Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jamur Kuping

Peluang usaha rumahan | Jamur kuping, tidak banyak yang tahu mengenai tanaman ini. Beberapa diantaranya bahkan menganggap bahwa tanaman ini adalah tanaman yang bersifat parasit bahkan mengandung racun sehingga tidak bisa di manfaatkan. Tanaman fungi yang memiliki nama ilmiah (Auricularia auricular) memiliki bentuk melebar seperti daun telinga sehingga kemudian oleh masyarakat Indonesia disebut dengan Jamur Kuping yang berarti jamur daun telinga ( kuping = telinga, jawa)

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jamur Kuping

Tanaman ini memiliki tekstur jelly yang kenyal pada keadaan freash atau segar namun akan keras seperti tulang saat kering. Beberapa jenis jamur kuping berwarna  hitam atau coklat kehitaman dan selain itu ada pula yang berwarna coklat tua. Adapun yang paling tinggi nilai ekonomi adalah jamur kuping berwarna coklat tua. Peluang bisnis rumahan jamur kuping ini tentu memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah :


1. Peluang bisnis jamur bukan musiman
budidaya jamur kuping bisa di budidayakan di hampir setiap musim. Baik di musim hujan maupun musim kemarau. Proses pengelolaan jamur kuping yang dikelola di dalam kumbung menyebabkan terlindungnya jamur dari sengatan panas dan hujan. Ini berarti perubahan musim yang terjadi tidak terlalu berarti dengan catatan harus di perhatikan intensitas penyiraman dan penanggulangan hama dan penyakit. Faktor kualitas bibit juga harus di perhatikan agar lebih kuat dan tahan terhadap perubaha musim atau serangan penyakit dan hama.

2. Peluang usaha jamur relatif stabil
Di sepanjang tahun belakangan ini, harga jamur kuping di pasaran cenderung stabil untuk jamur basah siap panen berada di kisaran harga sekitar Rp. 8.000 dan Rp. 50.000 untuk jamur kering. Pada saat bulan ramadhan atau idul fitri bahkan harga bisa naik 20 %. 

3. Peluang usaha kuping mudah di kelola

Tidak seperti budidaya tanamanpadi, jagung atau sejenisnya yang membutuhkan banyak variabel seperti pupuk, pestisida atau bahan lainnya, pada produksi jamur kuping,  tidak terlalu rumit karena proses pengelolaan lebih besar ada pada penyiraman air selebihnya tergantung pada kualitas jamur. Tidak perlu ada pemupukan, penyiangan dan lain sebagainya.

Baca juga : Peluang usaha rumahan budidaya jamur tiram


Selain kelebihan - kelebihan diatas, kelebihan lain yang terdapat pada bisnis jamur kuping adalah mudahnya mendapatkan bibit, pengepul dan konsumen. Terdapat rantai hubungan bisnis mulai dari tingkat pembibit hingga konsumen sehingga tidak kesulitan dalam menjual produk. Sangat di anjurkan untuk para pembudidaya ikut dalam komunitas pembudidaya jamur agar lebih mudah dalam mendapatkan informasi serta mudah dalam mendaptakan bibit dll.


Adapun konsumen yang menjadi target pasar adalah masyarakat sebagai makanan rumah tangga serta rumah makan - rumah makan besar. JIka di daerah anda masih belum terlalu banyak pembudidaya, ini kesempatan bagi anda karena anda dapat menjalankan bisnis ini dengan meminimalisir jumlah pesaing peluang usaha rumahan anda. 


Di dalam jamur kuping terdapat 72 % lemak yang aman di konsumsi, selain itu juga terdapat berbagai vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dintaranya adalah vitamin B1, B2, Niasin, Biotin dan zat lain seperti K, P, Ca, Na, Mg, Cu, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika permintaan akan jamur kuping sangat tinggi khususnya di luar negeri seperti china dan hongkong. Selain sebagai bahan makanan, jamur kuping juga sangat baik untuk pengobatan. Dari berbagai jenis kandungan ini, tak heran jika kemudian budidaya jamur kuping menjadi salah satu peluang usaha yang sangat potensial dan mudah untuk di jalankan. ( sumber : wikipedia 

Apakah anda tertarik untuk menjalankan peluang usaha budidaya jamur kuping? yang pasti anda harus punya keberanian dan kemauan agar bisnis anda bisa berhasil dan sukses. Semoga saja artikel mengenai Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jamur Kuping dapat bermanfaat untuk anda dan salam sukses.