Pengertian dan jenis - Jenis Investasi Yang harus Anda Ketahui

Investasi | Dalam dunia ekonomi, Investasi menjadi kata yang bukan lah asing didengar bagi para pengusaha. Bisa dibilang, investasi merupakan titik terpenting dalam dunia bisnis. Tak heran jika negara Indonesia kemudian mulai mempermudah peraturan investasi agar ada banyak investor yang tertarik untuk menginvestasikan dana nya untuk membiayai kegiatan usaha tertentu yang nantinya dapat memperluas lapangan pekerjaan.

Agar anda lebih paham dengan istilah Investasi, berikut ini akan kita bahas pengertian dan jenis jenis investasi yang harus anda ketahui agar anda tidak salah dalam memilih jenis investasi.

Pengertian dan jenis - Jenis Investasi Yang harus Anda Ketahui

Pengertian Investasi


pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi)

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Penanaman uang atau modal dalam satu perusahaan atau unit usaha untuk tujuang memperoleh keuntungan.
3. Mulyadi
Pengaitan sumber - sumber dalam jangka panjang untuk menghasilkan laba di masa yang akan datang.
4. Sunariyah
Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.
Dari pengertian pengertian diatas dapat lah kita simpulkan bahwa Investasi merupakan penanaman modal dalam bentuk modal atau baik berbentuk uang atau barang yang digunakan untuk membiayai kegiatan perusahaan yang bertujuang untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Secara jelas dikatakan bahwa Investasi merupakan modal yang anda gunakan untuk menjalankan perusahaan. Investasi bisa juga dikatakan sebagai salah jenis bisnis pasive yang beresiko namun juga menggiurkan karena anda tidak bekerja untuk mendapatkan uang namun anda adalah pengguna uang yang memperkerjakan uang untuk mendapatkan lebih banyak uang.
Baca juga : Investasi Online Untuk Usaha Rumahan Sampingan

Jenis - Jenis Investasi.

  • Depostito Bank
    Deposito bank merupakan suatu jenis investasi dimana anda menginvestasikan uang anda di bank namun tidak dapat anda ambil uang tersebut hingga mencapai suatu masa tertentu sesuai dengan ketentuan. Jika anda ingin mendepositokan uang anda di Bank A, maka biasanya anda akan ditawarkan beberapa pilihan masa penyimpanan mulai dari 1 tahun atau diatas satu tahun. Pada investasi jenis ini, anda akan mendapatkan keuntungan dari bunga deposito yang lumayan tinggi daripada bunga bank pada tabungan bank.
  • Tabungan Bank
    Tabungan bank hampir sama dengan deposito bank namun berbeda pada masa pengambilan karena anda memiliki hak untuk mengambil uang anda kapanpun anda mau dan bunga yang dikenakan biasanya lebih rendah daripada depostio bank.
  •  Investasi Emas
    Siapa tak kenal logam mulia yang satu ini. Jenis logam yang sangat populer sebagai perhiasan ini menjadi salah satu jenis investasi yang harganya mengikuti nilai mata uang dari tujuh negara terkuat ekonominya atau yang biasa dengan negara G7. Investasi emas termasuk ke dalam salah satu investasi yang menguntungkan terlebih ketika ada nya inflasi, semakin tinggi inflasi semakin tinggi pula harga emas.
  • Mata Uang Asing
    Investasi ini biasanya menggunakan sistem trading forex. Selisih mata uang menjadi ukuran untung rugi dalam investasi ini. Indonesia merupakan negara dengan perbuahan kurs yang paling fluktuatif karena menganut asas mengambang bebas atau free float sehingga membuat investasi jenis ini bahkan lebih beresiko dari investasi saham. Sistem ini akan kita bahas pada kesempatan mendatang.
  • Obligasi
    Obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi pemerintah yang bertujuang untuk menambah permodalan suatu perusahaan. Bungan yang ditetapkan dalam investasi ini sedikit lebih tinggi dari deposito.
  • Saham
    Saham merupakan surat kepemilikan suatu perusahaan. Ketika seseorang memiliki saham di suatu perusahaan maka dia termasuk pemilik perusahaan. Terdapat dua jenis keuntungan yang didapat dalam investasi jenis ini yaitu deviden atau pembagian keuntungan yang diberikan kepada para pemegang saham atas keuntungan yang dicapai oleh perusahaan tersebut dan yang kedua adalah capital again yaitu keuntungan dari menjual saham yang memiliki nilai jual lebih tinggi daripada harga beli. 
Dari kesekian banyak jenis investasi, tentu ada kelemahan dan kelebihannya tergantung resiko dan tinggi bunga. Yang perlu anda catat adalah bahwa dalam menginvestasikan uang anda, anda harus berhati hati karena banyaknya para broker yang rupanya tidak memiliki perusahaan alias perusahaan fiktif.

Semoga saja pembahasan tentang investasi ini dapat bermanfaat untuk anda.