Peluang Usaha Sampingan Bisnis Modal Kecil 2015

Peluang Usaha Sampingan ~ Tahun 2015 terdapat beberapa jenis bisnis yang kemudian menjadi booming dan menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah. Salah satu diantaranya adalah kerajinan batu akik. Keuntungan yang di dapat sangat lumayan karena bahan yang dijadikan sebagai bahan baku merupakan bahan yang di dapat di alam tanpa membayar. Bisnis tersebut terbukti menjadi salah satu bisnis sampingan yang sangat menggiurkan hingga menggegerkan media - media nasional.

Peluang Usaha Sampingan Bisnis Modal Kecil 2015

Dalam artikel Peluang Usaha Sampingan Bisnis Modal Kecil 2015 akan saya bahas beberapa ide bisnis kecil yang boomong di tahun 2015 ini. Ide bisnis tersebut terdiri dari berbagai bidang mulai dari usaha kuliner, usaha pertambangan seperti kerajinan batu akik diatas maupun bidang lain yang tidak kalah menggiurkan karena berpotensi menghasilkan uang hingga jutaan rupiah. Berikut ini daftar peluang bisnis sampingan dengan modal kecil 2015.

Usaha Sampingan Batu Akik

Seperti yang telah heboh di beberapa media nasional, batu akik hingga kini menjadi trend bisnis baru. Batu - batu unik disulap menjadi mata cincin. Bahkan untuk mendongkrak kepopuleran batu akik, Pemkab Purbalingga mewajibkan seluruh pegawainya untuk menggunakan cincin batu akik. Demam batu akik merebak ke seluruh negeri dan menjadi berkah tersendiri bagi para penambang maupun pembuat cincin batu akik. 

Dalam menjalankan usaha sampingan ini. anda bisa menjadi pelaku bisnis yaitu penambang. Penambang batu bertugas mencari batu mulia kemudian dijual kepada pembuat batu akik. Booming batu akik menjadikan semakin banyaknya penambang baru. bahkan hingga terjadi konflik yang hampir saja berujung pada kekerasan seperti yang terjadi di Kabupaten Nagan Raya, Aceh. Namun jika anda tidak berminat menjadi penambang,anda bisa menjadi pengrajin batu akik, namun anda harus memiliki ketrampilan dan tentunya alat pemoles. Anda tinggal membeli batu bongkahan dari para penambang lalu anda ubah menjadi batu akik.


Usaha Sampingan Jamur Crispy

Seperti yang kita tahu bersama, jamur merupakan salah satu jenis makanan yang sangat lezat dengan citarasa khas yang kenyal. Beberapa orang kemudian menyulap jamur menjadi menjadi olahan yang nikmat dan gurih dalam bentuk jamur crispy. Prosesnya sangat mudah seperti yang dilakukan untuk  membuat fried Chicken. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini berkisar antara 2-5 juta rupiah dengan keuntungan bisa mencapai jutaan rupiah per bulan. 

Mengingat usaha sampingan jenis ini masih jarang tentu masih sangat berpotensi untuk dikembangkan namun kendala yang biasanya terjadi adalah jamur belum seluruhnya dikenal. Bahkan ada beberapa orang yang masih beranggapan bahwa di dalam jamur terdapat racun yang membahayakan tubuh. Untuk itu, anda harus jeli dalam melakukan promosi selling agar konsumen bisa mengenal produk anda.

Peluang Usaha Simpan Pinjam

Terlepas dari pro kontra antara halal dan haram. Kebutuhan masyarakat akan dana pinjaman sepertinya semakin meningkat, hal ini dikarenakan beberapa sebab seperti pertumbuhan ekonomi, munculnya wirausaha muda hingga pada kebiasaan konsumtif masyarakat. Melihat pada kondisi seperti ini, membuka koperasi atau usaha simpan pinjam menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat berpotensi. Namun dana yang anda butuhkan untuk modal tentu tidak dalam nominal kecil. Anda harus mempersiapkan dana yang lumayan besar untuk anda pinjamkan. 

Selain itu, dengan banyaknya unit usaha baik dari pemerintah maupun swasta yang menawarkan program pinjaman maka anda harus pandai memikat nasabah anda. Perlu adanya program - program khusus yang menarik agar nasabah anda setia dengan unit simpan pinjam yang anda jalankan. Usaha sampingan ini masih terbuka lebar peluangnya. Namun harus dikelola dengan manajemen yang tepat agar tidak ada uang yang terhenti di tengah jalan.

Untuk menjalankan usaha ini, anda sebenarnya bisa menggunakan modal kecil dari Rp. 5.000.000 - Rp. 10.000.000,- yang terpenting adalah anda harus sabar membangun unit usaha anda dan jangan menjadi rentenis. Sangat baik jika anda membuka usaha simpan pinjam dengan sistem syariah karena bagi beberapa kalangan sistem tersebut merupakan sistem yang paling baik dan sesuai dengan syariat agama.

peluang usaha sampingan bisnis modal kecil diatas tentunya  memerlukan ketekunan dan ketelitian sehingga anda harus terus belajar serta pantang menyerah. Semoga saja artikel tentang Peluang Usaha Sampingan Bisnis Modal Kecil 2015 bisa bermanfaat untuk anda, salam sukses.