaan guna memperluas lapangan pekerjaan serta mengurangi angka kemiskinan khususnya di desa Kedungpanjang kecamatan Blitar kabupaten Blitar/
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami membentuk Kelompok Usaha Bersama ( KUBE ) yang seluruh anggotanya berasal dari Ibu – Ibu rawan sosial dengan harapan dapat meningkatkan kelayakan hidup para anggota secara khusus dan masyarakat desa Kedungpanjang Secara umum. Semoga upaya kami ini dapat diterima dan di dukung oleh berbagai pihak yang terkait dan dapat dimudahkan jalannya oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amin.

Demikianlah contoh latar belakang yang merupakan pelengkap dari contoh proposal usaha. Terima kasih telah berkunjung di blog bisnis rumahan kami.