Peluang Usaha Bisnis Persewaan Buku Yang Menguntungkan


Peluang Usaha ~ adalah sebuah dampak postitive dimana pada beberapa tahun terakhir minat membaca masyarakat Indonesia kian tinggi. Meskipun tidak semua bacaan merupakan bacaan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, buku yang laris dibaca justru merupakan buku buku komik atau novel yang beberapa dekade terakhir sedang ngetrend terlebih munculnya komik manga jepang pada tahun 90-an. Meski tergolong masih rendah, namun peningkatan indeks baca masyarakat terbilang naik.

Data yang dihimpun dari UNESCO, Indonesia memang masih tergolong sebagai negara yang penduduknya masih kurang dalam hal minat membaca. Namun pada beberapa tahun ini dengan digalakkannya sistem pendidikan nasional yang berfokus pada kemandirian siswa, siswa kini mulai melek buku. Hal ini lambat laun akan membiasakan masyarakat untuk dapat terus membaca. 

Peluang Usaha Bisnis Persewaan Buku Yang Menguntungkan

Namun demikian, salah satu sebab mengapa minat membaca juga masih rendah adalah karena kurangnya bahan bacaan yang beragam dan lagi ketiadaan biaya untuk membeli buku. Negara Indonesia yang masih terlilit kemiskinan tentu menjadikan rakyatnya enggan membeli buku, untuk makan saja susah apalagi untuk membeli buku yang satu bukunya bisa mencapai puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah, Dari problematika inilah kemudian muncul satu peluang usaha yang diharapkan mampu memenuhi dahaga membaca masyarakat yaitu peluang usaha persewaan buku.

Peluang usaha ini terbilang masih sangat jarang. Hal ini juga terkait pada pandangan skeptis pada bisnis ini. Dengan minat membaca yang masih rendah, maka persewaan buku dipandang tidak potensial untuk di jalankan padahal pandangan ini keliru. Peluang bisnis persewaan buku masih potensial asalkan anda pintar dalam mengelolanya. Selain itu, peluang usaha persewaan buku juga tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan ukuran 3 x3 m, sebuah ruangan dapat digunakan untuk tempat usaha sewa buku. Adapun buku - buku bisa didapat dipasar loak.

Peluang usaha ini mendapatkan keuntungan tentunya dari persewaan buku, anda bisa memasang trarif antara Rp. 1000 - Rp. 3000 per buku selama beberapa hari tertentu. Dengan asumsi jika sehari ada 50 pengunjung yang menyewa buku maka jika rata - rata tarif yang dikenakan adalah Rp. 2000, maka dalam sehari anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 100.000, atau sama dengan Rp. 3.000.000,- per bulan. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar, maka usahakan untuk dapat membuka usaha sampingan ini ditempat yang ramai dan banyak kawula muda. 

Hambatan Usaha

Hambatan usaha dari peluang usaha ini adalah fakta bahwa buku bukanlah satu satunya media membaca, kini dengan adanya komputer yang menyajikan berbagai file dokumen seperti docx, DJVU, PDF, dan lain sebagainya telah menghadirkan media baca yang lebih baru dan lebih murah. Namun sekali lagi bahwa tidak semua buku dapat dibaca di Internet terlebih dengan semakin ketatnya undang undang berkaitan dengan hak cipta. 

Hambatan lain adalah minat baca masyarakat yang rendah. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mengambil strategi yaitu memilih tempat untuk peluang usaha ini di tempat yang dekat dengan MAL, kampus, sekolah atau tempat yang ramai. Kebanyakan buku yang paling laris adalah dari jenis novel dan komik, anda bisa menyewakan dua jenis buku ini namun harus selektif karena saya tidak merekomendasikan bacaan bacaan yang berbau kekerasan, pornografi dan lain sebagainya.



Jika anda tertarik, maka mulailah memikirkan tempat yang strategis yang dapat dijangkau oleh kalangan yang melek baca, kemudian belilah buku buku bekas di pasar loak.
baca juga : 


Semoga artikel tentang Peluang Usaha Bisnis Persewaan Buku Yang Menguntungkan dapat membantu anda yang sedang mencari ide bisnis sampingan atau bisnis rumahan.