Peluang Usaha Budidaya jamur Merang Yang Mudah

Peluang Usaha | Dalam beberapa artikel sebelumnya, telah kita singgung mengenai budidaya jamur kuping dan jamur tiram, Untuk melengkapi peluang bisnis jamur akan saya posting artikel khusus budidaya jamur merang yang sudah lazim sebagai makanan yang bercitarasa lezat serta bergizi tinggi. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, bisnis yang satu ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin menjadi seorang pengusaha bidang agribisnis.

Karakteristik Jamur Merang.
Sebelum membahas peluang usaha jamur merang dan analisa usahanya, ada baiknya kita ketahui karakteristik jamur merang.

Peluang Usaha Budidaya jamur Merang Yang Mudah

Jamur merang memiliki nama ilmiah Volvariella volvacea dan disebut jamur merang karena pada habitat aslinya biasa tumbuh di bekas tanaman padi pada saat panen. Jamur ini banyak di budidayakan di berbagai negara di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara sebagai jamur konsumsi yang diolah menjadi berbagai masakan.

Jamur merang memiliki bentuk tubuh yang mirip telur dengan warna coklat gelap atau abu - abu. Pada saat dewasa, jamur merang akan menyerupai cawang dan memiliki warna coklat gelap keabu - abuan, sementara jamur yang diperjual belikan sebagai bahan makanan adalah jamur merang yang masih muda yang belum mekar. 

Jamur merang memiliki cita rasa yang gurih dan kenyal sehingga mirip seperti gading. Tak hanya itu, jamur ini terbukti memiliki kandungan gizi tinggi. Dalam setiap 100 gr jamur merang basah ada sekitar 3.2 gr dan akan menjadi 16 gr dalam keadaan kering. Di dalam tumbuhan fungi ini juga terdapat kandungan fosfor, kalsium dan kalori ( sumber wikipedia )

Dengan rasa dan kandungan seperti yang telah saya sebutkan diatas, tak heran apabila kemudian jamur merang menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi oleh sebagian masyarakat khususnya menengah atas atau dijadikan menu makanan di restoran atau rumah makan. Karena permintaan kian meningkat membuat petani mulai melirik peluang usaha budidaya jamur merang sebagai salah satu segmen agribisnis yang layak di coba.

Sebenarnya terdapat beberapa jenis jamuryang sudah banyak dikenal  sebagai jamur konsumsi yaitu diantaranya adalah jamur tiram,jamur kuping, dan jamur Shitake. Dari sekian jenis jamur,jamur meranglah yang paling diminati oleh masyarakat dan tentunya paling banyak dibudidayakan oleh para petani. Tak hanya karena tingginya permintaan, faktor kemudahan juga menjadi alasan mengapa membuka peluang  usaha budidaya jamur merang menjadi salah satu bisnis agribisnis yang sangat potensial diantaranya adalah kemudaha dalam mengelolanya,modal yang ringan dan mudahnya pemasaran/

Selain itu, kebutuhan jamur merang seperti yang dilansir di beberapa sumber bahwa 50 % hingga 60 % produksi nasional adalah jamur merang. Dari seluruh produksi baru dapat memenuhi 50 % kebutuhan nasional. Lanjut menurut Ketua Umum MAJI ( Masyarakat Agri Bisnis Jamur Indonesia ) mengatakan bahwa hingga kini, Indonesia belum mampu memenuhi permintaan luar negeri terhadap jamur merang karena tingginya permintaan di dalam negeri. Untuk kebutuhan dalam negeri saja baru terpenuhi sekitar 50 % tentulah belum mencukupi untuk memenuhi permintaan ekspor ke lluar negeri seperti Amerika Serikat. Ini tentu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan peluang usaha budidaya jamur menjadi sangat berpotensi.

baca juga :

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jamur Kuping


Berbicara mengenai harga, standar untuk jamur merang biasanya dapat dijualdengan harga Rp. 9.000 hingga Rp. 12.000 / kg dengan BEP ( Break Event Point ) atau modal kembali adalah Rp. 7.000. Namun, biasanya jika anda menjualnya langsung pengepul maka akan menjadi murah. Jika anda dapat menjualnya langsung ke konsumen maka harga yang bisa di patok adalah sekitar Rp. 15.000 - 20.000. Anda tentu bisa melihat berapa keuntungan yang didapat dari peluang usaha bisnis budidaya jamur.

Dari pemaparan secara singkat diatas, apakah anda punya keinginan untuk terjun ke dunia jamur. Artikel Peluang Usaha Budidaya jamur Merang Yang Mudah semoga dapat menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi anda yang ingin menjalankan bisnis di bidang agri bisnis.