peluang Usaha Sampingan les Privat dengan modal kecil


Usaha sampingan ~ Les privat merupakan salah satu jenis bisnis yang bergerak dibidang pendidikan. Peluang Usaha ini semakin mengkilap pada beberapa tahun terakhir semenjak diadakannya perubahan sistem pendidikan nasional yang memfokuskan kepada kemandirian siswa sehingga siswa dituntut untuk lebih kreatif dan belajar sendiri tanpa tergantung kepada guru. Siswa hanya akan diberi garis besar garis besar tentang suatu materi dan paham tidak paham maka siswa harus bisa mengerti.

peluang Usaha Sampingan les Privat dengan modal kecil
www.lesprivat-erfolg.com

Hal ini sering saya temui ketika para siswa yang mengeluhkan tentang terlalu cepatnya proses KBM, banyak materi yang tidak dipahami, guru hanya memberikan dasar umumnya dan siswalah yang harus memahami sendiri dengan membaca buku yang bisa didapat diperpustakaan atau internet. Problem ini dihadapi oleh hampir 80 % siswa, sehingga kemudian para orangtua berusaha mengirimkan anak anaknya ke berbagai bimbingan belajar. bagi beberapa siswa, sistem belajar berkelompok atau klasikal dirasa tidak tepat karena sistem bimbingan belajar klasikal memiliki beberapa kelemahan yaitu :


1. Semakin banyak murid tingkat kefokusan semakin rendah

Menjadi hal yang lumrah dimana dalam satu kelompok belajar, fokus dan konsentrasi semakin rendah. Ini berbeda dengan les privat yang tentunya akan lebih fokus pada satu murid. Sehingga hasil yang didapat akan lebih baik.

2. Lebih banyak waktu mengkaji
Misalkan anda diberi waktu 30 menit untuk melihat pekerjaan siswa, dan dikelas anda ada sekitar 10 siswa, maka anda bisa memberikan sekitar waktu 6 menit dengan asumsi anda menjelaskan per dua orang. Namun jika les privat maka waktu 30 menit tersebut digunakan hanya untuk satu anak.


3. Biaya perbulan lebih kecil

Selain beban belajar lebih besar dan lebih rumit, biaya bimbingan belajar anak juga relatif lebih kecil daripada les privat. Sayangnya bimbel klasikal berbeda dengan lembaga formal. Ketika nilai anak tidak baik atau tetap, siswa dapat dengan mudah keluar dari bimbingan belajar anda, dan tentu akan menyebabkan menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap usaha sampingan bimbingan belajar anda. 

Dari beberapa alasan diatas, maka usaha sampingan les privat menjadi sangat baik dijalankan terlebih jika anda adalah seorang mahasiswa yang telah banyak sekali kegiatan. Alangkah lebih baik mencoba menjalankan bisnis sampingan les privat terlebih dahulu karena dengan begitu pikiran anda tidak akan terlalu pusing sehingga anda bisa tetap membagi tenaga, pikiran dan waktu sesuai dengan posisi anda sekarang.

Meski pun hanya mengajar satu orang, usaha sampingan les privat biasanya lebih besar hingga 5 kali lipat biaya bulanan bimbel klasikal. Jika pada bimbingan belajar klasikal dikenai Rp. 50.000 / bulan, pada bimbingan belajar privat bisa di hargai dengan Rp. 20.000 / pertemuan, jika anda bisa mengajar sebanyak 3 pertemuan perminggu untuk satu anak maka dari satu anak tersebut adalah Rp. 20.000 x 12 = Rp. 240.000,-. Dengan hitungan ini anggaplah anda memiliki jadwal mengajar sehari tiga kali dan seminggu kecuali hari minggu, maka akan ada 3 x 6 = 18 pertemuan perminggu, sehingga jumlah pertemuan perbulan didapatkan sebanyak 18 x 4 perminggu = 72 pertemuan. Jika per pertemuan dihitung Rp. 20.000,- maka didapat penghasilan Rp. 1.440.000,- pendapatan yang sangat lumayan karena anda tidak perlu mengeluarkan modal besar.



Modal yang anda perlukan hanyalah bolpoint, buku dan mungkin bensin, Namun yang jelas modal utama anda adalah otak anda. Ballpoint dapat anda gunakan yang biasa anda pakai untuk menulis. Pulpen seharga Rp. 1.000 bisa dipakai selama berbulan bulan, buku buku dapat anda pakai dari teman atau adik yang sudah lulus sehingga tidak terpakai. Adapun bensin anda bisa menambah tarif bimbingan belajar untuk transportasi. Usaha sampingan ini bahkan hampir tanpa modal bukan?

Yang terpenting bagi anda adalah konsistensi dengan menjaga kualitas pendidikan anda. Semakin baik nilai hasil yang dicapai anak didik anda maka semakin tinggi pula kepercayaan masyarakat kepada anda. Lebih membahagiakan lagi adalah anda akan memiliki banyak relasi yang bisa anda ambil kebaikannya saat anda membutuhkan sesuatu dan saya yakin anak anak yang anda ajar adalah anak anak orang kaya. 

Bagaimana apakah anda tergugah untuk ikut dalam mencerdaskan bangsa dengan mendirikan usaha sampingan les privat? segeralah praktikan setelah membaca peluang Usaha Sampingan les Privat dengan modal kecil